Urgensi Penilaian Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kab.Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Penilaian Dalam Peningkatan Kualitas
Pembelajaran di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kab.Bone”.penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk
penilaian yang dilakukan oleh guru di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kab. Bone
dan bagaimana kontribusi penilaian dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD
Inpres 10/73 Watang Palakka Kab. Bone.
Untukmemudahkanpemecahanmasalahtersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan suatu penelitian yang
menghasilkan data secara deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta tertulis
maupun lisan dari setiap perilaku orang yang dicermati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Urgensi Penilaian Dalam Peningkatan
Kualitas Pembelajaran di SD Inpres 10/73 Watang Palakka Kab.Bone yaitu Pertama,
Bentuk bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru di SD Inpres 10/73 Watang
Palakka Kab. Bone Bentuk penilaian dari Ranah Kognitif yakni pertanyaan lisan di
kelas, jawaban atau isian singkat, penilaian menjodohkan, penilaian pilihan ganda,
penilaian portofolio,penilaian uraian objektif, penilaian performans dan penilaian
uraian non objektif atau uraian bebas. Kemudian dari Ranah Afektif Guru melakukan
pengamatan sistematis terhadap afektif siswa dan lembaran pengamatan serta laporan
diri oleh siswa yang biasanya dilakukan dengan pengisian angket anonim. Sedangkan
dari Ranah Psikomotorik yakni melakukan pengamatan langsung dan penilaian
tingkah laku peserta didik. Kedua,Kontribusi Penilaian Dalam Meningkatkan
Kualitas Pembelajarandiantaranya, (a) Strategi Pengorganisasian pembelajaran yakni:
Melakukan analisis dan perumusan kompetensi dasar bahan ajar, sarana penunjang,
karakteristik, Serta dalam penataan bahan ajar satu semester, memberikan materi
pokok yang akan diajarkan serta, memberikan tugas rangkuman peserta didik (b)
Strategi Penyampaian Pembelajaran yakni menggunakan berbagai metode (metode
lisan, ceramah) dan teknik dalam pembelajaran (c) Strategi Pengelolaan Pembelajaran
yakni memberikan motivasi, tujuan pembelajaran, dan stimulus. petunjuk belajar,
menimbulkan penampilan siswa, dan memberikan umpan balik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk bentuk penilaian yang dilakukan oleh guru di SD Inpres 10/73
Watang Palakka Kabupaten Bone: Bentuk penilaian dari Ranah Kognitif
yakni pertanyaan lisan di kelas, jawaban atau isian singkat di kelas, penilaian
menjodohkan, penilaian pilihan ganda, penilaian portofolio, penilaian uraian
objektif, penilaian performans dan penilaian uraian non objektif atau uraian
bebas. Kemudian dari Ranah Afektif Guru melakukan pengamatan sistematis
terhadap afektif siswa dan lembaran pengamatan serta laporan diri oleh siswa
yang biasanya dilakukan dengan pengisian angket anonim. Sedangkan dari
Ranah Psikomotorik yakni melakukan pengamatan langsung dan penilaian
tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung,
juga pada saat melakuakan percakapan di depan kelas, serta memberikan tes
kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, dan keterampilan dan
sikap .
2. Kontribusi Penilaian Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
diantaranya,(a) Kontribusi terhadap Strategi Pengorganisasian pembelajaran
yakni: Melakukan analisis dan perumusan kompetensi dasar serta standar
kompetensi, bahan ajar akan di ajarkan, sarana penunjang, karakteristik
peserta didik hingga evaluasi atau umpan balik dari peserta didik. Serta dalam
penataan bahan ajar satu semester atau satu kali pertemuan sama-sama
penting dalam kegiatan pembelajaran sehinggan dalam penataannya
dilakukan sebaik mungkin. maka dapat dipahami bahwa memberikan materi
pokok yang akan diajarkan kepada pesertaa didik perlu untuk dilakukan agar
dapat lebih mudah memahami apa yang akan dipelajari serta, dapat dipahami
bahwa memberikan tugas rangkuman peserta didik tidak setiap kali
pertemuan melainkan diberikan apabila materi ajar sesuai dan
memungkinkan. Dengan materi yang dilakukan secara bersama dapat
memberikan dampak yang baik dan menambah keaktifan peserta didik dalam
ruangan, dan memberikan tugas ke peserta didik. (b) Kontribusi terhadap
Strategi Penyampaian Pembelajaran yakni menggunakan berbagai metode
(metode lisan, ceramah) dan berbagai teknik dalam pembelajaran (c)
Kontribusi terhadap Strategi Pengelolaan Pembelajaran yakni memberikan
motivasi atau menarik perhatian, menjelaskan tujuan pembelajaran kepada
siswa, mengingatkan kompetensi prasyarat dan memberikan stimulus. selain
itu, memberikan petunjuk belajar, menimbulkan penampilan siswa, dan
memberikan umpan balik.
B. Implikasi
Setelah simpulan tersebut diuraikan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi-implikasi. Adapun implikasi yang dimaksud dalam skripsi ini sebagai
berikut:
1. Penilaian dilakukan untuk mengukur dan menilai pencapaian tujuan
pembelajaran serta untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses
pembelajaran. Sehingga seorang guru agar senantiasa melakukan penilaian
secara efektif dan efesien.
Ketersediaan
ST20180184184/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

184/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top