Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone.
Nurmiati/02.16.3136 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen dalam
Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua
Boccoe Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng kec.
Dua Boccoe Kab. Bone. Dan untuk mengetahui kontribusi manajemen dalam
meningkatan kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone.
Dalam Penulisan Skripsi ini, jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian
lapangan (field Research). Yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian ( MA Al-
Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone) dengan cara mengamati objek
penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan
antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang di
gunakan yaitu kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec.
Dua Boccoe Kab. Bone. Dimulai pada proses perencanaan yang mencakup
memperkirakan waktu yang akan datang sehingga penetapan tujuan tersebut dapat
menyusun program yang akan dilaksanakan serta menentukan waktu yang telah
ditetapkan. Dalam pengorganisasian dapat menghubungkan orang-orang untuk
menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki agar tujuan yang telah
ditetapkan dapat tercapai. Dalam pelaksanaan tersebut yang paling utama yakni kerja
sama agar tercipta hubungan manusiawa dan komunikasi yang baik sehingga
pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa ada konflik. Selanjutnya proses evaluasi
untuk dapat mengkaji masalah yang dihadapi serta dapat memperbaiki kesalahan dan
kekurangan sehingga dapat mencari solusi yang tepat untuk dapat dijadikan bahan
kajian berikutnya. 2. Kontribusi manajemen dalam meningkatkan Kegiatan
pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone, bahwa
kesiapan dalam menerepkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik, serta
memberikan semangat yang tinggi dan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa
selalu siap baik secara mental maupun fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
sehingga kemampuan yang dimiliki peserta didik dapat meningkat. Namun hal
tersebut perlu melakukan evaluasi dan penilaian pada peserta didik untuk mengetahui
peningkatan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah penulis paparkan pada bab
sebelumya dapat memberikan kesimpulan mengenai implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran di MA Al-
Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua boccoe Kab. Bone, yakni sebagai berikut:
1. Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di
MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone memiliki
beberapa tahapan diantaranya:1. Perencanaan, adapun beberapa hal yang
perlu direncanakan di antaranya memperkirakan waktu yang akan datang,
menetapkan tujuan, menyusun program, serta menentukan waktu. Bahwa
perencanaan tersebut dapat merealisasikan rencana kearah tujuan yang
telah ditetapkan. 2. Pengorganisasian, dalam pengorganisasian memiliki
beberapa langkah sebagai berikut. Mengetahui tujuan yang akan dicapai,
pembagian tugas yang jelas serta tanggung jawab. Dalam
pengorganisasian tersebut bahwa pihak sekolah dapat menjalankan tugas
dan tanggung jawab masing-masing agar tujuan yang telah ditetapkan
dapat tercapai. 3. Pelaksanaan, dalam pelaksanaan tersebut memiliki
beberapa tahap yakni menciptakan hubungan manusiawi, berkomunikasi
yang baik. Dalam menjalankan pelaksanaan tersebut yang paling utama
kerja sama agar tercipta hubungan manusiawi dan komunikasi yang baik
sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa ada konflik. 4.
Evaluasi, dalam melakukan evaluasi dapat dilakukan beberapaa tahap
yakni evaluasi selama kegiatan dijalankan dan evaluasi di akhir kegiatan.
Dalam melakukan evaluasi tersebut dapat mengetahui sukses atau
gagalnya pencapaian tujuan sehingga kesalahan tersebut dapat diperbaiki
dan permasalah tersebut dapat dipecahkan dengan mudah.
63
2.
Kontribusi Manajemen dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran di
MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yakni memiliki
beberapa hal diantaranya: 1.
Kegiatan awal, sebelum kegiatan
pembelajaran di jalankan perlu ada kesiapan perangkat pembelajaran.
Adapun perangkat pembelajaran yang disiapkan rencaan pelaksanaan
pembelajaran, buku absen, buku penilaian, dan media. Akan tetapi siswa
perlu memiliki kesiapan mental dan fisik untuk dapat mengikuti kegiatan
pembelajaran. 2. Kegiatan inti, dalam menerapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran perlu diperhatikan terlebih dahulu silabus karna ini yang
akan dijadikan sebagai acuan agar menjalankan kegiatan pembelajaran.
Kemampuan siswa dalam menangkap materi ajar memiliki kemampun
yang berbedah akan tetapi hampir semua peserta didik memiliki daya
tarik untuk mengetahui materi tersebut sehingga peserta didik dapat
merespon dengan cepat. 3. Kegiatan akhir, untuk dapat mengetahui sejauh
mana tingkat pertumbuhan dan perkembangan kemampuan peserta didik
selama mengikuti kegiatan dan diakhir kegiatan pembelajaran.
B. Implikasi
Adapun implikasi atau saran-saran dari penulis yang terkait dengan implementasi
fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan
pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone,
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada MA Al-Kahfiyah Cabbeng dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen dapat lebih meningkatkan lagi. Serta meningkatkan pemahaman beberapa tahap dalam setiap fungsi manajemen.
2. Diharapkan kepada MA Al-Kahfiyah Cabbeng agar tetap selalu bekerja
sama dan menjalin komunikasi yang baik agar hubungan manusiawi ini
3. tercipta dan rerbina dengan baik sehingga proses pelaksanaan fungsi-
fungsi manajemen terlaksana dengan sebaik mungkin.
4. Diharapkan kepada guru-guru agar selalu memberikan dorongan serta
motivasi kepada peserta didik agar peserta didik tetap semangat untuk
terus belajar.
5. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat serta bisa
menjadi informasi bagi para pembaca.
Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua
Boccoe Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng kec.
Dua Boccoe Kab. Bone. Dan untuk mengetahui kontribusi manajemen dalam
meningkatan kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone.
Dalam Penulisan Skripsi ini, jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian
lapangan (field Research). Yaitu peneliti langsung ke lokasi penelitian ( MA Al-
Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone) dengan cara mengamati objek
penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan
antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang di
gunakan yaitu kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec.
Dua Boccoe Kab. Bone. Dimulai pada proses perencanaan yang mencakup
memperkirakan waktu yang akan datang sehingga penetapan tujuan tersebut dapat
menyusun program yang akan dilaksanakan serta menentukan waktu yang telah
ditetapkan. Dalam pengorganisasian dapat menghubungkan orang-orang untuk
menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki agar tujuan yang telah
ditetapkan dapat tercapai. Dalam pelaksanaan tersebut yang paling utama yakni kerja
sama agar tercipta hubungan manusiawa dan komunikasi yang baik sehingga
pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa ada konflik. Selanjutnya proses evaluasi
untuk dapat mengkaji masalah yang dihadapi serta dapat memperbaiki kesalahan dan
kekurangan sehingga dapat mencari solusi yang tepat untuk dapat dijadikan bahan
kajian berikutnya. 2. Kontribusi manajemen dalam meningkatkan Kegiatan
pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone, bahwa
kesiapan dalam menerepkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik, serta
memberikan semangat yang tinggi dan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa
selalu siap baik secara mental maupun fisik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
sehingga kemampuan yang dimiliki peserta didik dapat meningkat. Namun hal
tersebut perlu melakukan evaluasi dan penilaian pada peserta didik untuk mengetahui
peningkatan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah penulis paparkan pada bab
sebelumya dapat memberikan kesimpulan mengenai implementasi fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran di MA Al-
Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua boccoe Kab. Bone, yakni sebagai berikut:
1. Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan pembelajaran di
MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone memiliki
beberapa tahapan diantaranya:1. Perencanaan, adapun beberapa hal yang
perlu direncanakan di antaranya memperkirakan waktu yang akan datang,
menetapkan tujuan, menyusun program, serta menentukan waktu. Bahwa
perencanaan tersebut dapat merealisasikan rencana kearah tujuan yang
telah ditetapkan. 2. Pengorganisasian, dalam pengorganisasian memiliki
beberapa langkah sebagai berikut. Mengetahui tujuan yang akan dicapai,
pembagian tugas yang jelas serta tanggung jawab. Dalam
pengorganisasian tersebut bahwa pihak sekolah dapat menjalankan tugas
dan tanggung jawab masing-masing agar tujuan yang telah ditetapkan
dapat tercapai. 3. Pelaksanaan, dalam pelaksanaan tersebut memiliki
beberapa tahap yakni menciptakan hubungan manusiawi, berkomunikasi
yang baik. Dalam menjalankan pelaksanaan tersebut yang paling utama
kerja sama agar tercipta hubungan manusiawi dan komunikasi yang baik
sehingga pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa ada konflik. 4.
Evaluasi, dalam melakukan evaluasi dapat dilakukan beberapaa tahap
yakni evaluasi selama kegiatan dijalankan dan evaluasi di akhir kegiatan.
Dalam melakukan evaluasi tersebut dapat mengetahui sukses atau
gagalnya pencapaian tujuan sehingga kesalahan tersebut dapat diperbaiki
dan permasalah tersebut dapat dipecahkan dengan mudah.
63
2.
Kontribusi Manajemen dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran di
MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone yakni memiliki
beberapa hal diantaranya: 1.
Kegiatan awal, sebelum kegiatan
pembelajaran di jalankan perlu ada kesiapan perangkat pembelajaran.
Adapun perangkat pembelajaran yang disiapkan rencaan pelaksanaan
pembelajaran, buku absen, buku penilaian, dan media. Akan tetapi siswa
perlu memiliki kesiapan mental dan fisik untuk dapat mengikuti kegiatan
pembelajaran. 2. Kegiatan inti, dalam menerapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran perlu diperhatikan terlebih dahulu silabus karna ini yang
akan dijadikan sebagai acuan agar menjalankan kegiatan pembelajaran.
Kemampuan siswa dalam menangkap materi ajar memiliki kemampun
yang berbedah akan tetapi hampir semua peserta didik memiliki daya
tarik untuk mengetahui materi tersebut sehingga peserta didik dapat
merespon dengan cepat. 3. Kegiatan akhir, untuk dapat mengetahui sejauh
mana tingkat pertumbuhan dan perkembangan kemampuan peserta didik
selama mengikuti kegiatan dan diakhir kegiatan pembelajaran.
B. Implikasi
Adapun implikasi atau saran-saran dari penulis yang terkait dengan implementasi
fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan kegiatan
pembelajaran di MA Al-Kahfiyah Cabbeng Kec. Dua Boccoe Kab. Bone,
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada MA Al-Kahfiyah Cabbeng dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen dapat lebih meningkatkan lagi. Serta meningkatkan pemahaman beberapa tahap dalam setiap fungsi manajemen.
2. Diharapkan kepada MA Al-Kahfiyah Cabbeng agar tetap selalu bekerja
sama dan menjalin komunikasi yang baik agar hubungan manusiawi ini
3. tercipta dan rerbina dengan baik sehingga proses pelaksanaan fungsi-
fungsi manajemen terlaksana dengan sebaik mungkin.
4. Diharapkan kepada guru-guru agar selalu memberikan dorongan serta
motivasi kepada peserta didik agar peserta didik tetap semangat untuk
terus belajar.
5. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat serta bisa
menjadi informasi bagi para pembaca.
Ketersediaan
| STAR20200205 | 205/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
205/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
