Urgensi Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Ular Tangga dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone
Wafiah/ 02.16.5037 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses pemanfaatan
media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan minat baca siswa.di
Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone 2) Untuk mengetahui dampak
dari pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan
minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosiologis, untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder selanjutnya dianalisis
dengan cara 1. mereduksi data, 2. mendeskripsikan data, 3. penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemanfaatan media
permainan edukatif ular tangga yang digunakan para relawan Marennu (Media
Kreatif Membangun Negeri) yang kemudian diterapkan oleh guru wali kelas sebagai
salah satu media dalam mengembangkan minat baca siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone yaitu pada proses pemanfaatan yang
meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pemanfaatan media permainan edukatif
ular tangga mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa untuk belajar dan proses
pembelajaran yang lebih intreraktif dan menyenangkan. Adapun dampak
pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan minat
baca siswa dapat dilihat dari indikator minat baca yang meliputi kesenangan
membaca, frekuensi membaca, kesadaran manfaat membaca, dan kuantitas sumber
bacaan yang mengalami perkembangan yang ditunjukkan dari prestasi belajar siswa
dan kemampuan pemahaman membaca siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pemanfaatan
media permainan edukatif ular tangga mampu mengembangkan minat baca siswa
dengan melatih kemampuan pemahaman membaca siswa, mengajarkan siswa untuk
terbiasa mempunyai waktu luang membaca, mampu membuat siswa sadar akan
manfaat membaca, dan mengajarkan siswa pentingnya membaca dengan berbagai
sumber bacaan untuk menambah pengetahuan atau wawasan sehingga prestasi belajar
pun dapat meningkat.
A. SIMPULAN
Proses pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah
Kabupaten Bone dilaksanakan oleh relawan marennu dan guru wali kelas dengan
prose pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adapun yang harus
diperhatikan dalam proses pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga yaitu
yang persiapan meliputi pemilihan alat dan bahan yang digunakan terbuat dari bahan
aman, desain dan pemilihan komposisi warna dapat menarik perhatian siswa,
kesesuaian fungsi media dengan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan yang meliputi
penataan ruang kelas, petunjuk permainan dan keaktifan siswa. Evaluasi yang
meliputi kelebihan dan kekurangan media perminan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca siswa.
Dampak pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca dapat diketahui melalui perkembangan aspek minat baca
anak yang meliputi kesenangan membaca, frekuensi membaca, kesadaran akan
manfaat membaca serta kuantitas sumber bacaan. Dari keempat aspek aspek minat
baca tersebut melalui media permainan edukatif ular tangga terjadi perkembangan
minat baca siswa yang ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa.
B. SARAN
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru
Guru hendaknya harus lebih kreatif dan inovatif sebagai upaya untuk
mengembangkan minat baca anak sesuai dengan tahap perkembangan anak
2. Bagi orang tua
Orang tua hendaknya selalu memperhatikan perkembangan minat baca
anak di rumah dengan menyediakan fasilitas membaca seperti perpustakaan
keluarga dalam rumah yang terdiri dari berbagai jenis buku yang disukai
anak sehingga anak bisa selalu meluangkan waktu untuk membaca.
3. Bagi siswa
Siswa hendaknya selalu rajin membaca dan selalu meluangkan waktu
untuk membaca agar bisa menambah wawawasan dan meningkatkan prestasi
belajar di sekolah maupun di rumah.
media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan minat baca siswa.di
Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone 2) Untuk mengetahui dampak
dari pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan
minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik, psikologis, dan sosiologis, untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder selanjutnya dianalisis
dengan cara 1. mereduksi data, 2. mendeskripsikan data, 3. penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemanfaatan media
permainan edukatif ular tangga yang digunakan para relawan Marennu (Media
Kreatif Membangun Negeri) yang kemudian diterapkan oleh guru wali kelas sebagai
salah satu media dalam mengembangkan minat baca siswa kelas III Madrasah
Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone yaitu pada proses pemanfaatan yang
meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pemanfaatan media permainan edukatif
ular tangga mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa untuk belajar dan proses
pembelajaran yang lebih intreraktif dan menyenangkan. Adapun dampak
pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam mengembangkan minat
baca siswa dapat dilihat dari indikator minat baca yang meliputi kesenangan
membaca, frekuensi membaca, kesadaran manfaat membaca, dan kuantitas sumber
bacaan yang mengalami perkembangan yang ditunjukkan dari prestasi belajar siswa
dan kemampuan pemahaman membaca siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pemanfaatan
media permainan edukatif ular tangga mampu mengembangkan minat baca siswa
dengan melatih kemampuan pemahaman membaca siswa, mengajarkan siswa untuk
terbiasa mempunyai waktu luang membaca, mampu membuat siswa sadar akan
manfaat membaca, dan mengajarkan siswa pentingnya membaca dengan berbagai
sumber bacaan untuk menambah pengetahuan atau wawasan sehingga prestasi belajar
pun dapat meningkat.
A. SIMPULAN
Proses pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah
Kabupaten Bone dilaksanakan oleh relawan marennu dan guru wali kelas dengan
prose pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adapun yang harus
diperhatikan dalam proses pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga yaitu
yang persiapan meliputi pemilihan alat dan bahan yang digunakan terbuat dari bahan
aman, desain dan pemilihan komposisi warna dapat menarik perhatian siswa,
kesesuaian fungsi media dengan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan yang meliputi
penataan ruang kelas, petunjuk permainan dan keaktifan siswa. Evaluasi yang
meliputi kelebihan dan kekurangan media perminan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca siswa.
Dampak pemanfaatan media permainan edukatif ular tangga dalam
mengembangkan minat baca dapat diketahui melalui perkembangan aspek minat baca
anak yang meliputi kesenangan membaca, frekuensi membaca, kesadaran akan
manfaat membaca serta kuantitas sumber bacaan. Dari keempat aspek aspek minat
baca tersebut melalui media permainan edukatif ular tangga terjadi perkembangan
minat baca siswa yang ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa.
B. SARAN
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru
Guru hendaknya harus lebih kreatif dan inovatif sebagai upaya untuk
mengembangkan minat baca anak sesuai dengan tahap perkembangan anak
2. Bagi orang tua
Orang tua hendaknya selalu memperhatikan perkembangan minat baca
anak di rumah dengan menyediakan fasilitas membaca seperti perpustakaan
keluarga dalam rumah yang terdiri dari berbagai jenis buku yang disukai
anak sehingga anak bisa selalu meluangkan waktu untuk membaca.
3. Bagi siswa
Siswa hendaknya selalu rajin membaca dan selalu meluangkan waktu
untuk membaca agar bisa menambah wawawasan dan meningkatkan prestasi
belajar di sekolah maupun di rumah.
Ketersediaan
| STAR20200069 | 69/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
69/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
