Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa di MTs DDI Watang Cenrana Kab. Bon
M. Iksan/02.15.3032 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh manajemen kelas terhadap minat
belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana Kab. Bone. Tujuan dari penelitian ini
yakni 1) Untuk mengetahui manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana
Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di MTs DDI Watang
Cenrana Kabupaten Bone. 3) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas
terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, dan paedagogis. Dengan demikian jumlah populasi dalam penelitian ini
yaitu 15 siswa kelas VIII dan 5 orang guru di MTs DDI Watang Cenrana sehingga
ditentukan jumlah sampel sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang antara
manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana yang
ditunjukkan dari t_hitung (5,747) > t_tabel (1,734). Hasil pengujian menunjukkan
bahwa nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikansi
yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan. Sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang
positif antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang
Cenrana. Dari hasil analisis r² sebesar 64% berarti bahwa variabel manajemen kelas
mampu menjelaskan variabel minat belajar siswa sebesar 64%, sedangkan 36% yang
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Simpulan
1. Manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana dalam ketegori baik.
2. Minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana dalam ketegori cukup
tinggi.
3. Dari hasil konsultasi menunjukkan bahwa harga t_hitung lebih besar dari nilai
t_tabel (5,747 > 1,734) sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
berarti bahwa variabel manajemen kelas berpengaruh secara signifikan
terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana
sudah cukup baik, namun alangkah baiknya guru lebih meningkatkan
keterampilan guru dalam menggunakan dan mengelola kelas, karena kualitas
dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat dilihat bagaimana dia
dapat memanajemen kelas dengan baik dan dapat meningkatkan minat belajar
siswa dan mencapai prestasi dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana kelas yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai
seorang yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana Kab. Bone. Tujuan dari penelitian ini
yakni 1) Untuk mengetahui manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana
Kabupaten Bone. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di MTs DDI Watang
Cenrana Kabupaten Bone. 3) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas
terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, dan paedagogis. Dengan demikian jumlah populasi dalam penelitian ini
yaitu 15 siswa kelas VIII dan 5 orang guru di MTs DDI Watang Cenrana sehingga
ditentukan jumlah sampel sebanyak 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang antara
manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana yang
ditunjukkan dari t_hitung (5,747) > t_tabel (1,734). Hasil pengujian menunjukkan
bahwa nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti nilai signifikansi
yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan. Sehingga Ho
ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang
positif antara manajemen kelas terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang
Cenrana. Dari hasil analisis r² sebesar 64% berarti bahwa variabel manajemen kelas
mampu menjelaskan variabel minat belajar siswa sebesar 64%, sedangkan 36% yang
lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
A. Simpulan
1. Manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana dalam ketegori baik.
2. Minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana dalam ketegori cukup
tinggi.
3. Dari hasil konsultasi menunjukkan bahwa harga t_hitung lebih besar dari nilai
t_tabel (5,747 > 1,734) sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
berarti bahwa variabel manajemen kelas berpengaruh secara signifikan
terhadap minat belajar siswa di MTs DDI Watang Cenrana.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang
kiranya menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kelas di MTs DDI Watang Cenrana
sudah cukup baik, namun alangkah baiknya guru lebih meningkatkan
keterampilan guru dalam menggunakan dan mengelola kelas, karena kualitas
dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat dilihat bagaimana dia
dapat memanajemen kelas dengan baik dan dapat meningkatkan minat belajar
siswa dan mencapai prestasi dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana kelas yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai
seorang yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20200237 | 237/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
237/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
