Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone
Ria Asriani/02.15.1063 - Personal Name
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
babIII mengenai Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Keaktifan
Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone maka dapat
disimpulka sebagai berikut:
1. Penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP
Negeri 7 Watampone yaitu penerapan metode jawab di awal pelajaran dengan
cara guru sebelum memasuki pelajaran selanjutnya, memberikan pertanyaan
kepada siswa mengenai pelajaran minggu lalu, dan siswa diberikan kesempatan
untuk memaparkan kembali agar mereka mengigat materi pelajaran sebelum
memasuki pelajaran selanjutnya. Penerapan metode tanya jawab di tengah
pelajaran prosesnya dari satu siswa ke siswa lainnya. Pertanyaan di akhir
pelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan
materi pelajaram yang sudah dipelajari.
2. Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan dengan menerapkan metode tanya
jawab dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone, yaitu
menggunakan strategi Learning Start With a Question adalah suatu strategi atau
perencanaan sebelum menerapkan metode tanya jawab dalam meningkatkan
keaktifan siswa, dengan cara sebelum belajar guru membagi buku paket kepada
siswa, guru memberikan kesempatan siswa membacanya beberapa menit
selanjutnya guru meminta masing-masing siswa menulis pertanyaan. Dan guru
memilih tiga pertanyaan yang akan dijelaskan.
3. Dampak penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan siswa
kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone, yaitu berdampak positif terutama
keaktifan siswa dalam belajar. Setelah penerapan metode ini keaktifan siswa
menjadi meningkat (aktif bertanya, berpikir dan mengungkapkan pendapat
sendiri dari ide dan gagasan.
B. Implikasi
Setelah diuraikan simpulan di atas, maka peneliti akan memberikan beberapa
saran baik untuk guru pendidikan Agama Islam dalam hal penerapan metode Tanya
dalam meningkatkan keaktifan pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 7
Watampone:
1. Sering berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi terkususnya internet
dijadikan sumber belajar, supaya guru tidak terganti perangnya sebagai
tranpormator dalam hal ilmu pengetahuan dari segi mendidik, mengajar dan
melatih siswa, oleh sebab itu peneliti mengharapkan agar guru di SMP Negeri 7
Watampone khsusnya guru pendidikan Agama Islam menerapkan berbagai
macam metode pembelajaran dengan strategi/perencanaan terlebih dahulu
supaya apa yang direncanakan sesuai yang sudah ditetapkan.
2. Kepada guru pendidikan Agama Islam agar selalu tetap menciptakan metode
atau cara baru dalam proses pembelajaran PAI khususnya mengenai keaktifan
siswa dalam belajar karena keberhasilan suatu pembelajaran terdapat juga pada
keterlibatan dan keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Kepada pihak sekolah agar selalu menyiapkan sarana dan prasarana yang
menunjang keberhasilan proses pembelajaran terutama dalam hal ruangan kelas
yang memadai, media pembelajaran dan lingkungan sekolah yang aman
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam
babIII mengenai Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Keaktifan
Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone maka dapat
disimpulka sebagai berikut:
1. Penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP
Negeri 7 Watampone yaitu penerapan metode jawab di awal pelajaran dengan
cara guru sebelum memasuki pelajaran selanjutnya, memberikan pertanyaan
kepada siswa mengenai pelajaran minggu lalu, dan siswa diberikan kesempatan
untuk memaparkan kembali agar mereka mengigat materi pelajaran sebelum
memasuki pelajaran selanjutnya. Penerapan metode tanya jawab di tengah
pelajaran prosesnya dari satu siswa ke siswa lainnya. Pertanyaan di akhir
pelajaran, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan
materi pelajaram yang sudah dipelajari.
2. Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan dengan menerapkan metode tanya
jawab dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone, yaitu
menggunakan strategi Learning Start With a Question adalah suatu strategi atau
perencanaan sebelum menerapkan metode tanya jawab dalam meningkatkan
keaktifan siswa, dengan cara sebelum belajar guru membagi buku paket kepada
siswa, guru memberikan kesempatan siswa membacanya beberapa menit
selanjutnya guru meminta masing-masing siswa menulis pertanyaan. Dan guru
memilih tiga pertanyaan yang akan dijelaskan.
3. Dampak penerapan metode tanya jawab dalam meningkatkan keaktifan siswa
kelas IX di SMP Negeri 7 Watampone, yaitu berdampak positif terutama
keaktifan siswa dalam belajar. Setelah penerapan metode ini keaktifan siswa
menjadi meningkat (aktif bertanya, berpikir dan mengungkapkan pendapat
sendiri dari ide dan gagasan.
B. Implikasi
Setelah diuraikan simpulan di atas, maka peneliti akan memberikan beberapa
saran baik untuk guru pendidikan Agama Islam dalam hal penerapan metode Tanya
dalam meningkatkan keaktifan pada pembelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 7
Watampone:
1. Sering berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi terkususnya internet
dijadikan sumber belajar, supaya guru tidak terganti perangnya sebagai
tranpormator dalam hal ilmu pengetahuan dari segi mendidik, mengajar dan
melatih siswa, oleh sebab itu peneliti mengharapkan agar guru di SMP Negeri 7
Watampone khsusnya guru pendidikan Agama Islam menerapkan berbagai
macam metode pembelajaran dengan strategi/perencanaan terlebih dahulu
supaya apa yang direncanakan sesuai yang sudah ditetapkan.
2. Kepada guru pendidikan Agama Islam agar selalu tetap menciptakan metode
atau cara baru dalam proses pembelajaran PAI khususnya mengenai keaktifan
siswa dalam belajar karena keberhasilan suatu pembelajaran terdapat juga pada
keterlibatan dan keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Kepada pihak sekolah agar selalu menyiapkan sarana dan prasarana yang
menunjang keberhasilan proses pembelajaran terutama dalam hal ruangan kelas
yang memadai, media pembelajaran dan lingkungan sekolah yang aman
Ketersediaan
| ST20190002 | 02/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
02/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
