Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Bone
Musdalifah / 02.14.1017 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone dan kontribusi penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone. Untuk memudahkan pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field research). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lokasi bahwa Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone: dapat melatih kemampuan berpikir siswa secara ilmiah, kritis dan sistematis untuk membahas dan memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi. Metode diskusi dapat menanamkan dan mengembangkan keberanian dalam diri setiap siswa agar mampu mengemukakan dan mengekspresikan pendapatnya secara bebas dan terbuka dengan percaya diri serta menjadikan siswa pribadi yang komunikatif dan interaktif. Adapun konstribusi penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa di MTsN 1 Bone: bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini terlihat dari adanya interaksi yang edukatif antara guru dengan siswa dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Dalam proses diskusi terjadi pertukaran pendapat dan pengalaman serta informasi untuk memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi sehingga siswa termotivasi untuk berpikir secara kritis dan logis yang menjadikan pusat perhatian siswa hanya tertuju pada topik permasalahan diskusi.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone
dapat melatih kemampuan berpikir siswa secara ilmiah, kritis dan sistematis
untuk membahas dan memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi.
Metode diskusi dapat menanamkan dan mengembangkan keberanian dalam diri
setiap siswa agar mampu mengemukakan dan mengekspresikan pendapatnya
secara bebas dan terbuka dengan percaya diri serta menjadikan siswa pribadi
yang komunikatif dan interaktif.
2. Kontribusi penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa di
MTsN 1 Bone bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan
siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran akidah akhlak.
Hal itu dapat dilihat dari adanya interaksi yang edukatif antara guru dengan
siswa dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Dalam proses
diskusi terjadi pertukaran pendapat dan pengalaman serta informasi untuk
memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi sehingga siswa termotivasi
untuk berpikir secara kritis dan logis yang menjadikan pusat perhatian siswa
hanya tertuju pada topik permasalahan diskusi.
B. Implikasi
Terlepas dari fakta-fakta yang telah terungkap di atas, perlu adanya penulis
member saran semata-mata sebagai masukan untuk para peserta didik kelas IX
MTsN 1 Bone. Ini semua penulis lakukan bukan berarti ingin memberikan nasihat
bagi para pengajar, akan tetapi sebagai wujud kecintaan dan perhatian penulis
terhadap pentingnya ilmu pengetahuan.
Untuk para peserta didik kelas IX MTsN 1 Bone hendaknya lebih aktif dan
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas terutama pada mata pelajaran
akidah akhlak dengan penggunaan metode diskusi. Metode diskusi merupakan salah
satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berpartisipasi langsung dalam kegiatan pembelajaran karena dalam proses diskusi
siswa dihadapkan pada masalah-masalah yang akan dibahas secara bersama.
Kepada guru diharapkan meningkatkan mutu dan profesionalitasnya dalam
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi terutama dalam
mata pelajaran akidah akhlak agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Bone
dapat melatih kemampuan berpikir siswa secara ilmiah, kritis dan sistematis
untuk membahas dan memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi.
Metode diskusi dapat menanamkan dan mengembangkan keberanian dalam diri
setiap siswa agar mampu mengemukakan dan mengekspresikan pendapatnya
secara bebas dan terbuka dengan percaya diri serta menjadikan siswa pribadi
yang komunikatif dan interaktif.
2. Kontribusi penerapan metode diskusi dalam meningkatkan keaktifan siswa di
MTsN 1 Bone bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan
siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran akidah akhlak.
Hal itu dapat dilihat dari adanya interaksi yang edukatif antara guru dengan
siswa dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Dalam proses
diskusi terjadi pertukaran pendapat dan pengalaman serta informasi untuk
memecahkan masalah yang menjadi topik diskusi sehingga siswa termotivasi
untuk berpikir secara kritis dan logis yang menjadikan pusat perhatian siswa
hanya tertuju pada topik permasalahan diskusi.
B. Implikasi
Terlepas dari fakta-fakta yang telah terungkap di atas, perlu adanya penulis
member saran semata-mata sebagai masukan untuk para peserta didik kelas IX
MTsN 1 Bone. Ini semua penulis lakukan bukan berarti ingin memberikan nasihat
bagi para pengajar, akan tetapi sebagai wujud kecintaan dan perhatian penulis
terhadap pentingnya ilmu pengetahuan.
Untuk para peserta didik kelas IX MTsN 1 Bone hendaknya lebih aktif dan
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas terutama pada mata pelajaran
akidah akhlak dengan penggunaan metode diskusi. Metode diskusi merupakan salah
satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berpartisipasi langsung dalam kegiatan pembelajaran karena dalam proses diskusi
siswa dihadapkan pada masalah-masalah yang akan dibahas secara bersama.
Kepada guru diharapkan meningkatkan mutu dan profesionalitasnya dalam
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi terutama dalam
mata pelajaran akidah akhlak agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20180149 | 149/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
149/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
