Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada pembelajaran Tematik di SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Rosneni/02.16.5041 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh media audio visual terhadap hasil
belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SDN 119 Benteng Tellue
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan dan pengaruh media audio visual pada mata pelajaran Tematik kelas V di
SDN 119 Benteng Tellue Kec. Amali Kab. Bone
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh melalui pembagian angket kuesioner langsung dengan siswa
kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Media Audio Visual Pada
Mata pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 119 Benteng Tellue dilakukan
sesuai dengan RPP yang telah disediakan oleh guru dalam pembelajaran terdapat tiga
tahapan yang dilakukan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang
dilakukan selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan Media Audio Visual
yang digunakan pada Mata pembelajaran tematik di Kelas V SDN 119 Benteng
Tellue Kecamatan Amali Kab. Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media
pembelajaran media audio visual. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran
tematik di SDN 119 Benteng Tellue Kec.Amali Kab.Bone yang ditunjukkan dari
t_hitung (22,257) > t_tabel (2,228) dan hasil uji signifikansi menunjukkan rh > rt
dengan nilai 0,993 > 0,576 Sehingga terdapat pengaruh terhadap media audio visual
dengan hasil belajar karena Ho ditolak dan Ha diterima.
A. Kesimpulan
1. Penerapan media audio visual dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disediakan
oleh guru. Dalam pembelajaran terdapat tiga tahapan yang dilakukan yaitu
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang dilakukan selama dua jam
pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan Media Audio Visual yang digunakan pada
Mata pembelajaran tematik di Kelas V SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan
Amali Kab. Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media pembelajaran
audio visual. Namun, pada prakteknya penerapan media audio visual di SDN 119
Benteng Tellue Kecamatan Amali Kab. Bone lebih didasarkan pada karakter
siswa dan sebagai upaya penyesuaian agar tujuan pembelajaran dapat tercapai
secara efektif.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel media audio visual (X), dapat diketahui
bahwa nilai rata-rata untuk media audio visual (X) adalah 76,5. Angka 76,5
berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 76-80. Dengan
demikian, dapat dibuktikan bahwa pengaruh media audio visual di SDN 119
Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone termasuk dalam kategori baik
dan untuk mencari hubungan media audio visual dengan hasil belajar diperoleh
nilai rxy = 0,993 Hal ini menunjukkan bahwa hubungan media audio visual
terdapat hubungan yang positif. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil rh > rt
dengan nilai 0,993 > 0,576 dan t hitung > t tabel dengan nilai 22,257 > 2,228.
Sehingga terdapat pengaruh terhadap media audio visual dengan hasil belajar
karena Ho ditolak dan Ha diterima.
B. Implikasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang kiranya
menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan media audio visual sudah cukup baik,
namun alangkah baiknya guru lebih meningkatkan keterampilan guru dalam
menggunakan dan mengelola kelas, karena kualitas dan kemampuan serta
kreatifitas seorang guru dapat dilihat bagaimana dia dapat memanajemen kelas
dengan baik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mencapai prestasi
dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam mengikuti
proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan prasarana kelas yang
sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai seorang yang terdidik, sehingga
harapan untuk meraih prestasi belajar secara maksimal dapat diperolehnya. Selain
itu diharapkan siswa dapat memberikan masukan bagi guru demi terciptanya
interaksi belajar mengajar yang kondusif dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan sarana
dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga hasil
penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang pendidikan.
belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SDN 119 Benteng Tellue
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan dan pengaruh media audio visual pada mata pelajaran Tematik kelas V di
SDN 119 Benteng Tellue Kec. Amali Kab. Bone
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Data primer dalam
penelitian ini diperoleh melalui pembagian angket kuesioner langsung dengan siswa
kelas V.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Media Audio Visual Pada
Mata pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 119 Benteng Tellue dilakukan
sesuai dengan RPP yang telah disediakan oleh guru dalam pembelajaran terdapat tiga
tahapan yang dilakukan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang
dilakukan selama dua jam pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan Media Audio Visual
yang digunakan pada Mata pembelajaran tematik di Kelas V SDN 119 Benteng
Tellue Kecamatan Amali Kab. Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media
pembelajaran media audio visual. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran
tematik di SDN 119 Benteng Tellue Kec.Amali Kab.Bone yang ditunjukkan dari
t_hitung (22,257) > t_tabel (2,228) dan hasil uji signifikansi menunjukkan rh > rt
dengan nilai 0,993 > 0,576 Sehingga terdapat pengaruh terhadap media audio visual
dengan hasil belajar karena Ho ditolak dan Ha diterima.
A. Kesimpulan
1. Penerapan media audio visual dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disediakan
oleh guru. Dalam pembelajaran terdapat tiga tahapan yang dilakukan yaitu
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang dilakukan selama dua jam
pelajaran (2 x 35) menit. Penerapan Media Audio Visual yang digunakan pada
Mata pembelajaran tematik di Kelas V SDN 119 Benteng Tellue Kecamatan
Amali Kab. Bone, secara umum sudah sesuai dengan teori media pembelajaran
audio visual. Namun, pada prakteknya penerapan media audio visual di SDN 119
Benteng Tellue Kecamatan Amali Kab. Bone lebih didasarkan pada karakter
siswa dan sebagai upaya penyesuaian agar tujuan pembelajaran dapat tercapai
secara efektif.
2. Berdasarkan hasil analisis pada variabel media audio visual (X), dapat diketahui
bahwa nilai rata-rata untuk media audio visual (X) adalah 76,5. Angka 76,5
berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 76-80. Dengan
demikian, dapat dibuktikan bahwa pengaruh media audio visual di SDN 119
Benteng Tellue Kecamatan Amali Kabupaten Bone termasuk dalam kategori baik
dan untuk mencari hubungan media audio visual dengan hasil belajar diperoleh
nilai rxy = 0,993 Hal ini menunjukkan bahwa hubungan media audio visual
terdapat hubungan yang positif. Hasil uji signifikansi menunjukkan hasil rh > rt
dengan nilai 0,993 > 0,576 dan t hitung > t tabel dengan nilai 22,257 > 2,228.
Sehingga terdapat pengaruh terhadap media audio visual dengan hasil belajar
karena Ho ditolak dan Ha diterima.
B. Implikasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang kiranya
menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan media audio visual sudah cukup baik,
namun alangkah baiknya guru lebih meningkatkan keterampilan guru dalam
menggunakan dan mengelola kelas, karena kualitas dan kemampuan serta
kreatifitas seorang guru dapat dilihat bagaimana dia dapat memanajemen kelas
dengan baik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mencapai prestasi
dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam mengikuti
proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan prasarana kelas yang
sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai seorang yang terdidik, sehingga
harapan untuk meraih prestasi belajar secara maksimal dapat diperolehnya. Selain
itu diharapkan siswa dapat memberikan masukan bagi guru demi terciptanya
interaksi belajar mengajar yang kondusif dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan sarana
dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga hasil
penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20200286 | 286/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
286/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
