Implementasi Strategi Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bone Kabupaten Bone.
Nurhalisah/ 02.16. 1049 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Implementasi Strategi Pembelajaran Interaktif dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Bone Kabupaten Bone, Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni,
Implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone, Bentuk-bentuk strategi
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan Kualitas pembelajaran PAI pada siswa
Kelas X SMA Negeri 2 Bone, dan Dampak strategi pembelajaran interaktif dalam
peningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode
penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan teologis-normatif,
paedagogis, dan psikologis melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data (display data)
serta verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi strategi
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa kelas X SMA
Negeri 2 Bone yaitu teknik pembelajaran yang disampaikan oleh guru PAI kepada
para siswa untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan edukatif yaitu adanya
interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang menekankan
pada pemberian tugas secara mandiri ataupun kelompok melalui bentuk pembelajaran
diskusi, tanya jawab, dialog, dan debat sehingga kualitas belajar siswa dapat
meningkat. Kedua bentuk-bentuk strategi pembelajaran interaktif siswa Kelas X
SMA Negeri 2 Bone yaitu pertama diskusi yaitu teknik pembelajaran yang
disampaikan oleh guru dengan membentuk kelompok dan membahas suatu masalah
secara aktif dan saling bekerjasama , tanya jawab yaitu cara yang dilakukan oleh guru
untuk menjadikan suasana kelas menjadi aktif yaitu adanya interaksi antara guru
dengan siswa dan sebagai sarana untuk siswa agar berani mengemukakan
pendapatnya, dialog yaitu cara guru dalam menyampaikan pelajaran dengan sistem
tanya jawab dan arahan guru yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif,
dan debat yaitu cara guru dalam menyampaikan pembelajaran pada siswa dengan
tujuan untuk melatih siswa agar mahir dalam berbicara dengan mengutarakan dan
mempertahankan setiap pendapatnya dengan alasan-alasan yang logis dan untuk
menanamkan pada diri siswa rasa toleransi atau saling menghargai perbedaan. Ketiga
dampak strategi pembelajaran interaktif dalam peningkatkan kualitas belajar PAI
siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone yaitu siswa dapat lebih aktif terlibat dalam proses
pembelajaran, siswa terlatih dalam berkomunikasi atau mengemukakan pendapat
secara rasional, disamping itu siswa lebih mudah dalam berinteraksi dan membangun
jiwa sosial dengan guru dan siswa lain serta siswa dapat mengembangkan
kemampuan berfikirnya secara efektif dalam menghadapi suatu masalah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Implementasi strategi pembelajaran interaktif di SMA Negeri 2 Bone kelas
X yaitu guru PAI menciptakan suasana kelas yang aktif dan edukatif serta
membangun rasa percaya diri setiap siswa dan melatih siswa mahir dalam
berbicara sehingga kualitas belajar semakin meningkat. Berbagai macam
metode yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa lebih merasa nyaman
pada saat belajar, dan terjadi umpan balik diantara para siswa. Serta guru
PAI telah menerapkan strategi pembelajaran interaktif agar semua siswa
dapat belajar secara aktif.
2. Bentuk-bentuk strategi pembelajaran intraktif di SMA negeri 2 Bone yaitu:
a. Diskusi: implementasi strategi pembelajaran interaktif pada
pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Bone dalam bentuk diskusi dapat
dikatakan berjalan dengan baik sehingga siswa dapat aktif dalam proses
pembelajaran yaitu aktif dalam berpikir, bertanya maupun
mengungkapkan pendapat.
b. Tanya jawab: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam
bentuk tanya jawab siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X dapat dikatakan
berjalan dengan baik atau sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu
menjadikan kelas lebih hidup dikarenakan siswa lebih aktif dalam
c. proses pembelajaran dan berusaha mendengarkan pertanyaan dari guru
dengan baik dan berusaha mencoba memberikan jawaban yang tepat.
d. Dialog: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam bentuk
dialog pada siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X Bone merupakan cara
yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang menekankan
pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu siswa diharapkan
agar dapat terampil dalam berbicara baik bertanya maupun menjawab
pertanyaan.
e. Debat: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam bentuk
debat pada siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X merupakan cara yang
dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang melibatkan materi
ajar yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung ketika
siswa belajar dan saling bergantung untuk menyelesaikan tugas dan
siswa dilatih untuk mengutarakan pendapat atau pemikirannya dan
bagaimana mempertahankan pendapatnya dengan alasan-alasan yang
logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun bukan berarti siswa
diajak untuk saling bermusuhan, melainkan siswa belajar bagaimana
menghargai adanya perbedaan.
3. Dampak Implementasi Strategi Pembelajaran Interaktif di SMA Negeri 2
Bone Siswa Kelas X yaitu: dapat dikatakan memberikan dampak yang
positif dan telah berjalan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan
kualitas belajar siswa baik dari segi prestasi maupun kemampuan siswa
dalam belajar yang dapat dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa
dalam pembelajaran PAI agar strategi pembelajaran aktif dapat berjalan
secara maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan dampak potitif
di dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA
Negeri 2 Bone Kabupaten Bone, Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni,
Implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone, Bentuk-bentuk strategi
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan Kualitas pembelajaran PAI pada siswa
Kelas X SMA Negeri 2 Bone, dan Dampak strategi pembelajaran interaktif dalam
peningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu metode
penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan teologis-normatif,
paedagogis, dan psikologis melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data (display data)
serta verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi strategi
pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kualitas belajar PAI siswa kelas X SMA
Negeri 2 Bone yaitu teknik pembelajaran yang disampaikan oleh guru PAI kepada
para siswa untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan edukatif yaitu adanya
interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa yang menekankan
pada pemberian tugas secara mandiri ataupun kelompok melalui bentuk pembelajaran
diskusi, tanya jawab, dialog, dan debat sehingga kualitas belajar siswa dapat
meningkat. Kedua bentuk-bentuk strategi pembelajaran interaktif siswa Kelas X
SMA Negeri 2 Bone yaitu pertama diskusi yaitu teknik pembelajaran yang
disampaikan oleh guru dengan membentuk kelompok dan membahas suatu masalah
secara aktif dan saling bekerjasama , tanya jawab yaitu cara yang dilakukan oleh guru
untuk menjadikan suasana kelas menjadi aktif yaitu adanya interaksi antara guru
dengan siswa dan sebagai sarana untuk siswa agar berani mengemukakan
pendapatnya, dialog yaitu cara guru dalam menyampaikan pelajaran dengan sistem
tanya jawab dan arahan guru yang berorientasi pada keterlibatan siswa secara aktif,
dan debat yaitu cara guru dalam menyampaikan pembelajaran pada siswa dengan
tujuan untuk melatih siswa agar mahir dalam berbicara dengan mengutarakan dan
mempertahankan setiap pendapatnya dengan alasan-alasan yang logis dan untuk
menanamkan pada diri siswa rasa toleransi atau saling menghargai perbedaan. Ketiga
dampak strategi pembelajaran interaktif dalam peningkatkan kualitas belajar PAI
siswa kelas X SMA Negeri 2 Bone yaitu siswa dapat lebih aktif terlibat dalam proses
pembelajaran, siswa terlatih dalam berkomunikasi atau mengemukakan pendapat
secara rasional, disamping itu siswa lebih mudah dalam berinteraksi dan membangun
jiwa sosial dengan guru dan siswa lain serta siswa dapat mengembangkan
kemampuan berfikirnya secara efektif dalam menghadapi suatu masalah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
yaitu:
1. Implementasi strategi pembelajaran interaktif di SMA Negeri 2 Bone kelas
X yaitu guru PAI menciptakan suasana kelas yang aktif dan edukatif serta
membangun rasa percaya diri setiap siswa dan melatih siswa mahir dalam
berbicara sehingga kualitas belajar semakin meningkat. Berbagai macam
metode yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa lebih merasa nyaman
pada saat belajar, dan terjadi umpan balik diantara para siswa. Serta guru
PAI telah menerapkan strategi pembelajaran interaktif agar semua siswa
dapat belajar secara aktif.
2. Bentuk-bentuk strategi pembelajaran intraktif di SMA negeri 2 Bone yaitu:
a. Diskusi: implementasi strategi pembelajaran interaktif pada
pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Bone dalam bentuk diskusi dapat
dikatakan berjalan dengan baik sehingga siswa dapat aktif dalam proses
pembelajaran yaitu aktif dalam berpikir, bertanya maupun
mengungkapkan pendapat.
b. Tanya jawab: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam
bentuk tanya jawab siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X dapat dikatakan
berjalan dengan baik atau sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu
menjadikan kelas lebih hidup dikarenakan siswa lebih aktif dalam
c. proses pembelajaran dan berusaha mendengarkan pertanyaan dari guru
dengan baik dan berusaha mencoba memberikan jawaban yang tepat.
d. Dialog: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam bentuk
dialog pada siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X Bone merupakan cara
yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang menekankan
pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu siswa diharapkan
agar dapat terampil dalam berbicara baik bertanya maupun menjawab
pertanyaan.
e. Debat: implementasi strategi pembelajaran interaktif dalam bentuk
debat pada siswa SMA Negeri 2 Bone kelas X merupakan cara yang
dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang melibatkan materi
ajar yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung ketika
siswa belajar dan saling bergantung untuk menyelesaikan tugas dan
siswa dilatih untuk mengutarakan pendapat atau pemikirannya dan
bagaimana mempertahankan pendapatnya dengan alasan-alasan yang
logis dan dapat dipertanggungjawabkan. Namun bukan berarti siswa
diajak untuk saling bermusuhan, melainkan siswa belajar bagaimana
menghargai adanya perbedaan.
3. Dampak Implementasi Strategi Pembelajaran Interaktif di SMA Negeri 2
Bone Siswa Kelas X yaitu: dapat dikatakan memberikan dampak yang
positif dan telah berjalan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan
kualitas belajar siswa baik dari segi prestasi maupun kemampuan siswa
dalam belajar yang dapat dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan keaktifan belajar siswa khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa
dalam pembelajaran PAI agar strategi pembelajaran aktif dapat berjalan
secara maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan dampak potitif
di dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20200080 | 80/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
80/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
