Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Isi Ulang (Studi pada Pelanggan Depot Air Minum Isi Ulang AAW di Kab. Bone)
Ikram Juanda/01/16.3034 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai ada tidaknya pengaruh dari harga dan
kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan air minum isi ulang pada depot air
minum isi ulang AAW di Kabupaten Bone. Dilihat dari tingkat persaingan yang
sudah cukup ketat. Maka dari itu, penulis mengambil judul ini dengan tujuan
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas produk terhadap
loyalitas pelanggan pada depot air minum isi ulang AAW di Kabupaten Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan
berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada pelanggan
depot air minum isi ulang AAW. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kualitas produk berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
E. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil analisis data penelitian
tentang pegaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Harga dapat dijadikan sebagai salah satu faktor yang mendorong loyalitas
pelanggan untuk membeli suatu produk atau dapat dikatakan bahwa
semakin sesuai dan baik harga dari suatu produk, maka semakin
mempengaruhi loyalitas pelanggan.
2. Semakin berkualitas suatu produk yang ditawarkan oleh produsen maka
akan mendorong pelanggan untuk memiliki sifat yang loyal terhadap
produk tersebut atau dengan kata lain semakin tinggi kualitas dari suatu
produk maka semakin menguatkan sikap loyalitas dari seorang pelanggan.
F. Saran
Dari hasil penelitian, peneliti ingin memberikan saran yang berkaitan
dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Depot Air
Minum Isi Ulang AAW Kabupaten Bone dan juga bagi peneliti selanjutnya.
Saran tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Bagi Perusahaan
Harga dan kualitas produk merupakan faktor paling berpengaruh
dalam menentukan sikap loyalitas dari seorang pelanggan, sehingga Depot
Air Minum Isi Ulang AAW harus meningkatkan atau memperbaiki
kualitas produk air minum isi ulangnya dengan harga yang baik dan sesuai
dengan produk tersebut untuk mempertahankan ataupun meningkatkan
loyalitas dari pelanggannya.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Untuk penelitian di masa yang akan datang sebaiknya memperluas
variabel dan pengukuran variabel penelitian sehingga dapat lebih
meningkatkan pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas
pelanggan serta mempermudah penelitian berikutnya dalam menilai
pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan air minum isi ulang pada depot air
minum isi ulang AAW di Kabupaten Bone. Dilihat dari tingkat persaingan yang
sudah cukup ketat. Maka dari itu, penulis mengambil judul ini dengan tujuan
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan kualitas produk terhadap
loyalitas pelanggan pada depot air minum isi ulang AAW di Kabupaten Bone.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka penelitian yang digunakan adalah
jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan
berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada pelanggan
depot air minum isi ulang AAW. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kualitas produk berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
E. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil analisis data penelitian
tentang pegaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Harga dapat dijadikan sebagai salah satu faktor yang mendorong loyalitas
pelanggan untuk membeli suatu produk atau dapat dikatakan bahwa
semakin sesuai dan baik harga dari suatu produk, maka semakin
mempengaruhi loyalitas pelanggan.
2. Semakin berkualitas suatu produk yang ditawarkan oleh produsen maka
akan mendorong pelanggan untuk memiliki sifat yang loyal terhadap
produk tersebut atau dengan kata lain semakin tinggi kualitas dari suatu
produk maka semakin menguatkan sikap loyalitas dari seorang pelanggan.
F. Saran
Dari hasil penelitian, peneliti ingin memberikan saran yang berkaitan
dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi Depot Air
Minum Isi Ulang AAW Kabupaten Bone dan juga bagi peneliti selanjutnya.
Saran tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Bagi Perusahaan
Harga dan kualitas produk merupakan faktor paling berpengaruh
dalam menentukan sikap loyalitas dari seorang pelanggan, sehingga Depot
Air Minum Isi Ulang AAW harus meningkatkan atau memperbaiki
kualitas produk air minum isi ulangnya dengan harga yang baik dan sesuai
dengan produk tersebut untuk mempertahankan ataupun meningkatkan
loyalitas dari pelanggannya.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Untuk penelitian di masa yang akan datang sebaiknya memperluas
variabel dan pengukuran variabel penelitian sehingga dapat lebih
meningkatkan pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas
pelanggan serta mempermudah penelitian berikutnya dalam menilai
pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
Ketersediaan
| SFEBI20200033 | 33/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
33/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
