Analisis Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan Etika Bisnis Syariah dalam Upaya Peningkatan Omzet Penjualan (Studi pada Produk Air Kemasan CV. Karunia Alam Abadi di Watampone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya
Peningkatan Omzet Penjualan CV. Karunia Alam Abadi. Adapun pokok
permasalahannya yaitu bagaimana strategi pemasaran usaha air kemasan CV. Karunia
Alam Abadi dalam perspektif etika bisnis syariah dan bagaimana upaya peningkatan
omzet penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran pada CV. Karunia Alam
Abadi melalui pendekatan etika bisnis syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omzet penjualan melalui
pendekatan etika bisnis syariah pada CV. Karunia Alam Abadi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian lapangan (field research)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran usaha air minum
dalam kemasan CV. Karunia Alam Abadi dalam perspektif etika bisnis syariah yaitu
menerapkan prinsip etika bisnis shiddiq dalam strategi produk, amanah dalam
strategi harga, amanah dan shiddiq dalam strategi distribusi. Adapun untuk strategi
promosi belum sesuai dengan salah satu prinsip etika bisnis yaitu tabligh karena
segala informasi yang terkait dengan produk tidak disampaikan dengan baik dan
benar. Dalam hal upaya peningkatan omzet penjualan pada CV. Karunia Alam Abadi
melalui pendekatan etika bisnis syariah sudah menerapkan prinsip amanah dan
shiddiq.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada
bab sebelumnya, maka dapat dinyatakan kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang dilakukan CV. Karunia Alam Abadi
melalui
pendekatan etika bisnis syariah pada produk air kemasan “HHM” meliputi:
memberikan kejelasan dari segi legalitas dan kualitas produk yang tercantum
disetiap kemasan air yang diproduksi (tidak melalukukan praktik bisnis yang
bertentangan dengan syariah/shiddiq), memberikan harga terjangkau dan juga
potongan harga dengan jumlah pembelian banyak (fathanah dan amanah),
mendistribusikan produk secara langsung dengan ketepatan waktu pengiriman
barang (amanah dan shiddiq).
2. CV. Karunia Alam Abadi dalam upaya peningkatan omzet penjualannya
melalui pendekatan etika bisnis syariah melakukan beberapa hal. Dari segi
manajemen dalam pencapaian penjualan diantaranya: pertama, melakukan
perencanaan mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, hingga
pemasaran produknya. Kedua, melakukan pengaturan terhadap sumber daya
manusia (karyawan) yang terlibat berdasarkan struktur atau pembagian tugas
dan fungsi yang jelas. Ketiga, memenuhi hak-hak karyawan. Hal tersebut
mencerminkan perilaku shiddiq. Dari segi pelayanan dan ketepatan waktu
pengiriman barang diantaranya: cepat merespon pesanan konsumen apabila
terdapat masalah atau terjadinya kerusakan/cacat pada produknya dan cepat
dalam pengiriman produk ke konsumen. Hal tersebut mencerminkan perilaku
shiddiq. Dan dari segi harga yang terjangkau dengan kualitas terjamin
diantaranya: harga yang ditawarkan terbilang mudah dijangkau dan tidak jauh
beda dengan pesaing serta kualitas produknya yang selalu melakukan proses
pengendalian mutu disetiap tahapan proses produksinya. Hal ini mencerminkan
perilaku amanah.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh, maka
diajukan beberapa saran yang dapat diterapkan bagi CV. Karunia Alam Abadi
unutk proses pengembangan pada produk air minum kemasan “HHM” antara lain:
1. Sebaiknya perusahaan menambah variasi dari jenis air kemasan produksinya,
agar konsumen dapat memilih jenis kemasan yang sesuai dengan kebutuhan
atau seleranya. Dengan hal ini akan meningkatkan permintaan terhadap produk
air minum “HHM”.
2. Dalam persediaan bahan baku sebaiknya pihak CV. Karunia Alam Abadi
menambah sumber mata air agar dapat meningkatkan hasil produksi. Dan juga
dalam proses pemasaran, sebaiknya sasaran pasarnya diperluas. Dengan
demikian apabila hasil produksi meningkat dan sasaran pasar diperluas maka
hasil penjualan pun meningkat.
3. Dalam melakukan kegiatan promosi sebaiknya pihak sales lebih meningkatkan
kegiatan promosi berupa personal selling atau mulut ke mulut (mouth to
mouth). Sehingga apabila dalam proses memasarkan produk ketika bertemu
dengan calon konsumen/konsumen baru, pesan yang disampaikan berupa
manfaat, kandungan serta kualitas yang terdapat dalam produk “HHM” dapat
dijelaskan lebih jelas dan rinci. Hal tersebut dapat berpengaruh pada citra merek
dalam benak calon konsumen/konsumen baru sehingga berdampak pada
keputusan pembelian
C. Implikasi
Impilkasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah
dan praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan dapat memberikan sumbangsih
atau bahan referensi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang ilmu
ekonomi tentang wirausaha, sedangkan implikasi praktis berupa bahan
pertimbangan dalam membuat keputusan tentang peningkatan omzet penjualan
CV. Karunia Alam Abadi di Kabupaten Bone.
Ketersediaan
SFEBI2021007979/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

79/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top