Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Kab. Bone
Rita Rahmi/01.16.3054 - Personal Name
Persaingan bisnis tidak dapat terelakkan di era globalisasi ini. Kebutuhan dan
keinginan konsumen berupa barang dan jasa harus mampu dipenuhi oleh Pemasar
yang akan menjual produknya, sehingga nilai yang diberikan kepada pesaingnya lebih
baik. Kualitas produk yaitu kemampuan suatu produk dalam mempertunjukkan
fungsinya, hal tersebut termasuk keseluruhan reliabilitas, ketepatan, durabilitas,
reparasi produk dan kemudahan pengoperasian serta atribut produk yang lain. Harga
yaitu nominal uang yang perlu dibayar pelanggan dalam mendapatkan suatu produk.
Penjualan merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli, dimana pembeli
meberikan sejumlah uang sebagai alat ukur produk yang dibelinya sesuai harga jual
yang telah disepakati dengan penjual ketika menawarkan produknya. Masalah pokok
dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh kualitas produk dan harga terhadap
penjualan beras premium pada Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Kab. Bone.
Adapun Jenis penelitiannya yaitu menggunakan penelitian lapangan (Field Reseacrh)
dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan dokumentasi, kuesioner dan
observasi ketika mengumpulkan data yang dibutuhkan. Setelah data terkumpul, data
diolah dengan menggunakan analisis uji reliabilitas, uji validitas, uji normalitas, uji
regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Dan hasil
penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk
terhadap penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Dan
terdapat pengaruh yang positif harga terhadap penjualan beras premium pada
PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Serta secara simultan terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan secara bersama-sama kualitas produk dan harga terhadap
penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Diharapkan
PERUM BULOG KCP harus meningkatkan atau memperbaiki kualitas produk beras
premium dengan harga yang baik dan sesuai dengan produk tersebut untuk
mempertahankan ataupun meningkatkan penjualannya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat kita tarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap
penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini
dibuktikan dengan nilai thitung 6,044 > ttabel 2,101 dan nilai signifikan 0,000 <
0,05.
2. Terdapat pengaruh yang positif antara harga terhadap penjualan beras premium
pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung
5.575 > ttabel 2,101 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
3. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-
sama anatara kualitas produk dan harga terhadap penjualan beras premium pada
PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung
17,615 > Ftabel 0,284 dengan tingkat probabilitas 0,000 < 0,05.
A. Saran
Dari hasil penelitian ini, peneliti ingin memberikan saran yang
menyangkut dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi
PERUM BULOG KCP Kabupaten Bone dan juga bagi peneliti yang akan datang.
Adapun saran tersebut yaitu sebagai berikut :
1. Bagi Perusahaan
Kualitas produk dan harga merupakan faktor yang berpengaruh dalam
menentukan menentukan tigkat penjualan, sehingga PERUM BULOG KCP
harus meningkatkan atau memperbaiki kualitas produk beras premium dengan
harga yang baik dan sesuai dengan produk tersebut untuk mempertahankan
ataupun meningkatkan penjualannya.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan
datang ada baiknya memperluas variabel penelitian dan pengukurannya
sehingga pengaruh kualitas produk dan harga terhadap penjualan dapat lebih
meningkat serta memudahkan penelitian selanjutnya dalam menilai pengaruh
kualitasaproduk danaharga terhadapapenjualan.
keinginan konsumen berupa barang dan jasa harus mampu dipenuhi oleh Pemasar
yang akan menjual produknya, sehingga nilai yang diberikan kepada pesaingnya lebih
baik. Kualitas produk yaitu kemampuan suatu produk dalam mempertunjukkan
fungsinya, hal tersebut termasuk keseluruhan reliabilitas, ketepatan, durabilitas,
reparasi produk dan kemudahan pengoperasian serta atribut produk yang lain. Harga
yaitu nominal uang yang perlu dibayar pelanggan dalam mendapatkan suatu produk.
Penjualan merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli, dimana pembeli
meberikan sejumlah uang sebagai alat ukur produk yang dibelinya sesuai harga jual
yang telah disepakati dengan penjual ketika menawarkan produknya. Masalah pokok
dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh kualitas produk dan harga terhadap
penjualan beras premium pada Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu Kab. Bone.
Adapun Jenis penelitiannya yaitu menggunakan penelitian lapangan (Field Reseacrh)
dengan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan dokumentasi, kuesioner dan
observasi ketika mengumpulkan data yang dibutuhkan. Setelah data terkumpul, data
diolah dengan menggunakan analisis uji reliabilitas, uji validitas, uji normalitas, uji
regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Dan hasil
penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk
terhadap penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Dan
terdapat pengaruh yang positif harga terhadap penjualan beras premium pada
PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Serta secara simultan terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan secara bersama-sama kualitas produk dan harga terhadap
penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Diharapkan
PERUM BULOG KCP harus meningkatkan atau memperbaiki kualitas produk beras
premium dengan harga yang baik dan sesuai dengan produk tersebut untuk
mempertahankan ataupun meningkatkan penjualannya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat kita tarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap
penjualan beras premium pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini
dibuktikan dengan nilai thitung 6,044 > ttabel 2,101 dan nilai signifikan 0,000 <
0,05.
2. Terdapat pengaruh yang positif antara harga terhadap penjualan beras premium
pada PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung
5.575 > ttabel 2,101 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
3. Secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-
sama anatara kualitas produk dan harga terhadap penjualan beras premium pada
PERUM BULOG KCP Kab. Bone. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung
17,615 > Ftabel 0,284 dengan tingkat probabilitas 0,000 < 0,05.
A. Saran
Dari hasil penelitian ini, peneliti ingin memberikan saran yang
menyangkut dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi
PERUM BULOG KCP Kabupaten Bone dan juga bagi peneliti yang akan datang.
Adapun saran tersebut yaitu sebagai berikut :
1. Bagi Perusahaan
Kualitas produk dan harga merupakan faktor yang berpengaruh dalam
menentukan menentukan tigkat penjualan, sehingga PERUM BULOG KCP
harus meningkatkan atau memperbaiki kualitas produk beras premium dengan
harga yang baik dan sesuai dengan produk tersebut untuk mempertahankan
ataupun meningkatkan penjualannya.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan
datang ada baiknya memperluas variabel penelitian dan pengukurannya
sehingga pengaruh kualitas produk dan harga terhadap penjualan dapat lebih
meningkat serta memudahkan penelitian selanjutnya dalam menilai pengaruh
kualitasaproduk danaharga terhadapapenjualan.
Ketersediaan
| SFEBI20210233 | 233/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
