Urgensi Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTs An-Nur Nusa Kecamatan Kahu Kabupaten Bone
Uswatun Hasanah/02.16.3053 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru
dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTs An-Nur Nusa Kec. Kahu Kab.
Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gaya kepemimpinan
demokratis guru di MTs An-Nur Nusa?, Bagaimana minat belajar siswa di MTs An-
Nur Nusa?, dan Bagaimana kontribusi kepemimpinan demokratis guru di MTs An-
Nur Nusa dalam meningkatkan minat belajar siswa?. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian lapangan (Field Research) dengan melakukan pendekatan manajemen
pendekatan psikologis, dan pendekatan pedagogis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisi dengan
menggunakan kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, dalam hal ini penulis
merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting.
Setelah melakukan reduksi data maka tahap selanjutnya adalah penyajian data.
Selanjutnya verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kepemimpinan demokratis
guru di MTs An-Nur Nusa adalah memberikan kepercayaan kepada siswa untuk
memilih metode pembelajaran yang diinginkan, sikap guru yang tidak membeda-
bedakan siswa dan menjalin keakraban dengan siswa baik di dalam maupun di luar
pembelajaran, kebebasan mengungkapkan gagasan sangat dihargai dan diberi
apresiasi oleh guru, serta sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kedua, Minat
belajar siswa di MTs An-Nur Nusa yaitu adanya perasaan senang ketika siswa belajar
dengan guru favoritnya, adanya keinginan siswa untuk bertanya kepada gurunya
ketika ada pelajaran yang tidak dipahami dan berani mengungkapkan gagasannya,
dan adanya perhatian lebih ketika siswa diberikan tugas oleh guru. Namun, ketika
siswa tidak menyukai cara mengajar guru yang membosankan membuat siswa tidak
bersemangat untuk belajar. Ketiga, kontribusi gaya kepemimpinan demokratis guru di
MTs An-Nur Nusa sangat penting dalam hal meningkatkan minat belajar siswa
dengan cara memberi kebebasan kepada siswa untuk menentukan metode
pembelajaran yang diinginkan sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran,
kebebasan mengungkapkan gagasannya yang diberi apresiasi juga sangat disukai oleh
siswa, saling menghormati dan tidak membeda-bedakan perlakuan kepada siswa
sehingga terjalin keakraban antara guru dan siswa, memberi penghargaan dan
mendorong semangat belajar siswa untuk terus belajar dengan pemberikan motivasi.
. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:
1. Kepemimpinan demokratis guru di MTs An-Nur Nusa adalah memberikan
kepercayaan kepada siswa untuk memilih metode pembelajaran yang
diinginkan, sikap guru yang tidak membeda-bedakan siswa dan menjalin
keakraban dengan siswa baik di dalam maupun di luar pembelajaran,
kebebasan mengungkapkan gagasan sangat dihargai dan diberi apresiasi oleh
guru, serta sangat menjunjung tinggi norma kesopanan.
2. Minat belajar siswa di MTs An-Nur Nusa yaitu adanya perasaan senang ketika
siswa belajar dengan guru favoritnya, adanya keinginan siswa untuk bertanya
kepada gurunya ketika ada pelajaran yang tidak dipahami dan berani
mengungkapkan gagasannya, dan adanya perhatian lebih ketika siswa
diberikan tugas oleh guru. Namun, ketika siswa tidak menyukai cara mengajar
guru yang membosankan membuat siswa tidak bersemangat untuk belajar.
3. Kontribusi gaya Kepemimpinan demokratis guru di MTs An-Nur Nusa sangat
penting dalam hal meningkatkan minat belajar siswa dengan cara memberi
kebebasan kepada siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang
diinginkan sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran, kebebasan
mengungkapkan gagasannya yang diberi apresiasi juga sangat disukai oleh
siswa, saling menghormati dan tidak membeda-bedakan perlakuan kepada
siswa sehingga terjalin keakraban antara guru dan siswa, memberi
penghargaan kepada siswa dan mendorong semangat belajar siswa untuk terus
belajar dengan pemberian motivasi.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi dari penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memberikan perhatian lebih
terhadap gaya kepemimpinan guru di MTs An-Nur Nusa, terutama gaya
kepemimpinan demokratis guru agar dapat dipahami dan diterapkan dengan
baik oleh guru agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan
baik dan tujuan pendidikan dapat tercapai.
2. Disarankan kepada guru-guru agar terus menerapkan kemampuannya dalam
memberikan pelajaran, terutama dalam gaya kepemimpinan demokratis yang
dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selain dari kepemimpinan
demokratis, guru juga diharapkan agar dapat memahami terkait dengan gaya
kepemimpinan lainnya yang juga dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan
dan kondisi siswa. Gaya kepemimpinan yang dimaksud adalah gaya
kepemimpinan otokratik, partisipatif, non partisipatif dan laizzes faire.
dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MTs An-Nur Nusa Kec. Kahu Kab.
Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gaya kepemimpinan
demokratis guru di MTs An-Nur Nusa?, Bagaimana minat belajar siswa di MTs An-
Nur Nusa?, dan Bagaimana kontribusi kepemimpinan demokratis guru di MTs An-
Nur Nusa dalam meningkatkan minat belajar siswa?. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian lapangan (Field Research) dengan melakukan pendekatan manajemen
pendekatan psikologis, dan pendekatan pedagogis. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisi dengan
menggunakan kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, dalam hal ini penulis
merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal yang penting.
Setelah melakukan reduksi data maka tahap selanjutnya adalah penyajian data.
Selanjutnya verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kepemimpinan demokratis
guru di MTs An-Nur Nusa adalah memberikan kepercayaan kepada siswa untuk
memilih metode pembelajaran yang diinginkan, sikap guru yang tidak membeda-
bedakan siswa dan menjalin keakraban dengan siswa baik di dalam maupun di luar
pembelajaran, kebebasan mengungkapkan gagasan sangat dihargai dan diberi
apresiasi oleh guru, serta sangat menjunjung tinggi norma kesopanan. Kedua, Minat
belajar siswa di MTs An-Nur Nusa yaitu adanya perasaan senang ketika siswa belajar
dengan guru favoritnya, adanya keinginan siswa untuk bertanya kepada gurunya
ketika ada pelajaran yang tidak dipahami dan berani mengungkapkan gagasannya,
dan adanya perhatian lebih ketika siswa diberikan tugas oleh guru. Namun, ketika
siswa tidak menyukai cara mengajar guru yang membosankan membuat siswa tidak
bersemangat untuk belajar. Ketiga, kontribusi gaya kepemimpinan demokratis guru di
MTs An-Nur Nusa sangat penting dalam hal meningkatkan minat belajar siswa
dengan cara memberi kebebasan kepada siswa untuk menentukan metode
pembelajaran yang diinginkan sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran,
kebebasan mengungkapkan gagasannya yang diberi apresiasi juga sangat disukai oleh
siswa, saling menghormati dan tidak membeda-bedakan perlakuan kepada siswa
sehingga terjalin keakraban antara guru dan siswa, memberi penghargaan dan
mendorong semangat belajar siswa untuk terus belajar dengan pemberikan motivasi.
. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:
1. Kepemimpinan demokratis guru di MTs An-Nur Nusa adalah memberikan
kepercayaan kepada siswa untuk memilih metode pembelajaran yang
diinginkan, sikap guru yang tidak membeda-bedakan siswa dan menjalin
keakraban dengan siswa baik di dalam maupun di luar pembelajaran,
kebebasan mengungkapkan gagasan sangat dihargai dan diberi apresiasi oleh
guru, serta sangat menjunjung tinggi norma kesopanan.
2. Minat belajar siswa di MTs An-Nur Nusa yaitu adanya perasaan senang ketika
siswa belajar dengan guru favoritnya, adanya keinginan siswa untuk bertanya
kepada gurunya ketika ada pelajaran yang tidak dipahami dan berani
mengungkapkan gagasannya, dan adanya perhatian lebih ketika siswa
diberikan tugas oleh guru. Namun, ketika siswa tidak menyukai cara mengajar
guru yang membosankan membuat siswa tidak bersemangat untuk belajar.
3. Kontribusi gaya Kepemimpinan demokratis guru di MTs An-Nur Nusa sangat
penting dalam hal meningkatkan minat belajar siswa dengan cara memberi
kebebasan kepada siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang
diinginkan sehingga siswa antusias mengikuti pembelajaran, kebebasan
mengungkapkan gagasannya yang diberi apresiasi juga sangat disukai oleh
siswa, saling menghormati dan tidak membeda-bedakan perlakuan kepada
siswa sehingga terjalin keakraban antara guru dan siswa, memberi
penghargaan kepada siswa dan mendorong semangat belajar siswa untuk terus
belajar dengan pemberian motivasi.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi dari penelitian sebagai berikut:
1. Disarankan kepada kepala sekolah untuk memberikan perhatian lebih
terhadap gaya kepemimpinan guru di MTs An-Nur Nusa, terutama gaya
kepemimpinan demokratis guru agar dapat dipahami dan diterapkan dengan
baik oleh guru agar pelaksanaan proses pembelajaran dapat berjalan dengan
baik dan tujuan pendidikan dapat tercapai.
2. Disarankan kepada guru-guru agar terus menerapkan kemampuannya dalam
memberikan pelajaran, terutama dalam gaya kepemimpinan demokratis yang
dapat meningkatkan minat belajar siswa. Selain dari kepemimpinan
demokratis, guru juga diharapkan agar dapat memahami terkait dengan gaya
kepemimpinan lainnya yang juga dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan
dan kondisi siswa. Gaya kepemimpinan yang dimaksud adalah gaya
kepemimpinan otokratik, partisipatif, non partisipatif dan laizzes faire.
Ketersediaan
| STAR20200181 | 181/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
