Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang manajemen kelas dengan efektivitas
pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui manajemen kelas, efektivitas pembelajaran, dan pengaruh manajemen
kelas terhadap efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang manajemen kelas, efektivitas
pembelajaran, dan pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran di
SMP Negeri 1 Barebbo Kab. Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis
melakukan pengujian independensi antara dua variabel dengan menggunakan uji
regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen kelas di SMP Negeri 1 Barebbo
Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang
dibagikan kepada 26 responden manajemen kelas. Rata-rata jawaban responden
adalah 82,85. Angka 82,85 berada pada kategori baik (83-88), sedangkan efektivitas
pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo Kab. Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai
dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 26 responden mengenai
efektivitas pembelajaran. Rata-rata jawaban responden adalah 62,88. Angka 62,88
berada pada kategori cukup baik (61-64).
Berdasarkan hasil uji anova nilai Fhitung sebesar 37,27029> dari Ftabel sebesar
1,711, serta uji Thitung sebesar 5,89 > dari Ttabel sebesar 2,05. Hal ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap efektivitas pembelajaran di SMP
Negeri 1 Barebbo Kab. Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut :
1. Manajemen kelas di SMP Negeri 1 Barebbo baik karena rata-rata tanggapan
angket para responden diperoleh nilai sebesar 83. Angka 83berada pada
kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 83 – 88.
2. Efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo baik karena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 62,88. Angka
62,88 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval 61 – 64.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan manajemen kelas (variabel X) terhadap efektivitas
pembelajaran (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar
0,77. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,77, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,70 –
0,90 yang termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Kemudian dari uji
anova nilai Fhitung sebesar 37,27029 > Ftabel sebesar 1,711, serta uji Thitung
sebesar 5,89 > Ttabel sebesar 2,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen kelas
terhadap efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 1 Barebbo.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
SMP Negeri 1 Barebbo. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai
berikut:
1. Untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal, pihak sekolah dengan
pendidik hendaknya lebih meningkatkan pengelolaan kelas serta peningkatan
mutu dalam proses belajar mengajar dengan baik, karena dengan manajemen
kelas yang baik dalam pendidikan khususnya di sekolah, dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran bagi peserta didik.
2. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam manajemen kelas yaitu
perencanaan, pengoorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian hendaknya
lebih diperhatikan dan diimplementasikan oleh pihak sekolah dengan baik
sehingga tidak terkesan hanya mengetahui teorinya saja, tetapi juga harus
maksimal dalam pengamalannya, khususnya di sekolah.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan manajemen kelas dan efektivitas
pembelajaran.
Ketersediaan
ST20180179179/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

179/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top