Pengaruh Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus pada Annurshopbone)
Ummy Rhamdani/01.16.3178 - Personal Name
Penelitian ini mengenai pengaruh promosi media sosial terhadap keputusan
pembelian produk online yang mengandung pengertian yakni menganalisis pengaruh
media sosial terhadap keputusan pembelian produk online studi kasus pada
Annurshopbone. Masalah pokok penelitian adalah bagaimana pengaruh media sosial
terhadap keputusan pembelian produk online dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data regresi sederhana.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Annurshopbone dengan sampel
berjumlah 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi
sederhana diperoleh 1) Persamaan regresi yaitu Y = 18,744 + 0,613X dengan nilai
koefisien media sosial yang bertanda positif; 2) Uji determinasi yang menunjukkan
nilai R Square 0,330; 3) Uji Parsial (uji t) yang dilihat pada nilai signifikasi yang
lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hipotesis penelitian yang diterima adalah
H1 dan H0 ditolak yang berarti bahwa variabel media sosial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk online, artinya bahwa apabila media sosial
mengalami peningkatan maka keputusan pembelian produk online juga akan
meningkat, begitupun sebaliknya; 2) Besar pengaruh media sosial terhadap keputusan
pembelian produk online adalah 0,330 atau 33%. Implikasi penelitian mencakup dua
hal, yakni implikasi ilmiah dan praktis.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat dikemukakan
kesimpulan penelitian sebagai berikut:
1. Media sosial berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan
pembelian produk online. Nilai signifikansi variabel media sosial sebesar
0,000 karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini
ditunjukkan dengan thitung sebesar 5,344 > ttabel 2,001. Berdasarkan hal tersebut
maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh positif secara signifikan
terhadap keputusan pembelian produk online.
2. Berdasarkan hasil nilai R squard sebesar 0,330 (33%) yang mengandung arti
bahwa pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk online
adalah sebesar 33%, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian yaitu harga, pelayanan, informasi dan kepercayaan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang diambil, dapat diberikan
saran sebagai berikut:
1. Bagi owner Annurshopbone diharapkan agar lebih berupaya untuk
mengembangkan atau memperluas usahanya dalam memasarkan produk atau
barang serta menyediakan barang ready ditoko/tempat usaha tetap agar
konsumen atau pelanggan lebih tertarik dalam berbelanja sehingga
pendapatannya ikut bertambah.
2. Di harapkan kepada Peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan
penelitian ini dengan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi
keputusan pembelian.
C. Implikasi
Impilkasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah
dan praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan dapat memberikan sumbangsih
atau bahan referensi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang ilmu
ekonomi tentang wirausaha, sedangkan implikasi praktis
berupa bahan
pertimbangan dalam membuat keputusan tentang meningkatkan penjualan secara
online di Annurshopbone Jl. Hos Cokroaminoto Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone.
pembelian produk online yang mengandung pengertian yakni menganalisis pengaruh
media sosial terhadap keputusan pembelian produk online studi kasus pada
Annurshopbone. Masalah pokok penelitian adalah bagaimana pengaruh media sosial
terhadap keputusan pembelian produk online dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik analisis data regresi sederhana.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Annurshopbone dengan sampel
berjumlah 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi
sederhana diperoleh 1) Persamaan regresi yaitu Y = 18,744 + 0,613X dengan nilai
koefisien media sosial yang bertanda positif; 2) Uji determinasi yang menunjukkan
nilai R Square 0,330; 3) Uji Parsial (uji t) yang dilihat pada nilai signifikasi yang
lebih kecil dari probabilitas (0,000 < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Hipotesis penelitian yang diterima adalah
H1 dan H0 ditolak yang berarti bahwa variabel media sosial berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian produk online, artinya bahwa apabila media sosial
mengalami peningkatan maka keputusan pembelian produk online juga akan
meningkat, begitupun sebaliknya; 2) Besar pengaruh media sosial terhadap keputusan
pembelian produk online adalah 0,330 atau 33%. Implikasi penelitian mencakup dua
hal, yakni implikasi ilmiah dan praktis.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka dapat dikemukakan
kesimpulan penelitian sebagai berikut:
1. Media sosial berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan
pembelian produk online. Nilai signifikansi variabel media sosial sebesar
0,000 karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini
ditunjukkan dengan thitung sebesar 5,344 > ttabel 2,001. Berdasarkan hal tersebut
maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh positif secara signifikan
terhadap keputusan pembelian produk online.
2. Berdasarkan hasil nilai R squard sebesar 0,330 (33%) yang mengandung arti
bahwa pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk online
adalah sebesar 33%, sedangkan sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian yaitu harga, pelayanan, informasi dan kepercayaan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang diambil, dapat diberikan
saran sebagai berikut:
1. Bagi owner Annurshopbone diharapkan agar lebih berupaya untuk
mengembangkan atau memperluas usahanya dalam memasarkan produk atau
barang serta menyediakan barang ready ditoko/tempat usaha tetap agar
konsumen atau pelanggan lebih tertarik dalam berbelanja sehingga
pendapatannya ikut bertambah.
2. Di harapkan kepada Peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan
penelitian ini dengan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi
keputusan pembelian.
C. Implikasi
Impilkasi dari hasil penelitian mencakup dua hal, yaitu implikasi ilmiah
dan praktis. Implikasi ilmiah berhubungan dengan dapat memberikan sumbangsih
atau bahan referensi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang ilmu
ekonomi tentang wirausaha, sedangkan implikasi praktis
berupa bahan
pertimbangan dalam membuat keputusan tentang meningkatkan penjualan secara
online di Annurshopbone Jl. Hos Cokroaminoto Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone.
Ketersediaan
| SFEBI20210078 | 78/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
78/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
