Analisis Penetapan Target Konsumen Resto dengan Pendekatan Ekonomi Syariah (Studi pada Penikmat AFC Watampone
Amirullah/01.16.3018 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang penetapan target konsumen resto dengan
pendekatan ekonomi syariah dalam hal kesan kualitas dan tanggapan pelayanan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengindikasikan bahwa saat ini masyarakat lebih
memilih resto yang menerapkan syariat Islam dalam menyediakan produk dan
pelayanannya. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan
Ekonomi Syariah dan menggunakan metode Struktural Equetion Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesan kualitas dan tanggapan pelayanan
menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan
keduanya yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian ialah
tanggapan pelayanan. Hal tersebut dihasilkan dari indikator kemudahan, kebutuhan,
pelayanan, ketepatan, kepuasan, kemampuan dan bantuan. Semakin baik tanggapan
pelayanan pada resto maka semakin berpeluang konsumen untuk melakukan
pembelian kembali. Penetapan target konsumen dapat dilihat dari banyaknya
konsumen yang ada di resto AFC Watampone adalah mahasiswa dengan rentang
umur 21-30 tahun yang memberikan respon tanggapan terhadap resto dari aspek
tempat, fasilitas, ketepatan penyajian, kemudahan pembayaran serta pelayanan
karyawan yang sesuai dengan Syariah.
A. Kesimpulan
Variabel kesan kualitas sebagai variabel eksogen berpengaruh tapi tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel endogen. Kesan
kualitas tetap memberikan pengaruh, namun untuk besar pengaruh yang
dihasilkan masih dalam taraf rendah yang berdasar pada hasil sumbangsi
indikator proses, tampilan, pelayanan, perbuatan dan ketaatan dari sembilan
indikator yang ada.
Variabel tanggapan pelayanan sebagai variabel eksogen berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel endogen. Tanggapan
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang berdasar pada
sumbangsi indikator kemudahan, kebutuhan, pelayanan, ketepatan, kepuasan,
kemampuan dan bantuan.
Berdasarkan pembahasan di atas maka variabel tanggapan pelayanan lebih
dominan dibandingkan dengan kesan kualitas dalam mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen resto AFC Watampone. Indikator yang dominan
mempengaruhi yaitu kemudahan, kebutuhan, pelayanan, ketepatan, kepuasan,
kemampuan dan membantu. Sesuai dengan konsep Siagian bahwa pelayanan
memberikan rasa menyenangkan yang diberikan kepada konsumen disertai
kemudahan-kemudahan dan memenuhi segala kebutuhan mereka.
Penetapan target konsumen dengan tanggapan pelayanan dapat dilihat dari
banyaknya konsumen yang ada di resto AFC Watampone adalah mahasiswa
dengan rentang umur 21-30 tahun yang memberikan respon tanggapan
terhadap resto dari aspek tempat, fasilitas, ketepatan penyajian, kemudahan
pembayaran serta pelayanan karyawan. Hal tersebut didukung oleh keadaan
konsumen dengan rentang umur sekian sudah memiliki kematangan psikologi
terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya serta ditunjang dengan latar belakang
pendidikan yang memumpuni.
B. Implikasi
Penelitian ini menunjukkan konstruk ekonomi Islam dalam keputusan
pembelian dan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk melakukan
pembelian. Tanggapan konsumen mengenai pelayanan menjadi hal yang dapat
meningkatkan keputusan pembelian. Dengan demikian tanggapan pelayanan
sangat menentukan dalam keputusan pembelian konsumen.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat saran dari peneliti yang
nantinya dapat menjadi pertimbangan resto AFC Watampone dan penelitian
selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi, yaitu:
1. Bagi resto AFC Watampone
Dalam penetapan target konsumen, maka AFC Watampone sebaiknya
lebih memperhatikan tanggapan pelayanan karena hal ini menjadi
pertimbangan utama bagi konsumen dalam melakukan pembelian.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini hanya meliputi variabel kesan kualitas, tanggapan
pelayanan dan keputusan pembelian. Untuk itu, penelitian selanjutnya
diharapkan bisa mengembangkan dan mendalami hal-hal yang berkaitan
dengan variabel-variabel tersebut, dan alangkah baiknya untuk menambah
jumlah narasumber serta menambah variabel yang berkaitan dan variabel yang
belum digunakan oleh peneliti.
pendekatan ekonomi syariah dalam hal kesan kualitas dan tanggapan pelayanan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengindikasikan bahwa saat ini masyarakat lebih
memilih resto yang menerapkan syariat Islam dalam menyediakan produk dan
pelayanannya. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan
Ekonomi Syariah dan menggunakan metode Struktural Equetion Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesan kualitas dan tanggapan pelayanan
menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan
keduanya yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian ialah
tanggapan pelayanan. Hal tersebut dihasilkan dari indikator kemudahan, kebutuhan,
pelayanan, ketepatan, kepuasan, kemampuan dan bantuan. Semakin baik tanggapan
pelayanan pada resto maka semakin berpeluang konsumen untuk melakukan
pembelian kembali. Penetapan target konsumen dapat dilihat dari banyaknya
konsumen yang ada di resto AFC Watampone adalah mahasiswa dengan rentang
umur 21-30 tahun yang memberikan respon tanggapan terhadap resto dari aspek
tempat, fasilitas, ketepatan penyajian, kemudahan pembayaran serta pelayanan
karyawan yang sesuai dengan Syariah.
A. Kesimpulan
Variabel kesan kualitas sebagai variabel eksogen berpengaruh tapi tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel endogen. Kesan
kualitas tetap memberikan pengaruh, namun untuk besar pengaruh yang
dihasilkan masih dalam taraf rendah yang berdasar pada hasil sumbangsi
indikator proses, tampilan, pelayanan, perbuatan dan ketaatan dari sembilan
indikator yang ada.
Variabel tanggapan pelayanan sebagai variabel eksogen berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian sebagai variabel endogen. Tanggapan
pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang berdasar pada
sumbangsi indikator kemudahan, kebutuhan, pelayanan, ketepatan, kepuasan,
kemampuan dan bantuan.
Berdasarkan pembahasan di atas maka variabel tanggapan pelayanan lebih
dominan dibandingkan dengan kesan kualitas dalam mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen resto AFC Watampone. Indikator yang dominan
mempengaruhi yaitu kemudahan, kebutuhan, pelayanan, ketepatan, kepuasan,
kemampuan dan membantu. Sesuai dengan konsep Siagian bahwa pelayanan
memberikan rasa menyenangkan yang diberikan kepada konsumen disertai
kemudahan-kemudahan dan memenuhi segala kebutuhan mereka.
Penetapan target konsumen dengan tanggapan pelayanan dapat dilihat dari
banyaknya konsumen yang ada di resto AFC Watampone adalah mahasiswa
dengan rentang umur 21-30 tahun yang memberikan respon tanggapan
terhadap resto dari aspek tempat, fasilitas, ketepatan penyajian, kemudahan
pembayaran serta pelayanan karyawan. Hal tersebut didukung oleh keadaan
konsumen dengan rentang umur sekian sudah memiliki kematangan psikologi
terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya serta ditunjang dengan latar belakang
pendidikan yang memumpuni.
B. Implikasi
Penelitian ini menunjukkan konstruk ekonomi Islam dalam keputusan
pembelian dan menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk melakukan
pembelian. Tanggapan konsumen mengenai pelayanan menjadi hal yang dapat
meningkatkan keputusan pembelian. Dengan demikian tanggapan pelayanan
sangat menentukan dalam keputusan pembelian konsumen.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat saran dari peneliti yang
nantinya dapat menjadi pertimbangan resto AFC Watampone dan penelitian
selanjutnya agar menjadi lebih baik lagi, yaitu:
1. Bagi resto AFC Watampone
Dalam penetapan target konsumen, maka AFC Watampone sebaiknya
lebih memperhatikan tanggapan pelayanan karena hal ini menjadi
pertimbangan utama bagi konsumen dalam melakukan pembelian.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini hanya meliputi variabel kesan kualitas, tanggapan
pelayanan dan keputusan pembelian. Untuk itu, penelitian selanjutnya
diharapkan bisa mengembangkan dan mendalami hal-hal yang berkaitan
dengan variabel-variabel tersebut, dan alangkah baiknya untuk menambah
jumlah narasumber serta menambah variabel yang berkaitan dan variabel yang
belum digunakan oleh peneliti.
Ketersediaan
| SSYA20200018. | 18/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
18/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
