Urgensi Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 26 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Kepuasan Kerja dalam
Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 26 Bone”, Hal yang dikaji pada
penelitian ini, Kontribusi Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA
Negeri 26 Bone.
Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif yang menggunakan metode Field
Research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing variabel yang diukur
kualitatif. Data dari hasil wawancara, observasi dan dokumen dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Bentuk-bentuk kepuasan kerja
guru di SMA Negeri 26 Bone yaitu dengan selalu mensyukuri dan ikhlas dalam
melaksanakan pekerjaan sehingga hal tersebut sudah mampu mewujudkan rasa
ketentraman guru dalam bekerja, sering mengadakan pertemuan apabila terdapat
masalah sehingga hubungan para dewan guru selalu terjalin serta saling memahami
satu sama lain sehingga mewujudkan hubungan interaksi sosial terhadap seluruh
stekholder yang ada begitu pula dari pengaturan waktu yang digunakan tetap
mengikuti aturan sekolah yang ada, serta perlengkapan dan keadaan ruangan yang
digunakan sudah dapat dikatakan memadai begitupun dari tunjangan yang didapatkan
sudah lebih dari kata cukup sehingga dapat dikatakan bentuk kepuasan yang
dirasakan oleh setiap guru yang mengajar di sekolah tersebut sudah terpenuhi secara
menyeluruh. Kedua, Kinerja guru di SMA Negeri 26 Bone sebagaimana yang
dirasakan oleh guru yang mengajar tidak terlepas dari kenyamanan atau ketentraman
di lingkungan kerja, komunikasi yang terbangun kepada seluruh stackholder,
pengaturan, perlengkapan dan keadaan ruangan yang sudah memadai serta
terpenuhinya kesejahteraan dan tunjangan sehingga dapat melaksanakan,
menyelesaikan tugas dan tangggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang
ditetapkan dan tercapainya kinerja guru yang berkualitas menandakan adanya
kepuasan kerja pada diri guru yang bersangkutan. Kinerja guru di SMA Negeri 26
Bone dengan melihat hasil kerja begitu pula perilaku dalam bekerja seperti dalam
memahami peserta didik, melaksanakan pembelajaran, penguasaan materi,
mengakaitkan topik yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari, mampu menjadi
teladan yang baik serta mampu berkomunikasi dengan baik kepada semua pihak,
sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi keempat kompetensi-kompetensi yang
dipersyaratkan untuk dipenuhi. Ketiga, Kontribusi Kepuasan Kerja terhadap Kinerja
Guru di SMA Negeri 26 Bone.
Bahwa Kepuasan kerja telah berkontribusi terhadap kinerja guru di SMA Negeri 26
Bone. Dapat dilihat dari variabel kepuasan kerja, diantaranya dalam mewujudkan rasa
ketentraman dalam bekerja yaitudisiplin akan waktu, tidak menunda-nunda pekerjaan
dan selalu mensyukuri dan ikhlas apa yang dikerja sesuai aturan yang ada, menjalin
komunikasi yang baik antar guru yaitu dengan menggunakan bahasa yang lemah
lembut, selalu tersenyum dan sering bercanda serta menghargai pendapat begitupun
masukan dalam penyelesaian pekerjaan, pengelolaan ruang kerja yang digunakan saat
bekerja sudah masuk dalam kategori baik karena sarana dan prasarana di sekolah
sudah cukup memadai sesuai dengan kebutuhan kerja, komunkasi yang tercipta antar
sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua siswa sudah berjalan dengan baik,
begitupun juga dengan masyarakat sekitar melalui komite sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Bentuk-bentuk kepuasan kerja guru di SMA Negeri 26 Bone yaitu dengan
selalu mensyukuri dan ikhlas dalam melaksanakan pekerjaan sehingga hal
tersebut sudah mampu mewujudkan rasa ketentraman guru dalam bekerja,
serta perlengkapan dan keadaan ruangan yang digunakan sudah dapat
dikatakan memadai begitupun dari tunjangan yang didapatkan sudah lebih
dari kata cukup sehingga dapat dikatakan bentuk kepuasan yang dirasakan
oleh setiap guru yang mengajar di sekolah tersebut sudah terpenuhi secara
menyeluruh.
2. Kinerja guru di SMA Negeri 26 Bone sebagaimana yang dirasakan oleh guru
yang mengajar tidak terlepas dari kenyamanan atau ketentraman di
lingkungan kerja, komunikasi yang terbangun kepada seluruh stackholder,
pengaturan, perlengkapan dan keadaan ruangan yang sudah memadai serta
terpenuhinya kesejahteraan dan tunjangan sehingga dapat melaksanakan,
menyelesaikan tugas dan tangggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan
yang ditetapkan dan tercapainya kinerja guru yang berkualitas menandakan
adanya kepuasan kerja pada diri guru yang bersangkutan. Kinerja guru di
SMA Negeri 26 Bone dengan melihat hasil kerja begitupula perilaku dalam
bekerja seperti dalam memahami peserta didik, melaksanakan pembelajaran,
penguasaan materi, mengakitkan topik yang diajarkan dengan kehidupan
sehari-hari, mampu menjadi teladan yang baik serta mampu berkomunikasi
dengan baik kepada semua pihak, sehingga dapat dikatakan sudah memenuhi
keempat kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan untuk dipenuhi.
3. Kontribusi Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 26 Bone
Bahwa Kepuasan kerja telah berkontribusi terhadap kinerja guru di SMA
Negeri 26 Bone. Dapat dilihat dari variabel kepuasan kerja, diantaranya dalam
mewujudkan rasa ketentraman dalam bekerja yaitudisiplin akan waktu, tidak
menunda-nunda pekerjaan dan selalu mensyukuri dan ikhlas apa yang dikerja
sesuai aturan yang ada, menjalin komunikasi yang baik antar guru yaitu
dengan menggunakan bahasa yang lemah lembut, selalu tersenyum dan sering
bercanda serta menghargai pendapat begitupun masukan dalam penyelesaian
pekerjaan, pengelolaan ruang kerja yang digunakan saat bekerja sudah masuk
dalam kategori baik karena sarana dan prasarana di sekolah sudah cukup
memadai sesuai dengan kebutuhan kerja, komunkasi yang tercipta antar
sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua siswa sudah berjalan dengan baik,
begitupun juga dengan masyarakat sekitar melalui komite sekolah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. agar lebih memaksimalkan kepuasan kerja guru di SMAN 26 Bone, agar
dapat meningkatkan kualitas guru mengajar.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak melalui kepuasan kerja yang di terima oleh guru
Ketersediaan
ST20180153153/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

153/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top