Pengaruh Penataan Ruang Kelas Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone
Novia Rustam/02163150 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penataan
ruang kelas di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. 2)
Bagaimana prestasi belajar siswa di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone. 3) Adakah pengaruh penataan ruang kelas terhadap peningkatan
prestasi belajar siswa di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan rumus statistik. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMA Negeri 26 Bone yang berjumlah 746
siswa dengan sampel jenuh kelas X MIPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik
product moment.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa 1) Nilai rata-rata untuk penataan ruang kelas (X) adalah 61,22 yang
berada pada kategori jarang, 2) Nilai rata-rata untuk prestasi belajar siswa (Y) adalah
48,87 yang berada pada kategori kadang dan, 3) Nilai rata-rata untuk penataan ruang
kelas dan prestasi belajar siswa (XY) adalah 40,54 yang berada pada kategori jarang.
Sedangkan hasil analisis statistik product moment menunjukkan hasil uji regresi
diperoleh nilai rxy = 0,588, kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,588 > ( table r
) 0,355. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan ruang kelas terhadap prestasi
belajar siswa.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh beberapa Simpulan.
Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun
simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel penataan ruang kelas (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penataan ruang kelas (X) adalah
61,22 yang berada pada kategori jarang yaitu terletak pada interval antara 58-65.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel prestasi belajar siswa (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel prestasi belajar siswa (Y) adalah
48,87 yang berada pada kategori kadang yaitu terletak pada interval antara 45-51.
3. Berdasarkan hasil analisis pada variabel penataan ruang kelas dan prestasi belajar
siswa (XY), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penataan ruang
kelas dan prestasi belajar siswa (XY) adalah 40,54 yang berada pada kategori
jarang yaitu terletak pada interval antara 41-45. Selanjutnya untuk mengetahui
pengaruh penataan ruang kelas terhadap prestasi belajar siswa maka digunakan
program aplikasi microsoft excel windows 10 untuk persamaan regresi. Sehingga
diperoleh nilai Rxy = 0,588 kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,588 > ( table r
) 0,355. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan ruang kelas
terhadap prestasi belajar siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka di
bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skirpsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah agar penataan ruang kelas dapat lebih
ditingkatkan, agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terlaksana
dengan baik karena kita ketahui bahwa dalam suatu kelas penataan ruang kelas
sangat dibutuhkan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajar
siswa di SMA Negeri 26 Bone.
3. Penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik maka perlu
ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir
semester agar dapat mempermuda mahasiswa dalam menggunakan metode
perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang lebih muda diterapkan dalam
aplikasi Microsoft excel 2010.
ruang kelas di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. 2)
Bagaimana prestasi belajar siswa di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana
Kabupaten Bone. 3) Adakah pengaruh penataan ruang kelas terhadap peningkatan
prestasi belajar siswa di SMA Negeri 26 Bone Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan rumus statistik. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMA Negeri 26 Bone yang berjumlah 746
siswa dengan sampel jenuh kelas X MIPA 1 yang berjumlah 31 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik
product moment.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif,
diketahui bahwa 1) Nilai rata-rata untuk penataan ruang kelas (X) adalah 61,22 yang
berada pada kategori jarang, 2) Nilai rata-rata untuk prestasi belajar siswa (Y) adalah
48,87 yang berada pada kategori kadang dan, 3) Nilai rata-rata untuk penataan ruang
kelas dan prestasi belajar siswa (XY) adalah 40,54 yang berada pada kategori jarang.
Sedangkan hasil analisis statistik product moment menunjukkan hasil uji regresi
diperoleh nilai rxy = 0,588, kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,588 > ( table r
) 0,355. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan ruang kelas terhadap prestasi
belajar siswa.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh beberapa Simpulan.
Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun
simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis pada variabel penataan ruang kelas (X), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penataan ruang kelas (X) adalah
61,22 yang berada pada kategori jarang yaitu terletak pada interval antara 58-65.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel prestasi belajar siswa (Y), dapat
diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel prestasi belajar siswa (Y) adalah
48,87 yang berada pada kategori kadang yaitu terletak pada interval antara 45-51.
3. Berdasarkan hasil analisis pada variabel penataan ruang kelas dan prestasi belajar
siswa (XY), dapat diketahui bahwa nilai rata-rata untuk variabel penataan ruang
kelas dan prestasi belajar siswa (XY) adalah 40,54 yang berada pada kategori
jarang yaitu terletak pada interval antara 41-45. Selanjutnya untuk mengetahui
pengaruh penataan ruang kelas terhadap prestasi belajar siswa maka digunakan
program aplikasi microsoft excel windows 10 untuk persamaan regresi. Sehingga
diperoleh nilai Rxy = 0,588 kemudian jika dibandingkan nilai
hitung r dengan nilai tabel r , maka nilai ( hitung r ) 0,588 > ( table r
) 0,355. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan ruang kelas
terhadap prestasi belajar siswa.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka di
bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skirpsi ini adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah agar penataan ruang kelas dapat lebih
ditingkatkan, agar segala aktivitas-aktivitas yang dikerjakan dapat terlaksana
dengan baik karena kita ketahui bahwa dalam suatu kelas penataan ruang kelas
sangat dibutuhkan.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan lebih meningkatkan prestasi belajar
siswa di SMA Negeri 26 Bone.
3. Penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik maka perlu
ditetapkan metode pembelajaran statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir
semester agar dapat mempermuda mahasiswa dalam menggunakan metode
perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang lebih muda diterapkan dalam
aplikasi Microsoft excel 2010.
Ketersediaan
| STAR20210170 | 170/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
170/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
