Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Merakit Komputer Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Bone, Kec. Tanete Riattang Timur, Kab. Bone)
Muldiana/02.16.3202 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai manajemen pembelajaran dalam
meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik komputer dan jaringan
di SMK Negeri 2 bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, Bagaimana
manajemen pembelajaran di SMK Negeri 2 Bone, Bagaimana keterampilan merakit
komputer di SMK Negeri 2 Bone dan Bagaimana kontribusi manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik
komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (qualitatif research), maka teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis reduksi dengan langkah, penyajian data
dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, manajemen pembelajaran di
SMK Negeri 2 Bone yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Sebab
berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru jurusan
teknik komputer dan jaringan dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran di
SMK Negeri 2 Bone belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Kedua, keterampilan
merakit komputer di SMK Negeri 2 Bone yaitu hampir keseluruhan siswa kelas XI
dan XII mampu merakit komputer, meskipun belum sepenuhnya mampu dalam
merakit karena dalam setiap individu memiliki kecerdasan, akal, pikiran dan skill
masing-masing. Kelas XI merakit komputer dilakukan secara perkelompok
sedangkan kelas XII dilakukan secara individu, sehingga menghasilkan suatu PC
(personal computer) yang utuh, kemudian dirakit mulai dari motherboard sampai
dengan dipasangnya komponen-komponen PC ke motherboard dan dipasangnya
casing. Ketiga, Kontribusi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan
keterampilan merakit komputer Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK
Negeri 2 Bone, dapat di kategorikan belum maksimal hal tersebut dapat dilihat dari
peran dan sumbangsi guru dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer yaitu
dengan Penggunaan metode yang belum sepenuhnya diterapkan, kurangnya
penyediaan media belajar, dan beberapa guru masih tidak disiplin waktu dalam
mengajar.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada BAB
III mengenai, manajemen pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan
merakit komputer jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone
Kec.Tanete Riattang Timur Kab. Bone, maka dapat ditarik simpulan sebagai
berikat:
1. Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Bone yang terdiri dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi
pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Sebab berdasarkan hasil
wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru jurusan teknik
komputer dan jaringan dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran
di SMK Negeri 2 Bone belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.
2. Keterampilan merakit komputer di SMK Negeri 2 Bone yaitu hampir
keseluruhan siswa kelas XI dan XII mampu merakit komputer, meskipun
belum sepenuhnya mampu dalam merakit karena dalam setiap individu
memiliki kecerdasan, akal, pikiran dan skill masing-masing. Kelas XI
merakit komputer dilakukan secara perkelompok sedangkan kelas XII
dilakukan secara individu, sehingga menghasilkan suatu PC (personal
computer) yang utuh, kemudian dirakit mulai dari motherboard sampai
dengan dipasangnya komponen-komponen PC ke motherboard dan
dipasangnya casing.
3. Kontribusi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan
merakit komputer Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri
2 Bone, dapat di kategorikan belum maksimal hal tersebut dapat dilihat
dari peran dan sumbangsi guru dalam meningkatkan keterampilan merakit
komputer yaitu dengan Penggunaan metode yang belum sepenuhnya
diterapkan, kurangnya penyediaan media belajar, dan beberapa guru
masih tidak disiplin waktu dalam mengajar.
B. Implikasi
Merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil penemuan
suatu penelitian ilmiah. Setelah melakukan penelitian tentang manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik
komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone,
maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga sekolah SMK Negeri 2
Bone saling bekerja sama untuk meningkatkan keterampilan merakit
komputer.
2. Kepada guru, hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja
sama yang baik dengan selurunh warga sekolah agar terciptanya
hubungan emosional yang baik.
3. Kepada siswa, hendaknya dapat lebih meningkatkan kemampuannya
dalam pembelajaran.
meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik komputer dan jaringan
di SMK Negeri 2 bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, Bagaimana
manajemen pembelajaran di SMK Negeri 2 Bone, Bagaimana keterampilan merakit
komputer di SMK Negeri 2 Bone dan Bagaimana kontribusi manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik
komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif (qualitatif research), maka teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis reduksi dengan langkah, penyajian data
dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, manajemen pembelajaran di
SMK Negeri 2 Bone yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Sebab
berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru jurusan
teknik komputer dan jaringan dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran di
SMK Negeri 2 Bone belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Kedua, keterampilan
merakit komputer di SMK Negeri 2 Bone yaitu hampir keseluruhan siswa kelas XI
dan XII mampu merakit komputer, meskipun belum sepenuhnya mampu dalam
merakit karena dalam setiap individu memiliki kecerdasan, akal, pikiran dan skill
masing-masing. Kelas XI merakit komputer dilakukan secara perkelompok
sedangkan kelas XII dilakukan secara individu, sehingga menghasilkan suatu PC
(personal computer) yang utuh, kemudian dirakit mulai dari motherboard sampai
dengan dipasangnya komponen-komponen PC ke motherboard dan dipasangnya
casing. Ketiga, Kontribusi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan
keterampilan merakit komputer Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK
Negeri 2 Bone, dapat di kategorikan belum maksimal hal tersebut dapat dilihat dari
peran dan sumbangsi guru dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer yaitu
dengan Penggunaan metode yang belum sepenuhnya diterapkan, kurangnya
penyediaan media belajar, dan beberapa guru masih tidak disiplin waktu dalam
mengajar.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir
pembicaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada BAB
III mengenai, manajemen pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan
merakit komputer jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone
Kec.Tanete Riattang Timur Kab. Bone, maka dapat ditarik simpulan sebagai
berikat:
1. Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Bone yang terdiri dari
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi
pembelajaran belum terlaksana dengan baik. Sebab berdasarkan hasil
wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap guru jurusan teknik
komputer dan jaringan dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran
di SMK Negeri 2 Bone belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.
2. Keterampilan merakit komputer di SMK Negeri 2 Bone yaitu hampir
keseluruhan siswa kelas XI dan XII mampu merakit komputer, meskipun
belum sepenuhnya mampu dalam merakit karena dalam setiap individu
memiliki kecerdasan, akal, pikiran dan skill masing-masing. Kelas XI
merakit komputer dilakukan secara perkelompok sedangkan kelas XII
dilakukan secara individu, sehingga menghasilkan suatu PC (personal
computer) yang utuh, kemudian dirakit mulai dari motherboard sampai
dengan dipasangnya komponen-komponen PC ke motherboard dan
dipasangnya casing.
3. Kontribusi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan
merakit komputer Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri
2 Bone, dapat di kategorikan belum maksimal hal tersebut dapat dilihat
dari peran dan sumbangsi guru dalam meningkatkan keterampilan merakit
komputer yaitu dengan Penggunaan metode yang belum sepenuhnya
diterapkan, kurangnya penyediaan media belajar, dan beberapa guru
masih tidak disiplin waktu dalam mengajar.
B. Implikasi
Merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil penemuan
suatu penelitian ilmiah. Setelah melakukan penelitian tentang manajemen
pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan merakit komputer jurusan teknik
komputer dan jaringan di SMK Negeri 2 Bone Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone,
maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga sekolah SMK Negeri 2
Bone saling bekerja sama untuk meningkatkan keterampilan merakit
komputer.
2. Kepada guru, hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja
sama yang baik dengan selurunh warga sekolah agar terciptanya
hubungan emosional yang baik.
3. Kepada siswa, hendaknya dapat lebih meningkatkan kemampuannya
dalam pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20210398 | 398/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
398/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
