Penerapan Prinsip Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Mengembangkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Negeri 5 Lappariaja
Desi Nirmala Sari/02.14.3112 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai upaya mempraktekkan teori dan metode
untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis serta konseptual para tenaga
pendidik dan kependidikan sebagai tenaga professional yang bertugas
merencanakan dan melaksanakan proses pendidikan. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan prinsip manajemen sumber
daya manusia dalam mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan di SMP
Negeri 5 Lappariaja.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara
lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa prinsip manajemen sumber
daya manusia dalam mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan di SMP
Negeri 5 Lappariaja yaitu:1).Penerapan prinsip produktifitas dalam
mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan sudah cukup baik dimana
dalam upaya meningkatkan kinerja dilakukan pengembangan pengetahuan, skill dan
pengembangan manajemen partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi sampai dengan tindak lanjut hasil evaluasi secara terencana dan terarah, 2).
Dalam penerapannya prinsip efektivitas dijadikan acuan dalam mengukur tingkat
keberhasilan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat diketahui apakah dalam
proses perencanaan dan pelaksanaanya telah tercapai seperti yang telah ditentukan
sebelumnya, 3). Prinsip disiplin sangat dibutuhkan dalam pekerjaan apapun untuk
mencapai hasil yang memuaskan, sebab jika seorang pegawai memiliki tingkat
disiplin yang tinggi maka dia akan datang sebelum waktu kerja dimulai, dan bekerja
sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan sehingga tidak mengulur-ngulur waktu
dan kemungkinan tidak akan terjadi pemborosan dalam bentuk apa pun,
4).Penerapan prinsip wewenang dan tanggungjawab sangatlah berpengaruh dalam
pelaksanaan tugas dari masing-masing elemen yang ada dalam sebuah organisasi
karena wewenang yang dimiliki oleh seseorang mampu digunakan untuk memberi
perintah kepada orang lain, sehingga senantiasa harus di ikuti oleh tanggungjawab
yang tinggi dari mereka yang memiliki wewenang, 5). Dalam upaya pengembangan
tenaga pendidik dan kependidikan telah dilakukan banyak hal seperti pelatihan,
diklat, dan workshop dalam upaya meningkatkan kompetensi professional tenaga
pendidik dan kependidikan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di SMP
Negeri 5 Lappariaja dengan judul penelitian Penerapan Prinsip Manajemen
Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Tenaga Pendidik dan
Kependidikan., maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip produktifitas dalam mengembangkan tenaga pendidik dan
kependidikan sudah cukup baik dimana dalam upaya meningkatkan kinerja
dilakukan pengembangan pengetahuan, skill dan pengembangan manajemen
partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai dengan tindak
lanjut hasil evaluasi secara terencana dan terarah.
2. Dalam penerapannya prinsip efektivitas dapat dijadikan acuan dalam mengukur
tingkat keberhasilan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat diketahui
bahwa dalam proses perencanaan dan pelaksanaanya berjalan dengan baik,
sehingga tujuan atau sasaran dapat tercapai seperti yang telah ditentukan
sebelumnya.
3. Prinsip disiplin sangat dibutuhkan dalam pekerjaan apapun untuk mencapai
hasil yang memuaskan, sebab jika seorang pegawai memiliki tingkat disiplin
yang tinggi maka dia akan datang sebelum waktu kerja dimulai, dan bekerja
sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan sehingga tidak mengulur-ngulur
waktu dan kemungkinan tidak akan terjadi pemborosan dalam bentuk apa pun.
4. Penerapan prinsip wewenang dan tanggungjawab sangatlah berpengaruh dalam
pelaksanaan tugas dari masing-masing elemen yang ada dalam sebuah
organisasi karena wewenang yang dimiliki oleh seseorang mampu digunakan
untuk memberi perintah kepada orang lain, sehingga senantiasa harus di ikuti
oleh tanggungjawab yang tinggi dari mereka yang memiliki wewenang,
5. Dalam upaya pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan telah dilakukan
banyak hal seperti pelatihan, diklat, dan workshop dalam upaya meningkatkan
kompetensi professional tenaga pendidik dan kependidikan dalam
melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.
B. Implikasi
Implikasi yang penulis berikan, sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan seluruh personil sekolah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik sehingga dapat
membantuh sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan
efisien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerja sama yang baik
antara pimpinang dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pembaharuan atau pun inovasi secara
terus-menerus sehingga tidak mengalami ketertinggalan maupun
keterbelakangan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta
mampu untuk selalu memiliki daya saing yang tinggi.
untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis serta konseptual para tenaga
pendidik dan kependidikan sebagai tenaga professional yang bertugas
merencanakan dan melaksanakan proses pendidikan. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan prinsip manajemen sumber
daya manusia dalam mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan di SMP
Negeri 5 Lappariaja.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara
lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa prinsip manajemen sumber
daya manusia dalam mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan di SMP
Negeri 5 Lappariaja yaitu:1).Penerapan prinsip produktifitas dalam
mengembangkan tenaga pendidik dan kependidikan sudah cukup baik dimana
dalam upaya meningkatkan kinerja dilakukan pengembangan pengetahuan, skill dan
pengembangan manajemen partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi sampai dengan tindak lanjut hasil evaluasi secara terencana dan terarah, 2).
Dalam penerapannya prinsip efektivitas dijadikan acuan dalam mengukur tingkat
keberhasilan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat diketahui apakah dalam
proses perencanaan dan pelaksanaanya telah tercapai seperti yang telah ditentukan
sebelumnya, 3). Prinsip disiplin sangat dibutuhkan dalam pekerjaan apapun untuk
mencapai hasil yang memuaskan, sebab jika seorang pegawai memiliki tingkat
disiplin yang tinggi maka dia akan datang sebelum waktu kerja dimulai, dan bekerja
sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan sehingga tidak mengulur-ngulur waktu
dan kemungkinan tidak akan terjadi pemborosan dalam bentuk apa pun,
4).Penerapan prinsip wewenang dan tanggungjawab sangatlah berpengaruh dalam
pelaksanaan tugas dari masing-masing elemen yang ada dalam sebuah organisasi
karena wewenang yang dimiliki oleh seseorang mampu digunakan untuk memberi
perintah kepada orang lain, sehingga senantiasa harus di ikuti oleh tanggungjawab
yang tinggi dari mereka yang memiliki wewenang, 5). Dalam upaya pengembangan
tenaga pendidik dan kependidikan telah dilakukan banyak hal seperti pelatihan,
diklat, dan workshop dalam upaya meningkatkan kompetensi professional tenaga
pendidik dan kependidikan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di SMP
Negeri 5 Lappariaja dengan judul penelitian Penerapan Prinsip Manajemen
Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Tenaga Pendidik dan
Kependidikan., maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip produktifitas dalam mengembangkan tenaga pendidik dan
kependidikan sudah cukup baik dimana dalam upaya meningkatkan kinerja
dilakukan pengembangan pengetahuan, skill dan pengembangan manajemen
partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai dengan tindak
lanjut hasil evaluasi secara terencana dan terarah.
2. Dalam penerapannya prinsip efektivitas dapat dijadikan acuan dalam mengukur
tingkat keberhasilan dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat diketahui
bahwa dalam proses perencanaan dan pelaksanaanya berjalan dengan baik,
sehingga tujuan atau sasaran dapat tercapai seperti yang telah ditentukan
sebelumnya.
3. Prinsip disiplin sangat dibutuhkan dalam pekerjaan apapun untuk mencapai
hasil yang memuaskan, sebab jika seorang pegawai memiliki tingkat disiplin
yang tinggi maka dia akan datang sebelum waktu kerja dimulai, dan bekerja
sesuai jadwal waktu yang telah ditentukan sehingga tidak mengulur-ngulur
waktu dan kemungkinan tidak akan terjadi pemborosan dalam bentuk apa pun.
4. Penerapan prinsip wewenang dan tanggungjawab sangatlah berpengaruh dalam
pelaksanaan tugas dari masing-masing elemen yang ada dalam sebuah
organisasi karena wewenang yang dimiliki oleh seseorang mampu digunakan
untuk memberi perintah kepada orang lain, sehingga senantiasa harus di ikuti
oleh tanggungjawab yang tinggi dari mereka yang memiliki wewenang,
5. Dalam upaya pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan telah dilakukan
banyak hal seperti pelatihan, diklat, dan workshop dalam upaya meningkatkan
kompetensi professional tenaga pendidik dan kependidikan dalam
melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.
B. Implikasi
Implikasi yang penulis berikan, sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan seluruh personil sekolah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik sehingga dapat
membantuh sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan
efisien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerja sama yang baik
antara pimpinang dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pembaharuan atau pun inovasi secara
terus-menerus sehingga tidak mengalami ketertinggalan maupun
keterbelakangan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta
mampu untuk selalu memiliki daya saing yang tinggi.
Ketersediaan
| ST20180157 | 157/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
157/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
