Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Melakukan Evaluasi Pendidikan dI SMPN 1 Palakka Kab. Bone
Rosmayani/02.14.3043 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Peran Kepala Sekolah Dalam Melakukan Evaluasi Pendidikan Di SMPN 1 Palakka Kab. Bone”,. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini yakni kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah, serta kontribusi kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksankan evaluasi pendidikan di SMPN 1 Palakka Kabupaten Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Maka Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, kegiatan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMPN 1 Palakka bahwa kepala sekolah disini sangat berperan penting dalam melakukan evaluasi pendidikan membantu guru melakukan evaluasi diri untuk menemukan dan mengenali kelemahan dan kelebihannya, tantangan yang dihadapi dan peluang yang ada. Kedua, kontribusi kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan evaluasi pendidikan di SMPN 1 Palakka sudah berkontribusi dengan memberikan bantuan-bantuan kepada tenaga pendidik, kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola program peningkatan mutu pendidikan, mulai dari pelaksaan pengawasan secara procedural sudah sesuai dengan konsep supervisi/infeksi yang ada, maka implikasi pendidikan akan menghasilkan mutu pendidikan dan akhirnya tercipta pendidikan bermutu. Penelitian skripsi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kognitif bagi perkembangan wacana mengenai supervisi pendidikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengawas sekolah pada umumnya demi terselenggaranya pendidikan yang lebih bermutu.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di SMP Negeri 1 Palakka yang telah penulis
uraikan di bab III dengan judul peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam
melakukan evaluasi pendidikan penelitian di SMP Negeri 1 Palakka, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Palakka
dilakukan melalui Mengkoordinir, yakni mengkoordinasi Setiap program
ataupun konsepsi dengan sebaik mungkin, untuk melancarkan kegiatan atau
program yang akan dilaksanakan. Membimbing dalam artian pemberian
pengarahan terhadap hal-hal yang ingin dikembangkan. Memimpin seluruh
anggota staf sekolah dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepada
masing-masing staf. Mengevaluasi dilakukan untuk mengetahui dan melihat
sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan.
2. Kontribusi kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan evaluasi
pendidikan di SMP Negeri 1 Palakka yakni menjadikan guru memiliki empat
kompetensi seorang Guru, Kompetensi Pedagogik, dapat dipahami bahwa
kompetensi pedagogik seorang guru merupakan salah satu pendukung
tercapainya pelaksanaan pembelajaran secara optimal. Kompetensi
Profesional, mengenai penguasaan kompetensi profesional pada guru di SMP
Negeri 1 Palakka sudah bisa dikatakan baik karena mereka dapat menguasai
mata pelajaran yang akan diajarkan serta mampu memahami kurikulum dan
RPP yang mereka buat dan mereka juga membuat RPP sebelum memulai
pelajaran terkait setiap materi pembelajaran. Kompetensi sosial guru
merupakan salah satu daya kemampuan untuk mempersiapkan peserta didik
menjadi anggota masyarakat yang baik serta kemampun untuk mendidik.
Kompetensi Kepribadian dapat dipahami bahwa kompetensi kepribadian yang
dimiliki guru secara tidak langsung dapat memotivasi peserta didik dan juga
menjadi contoh yang baik untuk peserta didik
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan supervisor agar senantiasa
mengefektifkan kegiatan supervisi pendidikan agar seluruh staf sekolah
mampu meningkatkan mutu pendidikan.
2. Diharapkan kepada seluruh staf/ personil SMP Negeri 1 Palakka agar
senantiasa menjalin kerja sama, komunikasi dan mendengarkan arahan dari
kepala sekolah dan supervisor demi mewujudkan tujuan pendidikan.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di SMP Negeri 1 Palakka yang telah penulis
uraikan di bab III dengan judul peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam
melakukan evaluasi pendidikan penelitian di SMP Negeri 1 Palakka, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Palakka
dilakukan melalui Mengkoordinir, yakni mengkoordinasi Setiap program
ataupun konsepsi dengan sebaik mungkin, untuk melancarkan kegiatan atau
program yang akan dilaksanakan. Membimbing dalam artian pemberian
pengarahan terhadap hal-hal yang ingin dikembangkan. Memimpin seluruh
anggota staf sekolah dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepada
masing-masing staf. Mengevaluasi dilakukan untuk mengetahui dan melihat
sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan.
2. Kontribusi kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan evaluasi
pendidikan di SMP Negeri 1 Palakka yakni menjadikan guru memiliki empat
kompetensi seorang Guru, Kompetensi Pedagogik, dapat dipahami bahwa
kompetensi pedagogik seorang guru merupakan salah satu pendukung
tercapainya pelaksanaan pembelajaran secara optimal. Kompetensi
Profesional, mengenai penguasaan kompetensi profesional pada guru di SMP
Negeri 1 Palakka sudah bisa dikatakan baik karena mereka dapat menguasai
mata pelajaran yang akan diajarkan serta mampu memahami kurikulum dan
RPP yang mereka buat dan mereka juga membuat RPP sebelum memulai
pelajaran terkait setiap materi pembelajaran. Kompetensi sosial guru
merupakan salah satu daya kemampuan untuk mempersiapkan peserta didik
menjadi anggota masyarakat yang baik serta kemampun untuk mendidik.
Kompetensi Kepribadian dapat dipahami bahwa kompetensi kepribadian yang
dimiliki guru secara tidak langsung dapat memotivasi peserta didik dan juga
menjadi contoh yang baik untuk peserta didik
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan supervisor agar senantiasa
mengefektifkan kegiatan supervisi pendidikan agar seluruh staf sekolah
mampu meningkatkan mutu pendidikan.
2. Diharapkan kepada seluruh staf/ personil SMP Negeri 1 Palakka agar
senantiasa menjalin kerja sama, komunikasi dan mendengarkan arahan dari
kepala sekolah dan supervisor demi mewujudkan tujuan pendidikan.
Ketersediaan
| ST20180187 | 187/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
187/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
