Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana
Ita Yulianti/02.16.3135 - Personal Name
Skripsi ini membahas Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas Dalam
Mengembangkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone. Dan untuk
mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi mutu pembelajaran di SMA Negeri
26 Bone. Untuk mengetahui masalah tersebut, maka penulis menggunakan
pendekatan manajemen, dan pendekatan pedeagogik. Dan melakukan penelitian
lapangan (fiel research) dengan menggunakan teknik wawancara. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan
tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait penerapan prinsip-prinsip manajemen
kelas dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone, yakni: 1)
Bagaimana tingkat penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas di SMA Negeri 26
Bone. Dapat dilihat bahwa penerapan prinsip-prinip manajemen kelas dilaksanakan
dengan baik oleh guru, dengan menjalankan beberapa prinsip yaitu, prinsip
kehangatan guru, prinsip antusiasme guru, prinsip guru mampu memberikan
tantangan, prinsip keluwesan guru, prinsip memberi penekanan pada hal positif, dan
prinsip penanaman disiplin diri. 2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi mutu
pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone. Dapat dilihat bahwa dalam mengembangkan
mutu pembelajaran terdapat dua faktor yang mempengaruhinya. Pertama, faktor
internal seperti psikologis peserta didik, sosiologis peserta didik, dan fisiologis
peserta didik. Kedua, faktor eksternal seperti faktor lingkungan, faktor lingkungan
mampu mempengaruhi perkembangan mutu pembelajaran seorang peserta didik
misalnya, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data dan hasil penelitian tentang
judul “penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas dalam mengembangkan mutu
pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana” dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1. Tingkat penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas di SMA Negeri 26 Bone
Kec. Cenrana sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan
terlaksananya prinsip-prinsip manajemen kelas yang ada. Diantaranya: prinsip
kehangatan guru, prinsip antusiasme guru, prinsip guru mampu memberikan
teladan yang baik, prinsip keluwesan guru, prinsip memberi penekanan pada
hal positif, dan prinsip penanaman disiplin diri.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran di SMA Negeri 26
Bone Kec. Cenrana. Yaitu ada dua faktor, pertama, faktor internal seperti
psikologis peserta didik, sosiologis peserta didik, dan fisiologis peserta didik.
Kedua, faktor eksternal seperti faktor lingkungan peserta didik misalnya,
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
pertemuan suatu penelitian ilmiah. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa prinsip-prinsip manajemen
kelas sudah dijalankan dengan baik untuk mengembangkan mutu
pembelajaran. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah untuk
tetap mempertahankan, berpartisipasi secara aktif dan menjalin kerja sama
yang baik dengan semua pihak yang ada dalam lingkungan sekolah untuk
mengembangkan mutu pembelajaran. Diharapkan kepada semua tenaga
pendidik untuk menjalankan perannya dengan baik dalam proses penerapan
prinsip-prinsip manajemen kelas dalam mengembangkan mutu pembelajaran.
Dan kepada guru dan peserta didik sebaiknya tetap menjaga kekompakan dan
kerja sama dalam pengelolaan kelas (manajemen kelas).
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Mengembangkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone. Dan untuk
mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi mutu pembelajaran di SMA Negeri
26 Bone. Untuk mengetahui masalah tersebut, maka penulis menggunakan
pendekatan manajemen, dan pendekatan pedeagogik. Dan melakukan penelitian
lapangan (fiel research) dengan menggunakan teknik wawancara. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan
tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait penerapan prinsip-prinsip manajemen
kelas dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone, yakni: 1)
Bagaimana tingkat penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas di SMA Negeri 26
Bone. Dapat dilihat bahwa penerapan prinsip-prinip manajemen kelas dilaksanakan
dengan baik oleh guru, dengan menjalankan beberapa prinsip yaitu, prinsip
kehangatan guru, prinsip antusiasme guru, prinsip guru mampu memberikan
tantangan, prinsip keluwesan guru, prinsip memberi penekanan pada hal positif, dan
prinsip penanaman disiplin diri. 2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi mutu
pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone. Dapat dilihat bahwa dalam mengembangkan
mutu pembelajaran terdapat dua faktor yang mempengaruhinya. Pertama, faktor
internal seperti psikologis peserta didik, sosiologis peserta didik, dan fisiologis
peserta didik. Kedua, faktor eksternal seperti faktor lingkungan, faktor lingkungan
mampu mempengaruhi perkembangan mutu pembelajaran seorang peserta didik
misalnya, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi dan pembahasan data dan hasil penelitian tentang
judul “penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas dalam mengembangkan mutu
pembelajaran di SMA Negeri 26 Bone Kec. Cenrana” dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1. Tingkat penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas di SMA Negeri 26 Bone
Kec. Cenrana sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan
terlaksananya prinsip-prinsip manajemen kelas yang ada. Diantaranya: prinsip
kehangatan guru, prinsip antusiasme guru, prinsip guru mampu memberikan
teladan yang baik, prinsip keluwesan guru, prinsip memberi penekanan pada
hal positif, dan prinsip penanaman disiplin diri.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pembelajaran di SMA Negeri 26
Bone Kec. Cenrana. Yaitu ada dua faktor, pertama, faktor internal seperti
psikologis peserta didik, sosiologis peserta didik, dan fisiologis peserta didik.
Kedua, faktor eksternal seperti faktor lingkungan peserta didik misalnya,
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
pertemuan suatu penelitian ilmiah. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam
pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa prinsip-prinsip manajemen
kelas sudah dijalankan dengan baik untuk mengembangkan mutu
pembelajaran. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah untuk
tetap mempertahankan, berpartisipasi secara aktif dan menjalin kerja sama
yang baik dengan semua pihak yang ada dalam lingkungan sekolah untuk
mengembangkan mutu pembelajaran. Diharapkan kepada semua tenaga
pendidik untuk menjalankan perannya dengan baik dalam proses penerapan
prinsip-prinsip manajemen kelas dalam mengembangkan mutu pembelajaran.
Dan kepada guru dan peserta didik sebaiknya tetap menjaga kekompakan dan
kerja sama dalam pengelolaan kelas (manajemen kelas).
2. Setelah penulisan skripsi ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200276 | 276/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
276/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
