Inovasi Layanan PT. Global Jet Express (J&T Express) Watampone Dalam Peningkatan Minat Konsume
Andi Indra Wijaya/01.16.3183 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Inovasi layanan PT.
Global Jet Express (J&T) Watampone dalam peningkatan minat konsumen, (2)
Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap inovasi layanan PT.Global Jet
Express.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian Lapangan (Field research) dengan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil
yang telah dikumpulkan dilapangan melalui wawancara terhadap karyawan J&T
Express Watampone dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan descriptif analysis. Teknik pengelolaan
dan analisis data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan
informan. Setelah wawancara, peneliti membuat hasil wawancara dengan cara
memutar kembali rekaman yang ada dan melakukan pencatatan saat wawancara.
Setelah peneliti menulis hasil wawancara, selanjutnya peneliti membuat reduksi
data dengan cara abstraksi, yaitu mengambil data yang sesuai dengan konteks
penelitian dan mengabaikan data yang tidak diperlukan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Setelah adanya inovasi layanan yang diberikan, pelanggan
merasa betah dengan kepuasan yang diberikan J&T Express Watampone yang
tidak mereka jumpai pada perusahaan lain. Inovasi layanan yang J&T Express
Watampone berikan memiliki nilai-nilai keislaman. dalam pelayanannya sesuai
dengan standarisasi syariah yaitu: daya tanggap, keandalan, jaminan (assurance),
perhatian (empathy), kemampuan fisik (tangible).
A.Kesimpulan
Penelitian mengenai Inovasi Layanan J&T Express Dalam Peningkatan Minat
Konsumen (Studi Kasus Pada J&T Express Watampone) menghasilkan beberapa
kesimpulan yang didasarkan pada analisis. Kesimpulan-kesimpulan penelitian itu
meliputi:
1.Setelah adanya inovasi layanan yang diberikan, pelanggan merasa puas dengan
inovasi layanan yang diberikan J&T Express Watampone yang tidak mereka
jumpai pada perusahaan lain. Adanya cabang terbanyak serta pelayanan yang
baik meliputi asuransi, penerimaan cod jemput ditempat, waktu bukan kantor
yang lebih lama, keramahan dan kesabaran karyawan dapat meningkatkan minat
konsumen.
2.Tinjauan ekonomi Islam terhadap Inovasi layanan J&T Express Watampone
dalam peningkatan minat konsumen menurut ahli sejalan dengan etos kerja yang
ada dalam Islam. Selain itu pelayanan yang J&T Express berikan memiliki nilai-
nilai keislaman. dalam pelayanannya sesuai dengan standarisasi syariah yaitu:
daya tanggap, keandalan, jaminan (assurance), perhatian (empathy), kemampuan
fisik (tangible).
B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat memberikan saran
sebagai berikut:
1.Untuk Karyawan J&T Express Watampone walaupun perusahaan memberikan
asuransi terhadap paket yang rusak diakibatkan kelalaian karyawan, namun
apabila paket sering rusak akan menyebabkan kerugian dimasa yang akan
datang. Hendaknya sebelum mengirimkan barang lebih berhati-hati untuk
meminimalisir kerugian.
2.Teruslah berinovasi untuk menjaga eksistensi J&T Express Watampone
C.Implikasi
Implikasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah dan
praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan upaya J&T Express Watampone
dalam meningkatkan minat konsumen, sedangkan implikasi praktis berikaitan
dengan konstribusi penelitian berupa sumbangsi pemikiran dan masukan terhadap
J&T Express Watampone.
Global Jet Express (J&T) Watampone dalam peningkatan minat konsumen, (2)
Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap inovasi layanan PT.Global Jet
Express.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian Lapangan (Field research) dengan
pendekatan sosiologis. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil
yang telah dikumpulkan dilapangan melalui wawancara terhadap karyawan J&T
Express Watampone dan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan descriptif analysis. Teknik pengelolaan
dan analisis data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan
informan. Setelah wawancara, peneliti membuat hasil wawancara dengan cara
memutar kembali rekaman yang ada dan melakukan pencatatan saat wawancara.
Setelah peneliti menulis hasil wawancara, selanjutnya peneliti membuat reduksi
data dengan cara abstraksi, yaitu mengambil data yang sesuai dengan konteks
penelitian dan mengabaikan data yang tidak diperlukan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Setelah adanya inovasi layanan yang diberikan, pelanggan
merasa betah dengan kepuasan yang diberikan J&T Express Watampone yang
tidak mereka jumpai pada perusahaan lain. Inovasi layanan yang J&T Express
Watampone berikan memiliki nilai-nilai keislaman. dalam pelayanannya sesuai
dengan standarisasi syariah yaitu: daya tanggap, keandalan, jaminan (assurance),
perhatian (empathy), kemampuan fisik (tangible).
A.Kesimpulan
Penelitian mengenai Inovasi Layanan J&T Express Dalam Peningkatan Minat
Konsumen (Studi Kasus Pada J&T Express Watampone) menghasilkan beberapa
kesimpulan yang didasarkan pada analisis. Kesimpulan-kesimpulan penelitian itu
meliputi:
1.Setelah adanya inovasi layanan yang diberikan, pelanggan merasa puas dengan
inovasi layanan yang diberikan J&T Express Watampone yang tidak mereka
jumpai pada perusahaan lain. Adanya cabang terbanyak serta pelayanan yang
baik meliputi asuransi, penerimaan cod jemput ditempat, waktu bukan kantor
yang lebih lama, keramahan dan kesabaran karyawan dapat meningkatkan minat
konsumen.
2.Tinjauan ekonomi Islam terhadap Inovasi layanan J&T Express Watampone
dalam peningkatan minat konsumen menurut ahli sejalan dengan etos kerja yang
ada dalam Islam. Selain itu pelayanan yang J&T Express berikan memiliki nilai-
nilai keislaman. dalam pelayanannya sesuai dengan standarisasi syariah yaitu:
daya tanggap, keandalan, jaminan (assurance), perhatian (empathy), kemampuan
fisik (tangible).
B.Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat memberikan saran
sebagai berikut:
1.Untuk Karyawan J&T Express Watampone walaupun perusahaan memberikan
asuransi terhadap paket yang rusak diakibatkan kelalaian karyawan, namun
apabila paket sering rusak akan menyebabkan kerugian dimasa yang akan
datang. Hendaknya sebelum mengirimkan barang lebih berhati-hati untuk
meminimalisir kerugian.
2.Teruslah berinovasi untuk menjaga eksistensi J&T Express Watampone
C.Implikasi
Implikasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah dan
praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan upaya J&T Express Watampone
dalam meningkatkan minat konsumen, sedangkan implikasi praktis berikaitan
dengan konstribusi penelitian berupa sumbangsi pemikiran dan masukan terhadap
J&T Express Watampone.
Ketersediaan
| SFEBI20200078 | 78/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
