Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone
Hasriani.A/02.16.5039 - Personal Name
Skripsi ini membahas urgensi kompetensi kepribadian guru dalam
menanamkan nilai-nilai karakter siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe
Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru di MI Ar- Rahmah Galung
Lampe? 2) Bagaimana gambaran nilai-nilai karakter siswa di MI Ar- Rahmah
Galung Lampe?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
Research) melalui pendekatan paedagogik, pendekatan psikologis dan pendekatan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(display data) dan tahap kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama guru di MI Ar- Rahmah
Galung Lampe belum menguasai seluruh indikator dari kompetensi kepribadian
guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah, artinya kepribadian guru tersebut
masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi, terutama aspek kepribadian
dewasa dan kepribadian teladan. Guru yang memiliki kepribadian baik lebih
banyak disukai oleh siswa-siswanya, terlihat dari sikap siswa yang sangat antusias
terhadap apa yang diperintahkan dan diajarkan oleh gurunya, untuk itu diharapkan
guru-guru di madrasah tersebut lebih giat dalam mengembangkan dan
mengoptimalkan kinerja dan kompetensinya serta diperlukan kerja sama dari
seluruh pihak madrasah demi tercapainya seluruh kompetensi kepribadian guru.
Kedua, siswa-siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe Kecamatan Patimpeng
Kabupaten Bone sudah memiliki karakter yang cukup baik, namun masih ada nilai
karakter yang belum dikuasai oleh siswa seperti nilai religius, disiplin, peduli
lingkungan dan tanggung jawab berhubung keempat nilai karakter ini masih
dianggap kurang dibandingkan dengan nilai-nilai karakter lainnya, artinya siswa-
siswa di madrasah tersebut belum menguasai seluruh indikator dari nilai karakter,
untuk itu guru memegang peranan penting dalam menanamkan dan mengamalkan
nilai-nilai karakter siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Guru di MI Ar- Rahmah Galung Lampe belum menguasai seluruh indikator
dari kompetensi kepribadian guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah,
artinya kepribadian guru tersebut masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan
lagi, terutama aspek kepribadian dewasa dan kepribadian teladan. Guru yang
memiliki kepribadian baik lebih banyak disukai oleh siswa-siswanya, terlihat
dari sikap siswa yang sangat antusias terhadap apa yang diperintahkan dan
diajarkan oleh gurunya, untuk itu diharapkan guru-guru di madrasah tersebut
lebih giat dalam mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja dan
kompetensinya serta diperlukan kerja sama dari seluruh pihak madrasah demi
tercapainya seluruh kompetensi kepribadian guru.
2. Siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe Kecamatan Patimpeng Kabupaten
Bone sudah memiliki karakter yang cukup baik, namun masih ada nilai
karakter yang belum dikuasai oleh siswa seperti nilai religius, disiplin, peduli
lingkungan dan tanggung jawab berhubung keempat nilai karakter ini masih
dianggap kurang dibandingkan dengan nilai-nilai karakter lainnya, artinya
siswa-siswa di madrasah tersebut belum menguasai seluruh indikator dari nilai
karakter, untuk itu guru memegang peranan penting dalam menanamkan dan
mengamalkan nilai-nilai karakter siswanya.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada semua guru mempunyai kepribadian yang baik dan
menguasai seluruh indikator dari kompetensi kepribadian supaya menjadi
sosok guru yang bisa ditiru dan digugu oleh siswanya, karena guru menjadi
salah satu figur teladan, jadi harus selalu berbuat baik dalam merealisasikan
atau menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswanya.
2. Diharapkan kepada siswa untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang
berlaku di madrasah sehingga dapat mendukung pelaksanaan penanaman
nilai-nilai karakter. Untuk itu diharapkan kerjasama dari seluruh pihak
madrasah terutama guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada
siswanya.
menanamkan nilai-nilai karakter siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe
Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru di MI Ar- Rahmah Galung
Lampe? 2) Bagaimana gambaran nilai-nilai karakter siswa di MI Ar- Rahmah
Galung Lampe?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field
Research) melalui pendekatan paedagogik, pendekatan psikologis dan pendekatan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data
(display data) dan tahap kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama guru di MI Ar- Rahmah
Galung Lampe belum menguasai seluruh indikator dari kompetensi kepribadian
guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah, artinya kepribadian guru tersebut
masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi, terutama aspek kepribadian
dewasa dan kepribadian teladan. Guru yang memiliki kepribadian baik lebih
banyak disukai oleh siswa-siswanya, terlihat dari sikap siswa yang sangat antusias
terhadap apa yang diperintahkan dan diajarkan oleh gurunya, untuk itu diharapkan
guru-guru di madrasah tersebut lebih giat dalam mengembangkan dan
mengoptimalkan kinerja dan kompetensinya serta diperlukan kerja sama dari
seluruh pihak madrasah demi tercapainya seluruh kompetensi kepribadian guru.
Kedua, siswa-siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe Kecamatan Patimpeng
Kabupaten Bone sudah memiliki karakter yang cukup baik, namun masih ada nilai
karakter yang belum dikuasai oleh siswa seperti nilai religius, disiplin, peduli
lingkungan dan tanggung jawab berhubung keempat nilai karakter ini masih
dianggap kurang dibandingkan dengan nilai-nilai karakter lainnya, artinya siswa-
siswa di madrasah tersebut belum menguasai seluruh indikator dari nilai karakter,
untuk itu guru memegang peranan penting dalam menanamkan dan mengamalkan
nilai-nilai karakter siswanya.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Guru di MI Ar- Rahmah Galung Lampe belum menguasai seluruh indikator
dari kompetensi kepribadian guru yang telah ditetapkan oleh pemerintah,
artinya kepribadian guru tersebut masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan
lagi, terutama aspek kepribadian dewasa dan kepribadian teladan. Guru yang
memiliki kepribadian baik lebih banyak disukai oleh siswa-siswanya, terlihat
dari sikap siswa yang sangat antusias terhadap apa yang diperintahkan dan
diajarkan oleh gurunya, untuk itu diharapkan guru-guru di madrasah tersebut
lebih giat dalam mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja dan
kompetensinya serta diperlukan kerja sama dari seluruh pihak madrasah demi
tercapainya seluruh kompetensi kepribadian guru.
2. Siswa di MI Ar- Rahmah Galung Lampe Kecamatan Patimpeng Kabupaten
Bone sudah memiliki karakter yang cukup baik, namun masih ada nilai
karakter yang belum dikuasai oleh siswa seperti nilai religius, disiplin, peduli
lingkungan dan tanggung jawab berhubung keempat nilai karakter ini masih
dianggap kurang dibandingkan dengan nilai-nilai karakter lainnya, artinya
siswa-siswa di madrasah tersebut belum menguasai seluruh indikator dari nilai
karakter, untuk itu guru memegang peranan penting dalam menanamkan dan
mengamalkan nilai-nilai karakter siswanya.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada semua guru mempunyai kepribadian yang baik dan
menguasai seluruh indikator dari kompetensi kepribadian supaya menjadi
sosok guru yang bisa ditiru dan digugu oleh siswanya, karena guru menjadi
salah satu figur teladan, jadi harus selalu berbuat baik dalam merealisasikan
atau menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswanya.
2. Diharapkan kepada siswa untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang
berlaku di madrasah sehingga dapat mendukung pelaksanaan penanaman
nilai-nilai karakter. Untuk itu diharapkan kerjasama dari seluruh pihak
madrasah terutama guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada
siswanya.
Ketersediaan
| STAR20200051 | 51/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
