Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru di SMA Negeri 1 Cina Kab. Bone
Darni/02. 14. 3196 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru di
SMA Negeri 1 Cina Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang implementasi kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dan efektivitas kerja guru di SMA Negeri 1 Cina Kab. bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di SMA
Negeri 1 Cina cukup baik bahwa: 1). Kepala sekolah menerapkan empat komponen
kepemimpinan transformasional yaitu: idealized influence, intelectual stimulation,
inspiration motivation, dan individualized condivideration. 2). ada berapa upaya dan
usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan dan meningkatkan
efektivitas kerjanya dengan menggunakan alat ukur efektivitas kerja guru yang
meliputi unsur kemampuan menyesuaikan diri, prestasi kerja dan kepuasan kerja. 3).
kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang
signifikan terhadap efektivitas kerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cina Kab.
Bone. mampu memberikan motivasi terhadap bawahannya dan mampu menjadi
teladan yang baik sehingga guru SMA Negeri 1Cina lebih termotivasi untuk
meningkatkan kinerjanya melebihi yang telah ditetapkan sebelumnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian mengenai implementasi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di
SMAN 1 Cina Kab. Bone sebagai berikut:
1. Implementasi kepemimpinan transformasional kepalah sekolah SMAN 1 Cina
Kab. Bone sesuai dengan teori dimensi kepemimpinan transformasional yaitu
kepala sekolah sudah menerapkan komponen idealized influence, intelectual
stimulation, inspiration motivation, dan individualized condivideration.
2. Efektivitas kerja guru SMAN 1 Cina Kab. Bone terlihat bahwa guru mampu
menyesuaikan diri, memiliki prestasi kerja cukup baik dan setiap guru diberikan
kesempatan untuk maju sehingga hasil kerja guru SMA Negeri 1 Cina cukup
efektif.
3. kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang
signifikan terhadap efektivitas kerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cina
Kab. Bone mampu memberikan pengaruh ideal terhadap guru, mampu
memerikan motivasi inspirasi terhadap guru, mampu meningkatkan stimulus
intelektual guru serta mampu memberikan perhatian individu terhadap guru,
sehingga dengan adanya penerapan kepemimpinan transformasional kepala
sekolah di SMAN 1 Cina guru mampu meningkatkan efektivitas kerjanya.
4. Ternyata kepala sekolah SMAN 1 Cina selain menerpakan gaya kepemimpinan
transformasional dia juga menerapkan gaya kepemimpinan Directing
(mengarahkan), gaya kepemimpinan edukatif.
B. Implikasi
1. Kepala Sekolah SMAN 1 Cina Kab. Bone hendaknya menindak lanjuti
keluhan-keluhan guru, sehingga guru merasa diperhatikan sehingga termotivasi
untuk meningkatkan efektivitas kerjanya.
2. Kepala Sekolah SMAN 1 Cina Kab. Bone hendaknya memberikan perhatian
kepada bawahannya mengenai kendala dalam menjalankan tugasnya sehingga
kendala-kendala tersebut dapat diselesaikan dengan baik.
3. Guru hendaknya lebi meningkatkan efektivitas kerjanya sehingga dapat
menghasilkan output yang lebih berkualitas.
Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru di
SMA Negeri 1 Cina Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang implementasi kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dan efektivitas kerja guru di SMA Negeri 1 Cina Kab. bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di SMA
Negeri 1 Cina cukup baik bahwa: 1). Kepala sekolah menerapkan empat komponen
kepemimpinan transformasional yaitu: idealized influence, intelectual stimulation,
inspiration motivation, dan individualized condivideration. 2). ada berapa upaya dan
usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan dan meningkatkan
efektivitas kerjanya dengan menggunakan alat ukur efektivitas kerja guru yang
meliputi unsur kemampuan menyesuaikan diri, prestasi kerja dan kepuasan kerja. 3).
kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang
signifikan terhadap efektivitas kerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cina Kab.
Bone. mampu memberikan motivasi terhadap bawahannya dan mampu menjadi
teladan yang baik sehingga guru SMA Negeri 1Cina lebih termotivasi untuk
meningkatkan kinerjanya melebihi yang telah ditetapkan sebelumnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian mengenai implementasi kepemimpinan
transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru di
SMAN 1 Cina Kab. Bone sebagai berikut:
1. Implementasi kepemimpinan transformasional kepalah sekolah SMAN 1 Cina
Kab. Bone sesuai dengan teori dimensi kepemimpinan transformasional yaitu
kepala sekolah sudah menerapkan komponen idealized influence, intelectual
stimulation, inspiration motivation, dan individualized condivideration.
2. Efektivitas kerja guru SMAN 1 Cina Kab. Bone terlihat bahwa guru mampu
menyesuaikan diri, memiliki prestasi kerja cukup baik dan setiap guru diberikan
kesempatan untuk maju sehingga hasil kerja guru SMA Negeri 1 Cina cukup
efektif.
3. kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang
signifikan terhadap efektivitas kerja guru. Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cina
Kab. Bone mampu memberikan pengaruh ideal terhadap guru, mampu
memerikan motivasi inspirasi terhadap guru, mampu meningkatkan stimulus
intelektual guru serta mampu memberikan perhatian individu terhadap guru,
sehingga dengan adanya penerapan kepemimpinan transformasional kepala
sekolah di SMAN 1 Cina guru mampu meningkatkan efektivitas kerjanya.
4. Ternyata kepala sekolah SMAN 1 Cina selain menerpakan gaya kepemimpinan
transformasional dia juga menerapkan gaya kepemimpinan Directing
(mengarahkan), gaya kepemimpinan edukatif.
B. Implikasi
1. Kepala Sekolah SMAN 1 Cina Kab. Bone hendaknya menindak lanjuti
keluhan-keluhan guru, sehingga guru merasa diperhatikan sehingga termotivasi
untuk meningkatkan efektivitas kerjanya.
2. Kepala Sekolah SMAN 1 Cina Kab. Bone hendaknya memberikan perhatian
kepada bawahannya mengenai kendala dalam menjalankan tugasnya sehingga
kendala-kendala tersebut dapat diselesaikan dengan baik.
3. Guru hendaknya lebi meningkatkan efektivitas kerjanya sehingga dapat
menghasilkan output yang lebih berkualitas.
Ketersediaan
| ST20180174 | 174/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
174/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
