Pengaruh kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Pengembangan Lembaga pendidikan di MTs Al-Faaizun Watang Palakka

No image available for this title
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran
kepemimpinan visioner kepala sekolah di MTs Al Faaizun Watang Palakka? 2)
Bagaimana pengembangan lembaga pendidikan di MTs Al Faaizun Watang Palakka?
3) Bagaimana pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap
pengembangan lembaga pendidikan di MTs Al Faaizun Watang Palakka?.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan
populasi dalam penelitian ini yaitu guru, staf dan siswa VII, VIII, dan IX dan
menjadi sampel yaitu 8 guru, 2 staf dan 10 siwa yang di acak dengan menggunakan
metode Simple Random Sampling. Instrument penelitian menggunakan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan adalah teknik analisis statistik
deskriptif, analisis product moment, dan teknik analisis persamaan regresi linear
sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah
(X) adalah 65, angka 65 berada pada 63-66 dengan kategori cukup baik. Nilai rata-
rata untuk variabel pengembangan lembaga pendidikan (Y) adalah 77, angka 77
berada pada 73-78 dengan kategori cukup baik. Sedangkan hasil analisis korelasi
product moment didapatkan hasil angka korelasi antara kepemimpinan visioner
kepala sekolah(X) dan pengembangan lembaga pendidikan (Y) bertanda positif yaitu
(
xy
r ) sebesar 0,558 maka diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi yang
positif. Adapun interpresentasi koefisien korelasi nilai (
xy
r ) yang dikemukakan oleh
sugiyono, skor tersebut berada 0,40-0,59 yang memiliki tingkat pengaruh sedang
(cukup/menengah). Sedangkan untuk analisis regresi linear sederhana di dapatkan
dari nilai signifikan dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikan sebesar
22,166>0,849, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan visioner kepala
sekolah (X) berpengaruh terhadap pengembangan lembaga pendidikan (Y).
berdasarkan nilai F diketahui nilai Fhitung> Ftabel dengan nilai 8,15 >4,41, sehingga
dapat di simpulkan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah (X) berpengaruh
terhadap pengembangan lembaga pendidikan(Y).
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh beberapa Simpulan.
Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun
simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
a. Berdasarkan hasil analisis pada variabel kepemimpinan visioner kepala
sekolah (X), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk kepemimpinan
visioner kepala sekolah (X) adalah 65, angka 65 berada pada kategori cukup
baik yaitu terletak pada interval 63-66. Berarti kepala sekolah di MTs Al-
Faaizun Watang Palakka menerapkan cirri-ciri gaya kepemimpinan visioner
yaitu, wawasan akan masa depan, keberanian dalam melangkah,kemampuan
mengakomodir dengan baik, mampu merumuskan visi yang jelas,
implementasi visi ke dalam aksi, nilai spiritual yang kuat, Relationship yang
efektif, Inovatif dan inisiatif, Integritas tinggi, dan Strategis dan sistematis.
Sehingga kepemimpinan visioner kepala sekolah tersebut termasuk dalam
kategori cukup baik..
b. Berdasarkan hasil analisis pada variabel pengembangan lembaga pendidikan
(Y), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk pengembangan lembaga
pendidikan (Y) adalah 77.8, angka 77.8 berada pada kategori cukup baik yaitu
terletak pada interval 73–78. Dengan demikian pengembangan lembaga
pendidikan di MTs Al-Faaizun Watang Palakka sudah melakukan berabagai
upaya perbaikan baik itu dengan cara meningktkan kualitas sumber daya
manusia maupun meningkatkan mutu sekolah, sehingga pengembangan
lembaga pendidikan tersebut termasuk dalam kategori cukup baik.
c. Berdasarkan hasil dari perhitungan regresi sederhana diperoleh nilai
xy
r =
0,558 ini membuktikan bahwa hubungan keterkaitan kepemimpinan visioner
kepala sekolah atas pengembangan lembaga pendidikan tergolong sedang
(cukup/menengah). Kemudian digunakan statistik F dengan kriteria uji tolak
H0 jika Fhitung> Ftabel dengan nilai 8,15 >4.41. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan visioner
kepala sekolah terhadap pengembangan lembaga pendidikan. Maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini telah signifikan, atau terdapat
pengaruh yang positif antara kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap
pengembangan lembaga pendidikan di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
kepala sekolah terkhususnya kepala sekolah yang ada di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka, maupun mahasiswa lain yang berkaitan dengan pengaruh kepemimpinan
visioner terhadap pengembangan lembaga pendidikan. Adapun saran-saran yang
dapat diberikan peneliti sebagai berikut:
a. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan
visioner kepala sekolah memiliki pengaruh yang cukup terhadap
pengembangan lembaga pendidikan. Jadi untuk kedepannya diharapkan
kepada semua pihak-pihak yang terkait di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka hendaknya senantiasa meningkatkan gaya kepempinan
visionernya agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan di masa depan
dapat terlaksana dengan baik karena kita ketahui bahwa dalam sebuah
organisasi peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk menegelola masa
depan dan mendorong orang lain untuk berbuat dengan cara-cara yang
tepat.
b. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan
statistik maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistik pada
mahasiswa diawal dan diakhir semister agar dapat mempermuda
mahasiswa dalam menggunakan metode perhitungan statistik baik dari
manual ataupun yang lebih muda diterapkan dalam aplikasi Microsoft
excel 2010.
Ketersediaan
STAR2020267267/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

267/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top