Peranan Manajemen Kesiswaan dalam Mengembangkan Potensi Diri Siswa di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
Nasruddin/02.14.3012 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peranan Manajemen Kesiswaan dalam
Mengembangkan Potensi Diri Siswa di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen
kesiswaan, pengembangan potensi diri siswa dan peranan manajemen kesiswaan
dalam mengembangkan potensi diri siswa di MTs. Al-Faaizun Watang Palakka Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui deskriptif kualitatif (Qualitatif Research)
dimana dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan
peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, menemukan bahwa peranan
manajemen kesiswaan di MTs Al-Faaizun Watang Palakka sudah sangat baik karena
terlaksana dengan tujuan untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan
agar kegiatan pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan
teratur sehingga tujuan pendidikan madrasah dapat tercapai dan pengembangan
potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, pihak madrasah sangat
berperang dalam pengembangan potensi diri tersebut agar mengeluarkan peserta didik
yang berkompetensi dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara. MTs Al-
Faaizun Watang Palakka mengenai peranan manajemen kesiswaan dalam
mengembangkan potensi siswa bahwa sekolah tersebut telah melakukan pengaturan
terhadap berbagai kegiatan kesiswaan yang memiliki dampak dalam mengembangkan
potensi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan kepramukaan
yang dapat menunjang potensi diri siswa maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Terkait indikator dari dimensi peranan manajemen kesiswaan di MTs. Al-
Faaizun Watang Palakka yaitu manajemen kesiswaan di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka sudah sangat baik karena terlaksana dengan tujuan untuk
mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan
pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan teratur
sehingga tujuan pendidikan madrasah dapat tercapai.
2. Terkait bagaimana mengembangkan potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun yaitu
dari pemaparan pengembangan potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka ada 5 potensi yang harus dikembangkan siswa yaitu potensi fisik,
potensi mental intelektual, potensi sosial, potensi mental spiritual, dan potensi
daya juang kelima potensi diri siswa ini pihak madrasah sangat berperang
dalam pengembangan potensi diri tersebut agar mengeluarkan peserta didik
yang berkompetensi dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.
3. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi peneliti di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka mengenai peranan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan
potensi siswa bahwa sekolah tersebut telah melakukan pengaturan terhadap
berbagai kegiatan kesiswaan yang memiliki dampak dalam mengembangkan
potensi peserta didik melalui kegiatan intra Sekolah maupun ekstrakurikuler.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan manajemen kesiswaan
dalam mengembangkan potensi diri siswa di MTs Al Faaizun Watang Palakka,
maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah dan wakamad kesiswaan dalam hal ini, diharapkan
lebih intensif dalam melaksanakn perannya dalam meningkatkan manajemen
kesiswaan sehingga visi, misi, dan tujuan sekolah bisa tercapai dengan baik.
2. Pihak Madrasah untuk tetap melaksanakan program kegiatan intra maupun
ekstrakurikuler bagi peserta didik guna memngembangkan potensi diri peserta
didik melalui tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan serta melengkapi
kekurangan yang ada.
3. Hendaknya para peserta didik yang ada di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
harus tetap bersemangat dalam mengasah bakat, minat dan potensinya baik
kegiatan in sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
4. Temuang baru dalam penelitian ini yang ada di MTs Al-Faaizun adanya
Juma’at beramal (jumber) yang dilakukan oleh siswa-siswi MTs Al-Faaizun
Setiap hari jumat melakukan pengumpulan uang dengan cara seikhlasikhlasnya.
Mengembangkan Potensi Diri Siswa di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen
kesiswaan, pengembangan potensi diri siswa dan peranan manajemen kesiswaan
dalam mengembangkan potensi diri siswa di MTs. Al-Faaizun Watang Palakka Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui deskriptif kualitatif (Qualitatif Research)
dimana dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan
peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, menemukan bahwa peranan
manajemen kesiswaan di MTs Al-Faaizun Watang Palakka sudah sangat baik karena
terlaksana dengan tujuan untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan
agar kegiatan pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan
teratur sehingga tujuan pendidikan madrasah dapat tercapai dan pengembangan
potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun Watang Palakka, pihak madrasah sangat
berperang dalam pengembangan potensi diri tersebut agar mengeluarkan peserta didik
yang berkompetensi dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara. MTs Al-
Faaizun Watang Palakka mengenai peranan manajemen kesiswaan dalam
mengembangkan potensi siswa bahwa sekolah tersebut telah melakukan pengaturan
terhadap berbagai kegiatan kesiswaan yang memiliki dampak dalam mengembangkan
potensi peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan kepramukaan
yang dapat menunjang potensi diri siswa maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Terkait indikator dari dimensi peranan manajemen kesiswaan di MTs. Al-
Faaizun Watang Palakka yaitu manajemen kesiswaan di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka sudah sangat baik karena terlaksana dengan tujuan untuk
mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan
pembelajaran di madrasah dapat berjalan dengan lancar, tertib dan teratur
sehingga tujuan pendidikan madrasah dapat tercapai.
2. Terkait bagaimana mengembangkan potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun yaitu
dari pemaparan pengembangan potensi diri siswa di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka ada 5 potensi yang harus dikembangkan siswa yaitu potensi fisik,
potensi mental intelektual, potensi sosial, potensi mental spiritual, dan potensi
daya juang kelima potensi diri siswa ini pihak madrasah sangat berperang
dalam pengembangan potensi diri tersebut agar mengeluarkan peserta didik
yang berkompetensi dan bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.
3. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi peneliti di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka mengenai peranan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan
potensi siswa bahwa sekolah tersebut telah melakukan pengaturan terhadap
berbagai kegiatan kesiswaan yang memiliki dampak dalam mengembangkan
potensi peserta didik melalui kegiatan intra Sekolah maupun ekstrakurikuler.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peranan manajemen kesiswaan
dalam mengembangkan potensi diri siswa di MTs Al Faaizun Watang Palakka,
maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah dan wakamad kesiswaan dalam hal ini, diharapkan
lebih intensif dalam melaksanakn perannya dalam meningkatkan manajemen
kesiswaan sehingga visi, misi, dan tujuan sekolah bisa tercapai dengan baik.
2. Pihak Madrasah untuk tetap melaksanakan program kegiatan intra maupun
ekstrakurikuler bagi peserta didik guna memngembangkan potensi diri peserta
didik melalui tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan serta melengkapi
kekurangan yang ada.
3. Hendaknya para peserta didik yang ada di MTs Al-Faaizun Watang Palakka
harus tetap bersemangat dalam mengasah bakat, minat dan potensinya baik
kegiatan in sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
4. Temuang baru dalam penelitian ini yang ada di MTs Al-Faaizun adanya
Juma’at beramal (jumber) yang dilakukan oleh siswa-siswi MTs Al-Faaizun
Setiap hari jumat melakukan pengumpulan uang dengan cara seikhlasikhlasnya.
Ketersediaan
| ST20180147 | 147/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
147/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
