Pengaruh Premi Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Kerugian (Studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone)
Idham Abdullah/01.16.5001 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap kepuasan
nasabah asuransi kerugian PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Field
Research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuisioner dan data sekunder yang telah diolah seperti data-data
nasabah, table-tabel dan yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah yang telah mengambil klaim yang di data oleh pihak PT. Jasa Raharja
sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel
dengan syarat populasi yang ada kurang dari 100 orang,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
Premi (X) terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi sederhana menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji t
variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai thitung = 5,481 lebih besar dari
nilai ttabel = 2,024. Artinya variabel Premi (X) berpengaruh signifikan terhadap
variabel Kepuasan Nasabah (Y). hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar
0,442 yang menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh Premi terhadap
Kepuasan Nasabah sebesar 44,2%, sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi variabel
lain yang tidak dimasukkan di variabel ini.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap
kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil statisk uji t parsial variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai
thitung = 5,481 lebih besar dari nilai ttabel = 2,024, dengan probabilitas sebesar
0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa Premi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan indikator
Tabel Mortalitas dalam premi terhadap kepuasan nasabah, pada jangka waktu
pembayaran premi atau uang kontribusi sesuai dengan kemampuan nasabah
yakni sekali setahun dan jumlah tanggungan/klaim sangat memuaskan karena
tingkat kerugian yang diterima disesuaikan dengan jumlah klaim yang
diberikan.
2. Berdasarkan hasil perhitungan yang menghitung besarnya kontribusi atau
besarnya pengaruh yang diberikan dengan menghitung nilai R Square dan
dikalikan 100%. Nilai R Square sebesar 0,442 dikalikan 100% hasilnya 44,2%.
Maka dapat disimpulkan variabel Premi hanya memberikan kontribusi sebesar
44,2% terhadap Kepuasan Nasabah, yang artinya ada pengaruh variabel Premi
terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan 55,8% sisanya ditentukan oleh
faktor/variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini seperti
klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau variabel lainnya yang
berhubungan dengan penelitian ini.
B. Implikasi Penelitian
Berikut ini akan diberikan beberapa saran agar menjadi perhatian mengenai
pengaruh premi terhadap kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja
Kabupaten Bone).
1. Bagi pihak PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone hendaknya meningkatkan kinerja
Yang harus ditingkatkan yakni kinerjanya yang lebih intensif dan memberikan
pilihan-pilihan produk yang dapat membuat masyarakat tertarik.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan dating, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya sebatas
mengkaji pengaruh premi terhadap kepuasan nasabah, sehingga sangat
diharapkan peneliti selanjutnya mampu menganalisis variabel-variabel lainnya
seperti klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau varaibel lainnya yang
berhubungan, agar penelitian ini menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi
seluruh masyarakat maupun pemerintah.
nasabah asuransi kerugian PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Field
Research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuisioner dan data sekunder yang telah diolah seperti data-data
nasabah, table-tabel dan yang terkait dengan penelitian. Populasi dalam penelitian ini
adalah nasabah yang telah mengambil klaim yang di data oleh pihak PT. Jasa Raharja
sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
yaitu penentuan sampel yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel
dengan syarat populasi yang ada kurang dari 100 orang,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari
Premi (X) terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi sederhana menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil uji t
variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai thitung = 5,481 lebih besar dari
nilai ttabel = 2,024. Artinya variabel Premi (X) berpengaruh signifikan terhadap
variabel Kepuasan Nasabah (Y). hasil uji koefisien determinasi R Square sebesar
0,442 yang menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh Premi terhadap
Kepuasan Nasabah sebesar 44,2%, sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi variabel
lain yang tidak dimasukkan di variabel ini.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh premi terhadap
kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil statisk uji t parsial variabel Premi diperoleh hasil estimasi sebesar nilai
thitung = 5,481 lebih besar dari nilai ttabel = 2,024, dengan probabilitas sebesar
0,000 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penjelasan di atas dapat ditarik
kesimpulan bahwa Premi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan indikator
Tabel Mortalitas dalam premi terhadap kepuasan nasabah, pada jangka waktu
pembayaran premi atau uang kontribusi sesuai dengan kemampuan nasabah
yakni sekali setahun dan jumlah tanggungan/klaim sangat memuaskan karena
tingkat kerugian yang diterima disesuaikan dengan jumlah klaim yang
diberikan.
2. Berdasarkan hasil perhitungan yang menghitung besarnya kontribusi atau
besarnya pengaruh yang diberikan dengan menghitung nilai R Square dan
dikalikan 100%. Nilai R Square sebesar 0,442 dikalikan 100% hasilnya 44,2%.
Maka dapat disimpulkan variabel Premi hanya memberikan kontribusi sebesar
44,2% terhadap Kepuasan Nasabah, yang artinya ada pengaruh variabel Premi
terhadap Kepuasan Nasabah. Sedangkan 55,8% sisanya ditentukan oleh
faktor/variabel lain yang tidak dimasukkan dalam variabel penelitian ini seperti
klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau variabel lainnya yang
berhubungan dengan penelitian ini.
B. Implikasi Penelitian
Berikut ini akan diberikan beberapa saran agar menjadi perhatian mengenai
pengaruh premi terhadap kepuasan nasabah (studi pada PT. Jasa Raharja
Kabupaten Bone).
1. Bagi pihak PT. Jasa Raharja Kabupaten Bone hendaknya meningkatkan kinerja
Yang harus ditingkatkan yakni kinerjanya yang lebih intensif dan memberikan
pilihan-pilihan produk yang dapat membuat masyarakat tertarik.
2. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk dapat mengembangkan dan
menyempurnakan penelitian ini di masa yang akan dating, karena dalam
penelitian ini masih banyak hal dan indikator yang belum dikaji, hanya sebatas
mengkaji pengaruh premi terhadap kepuasan nasabah, sehingga sangat
diharapkan peneliti selanjutnya mampu menganalisis variabel-variabel lainnya
seperti klaim, kualitas pelayanan, kualitas karyawan atau varaibel lainnya yang
berhubungan, agar penelitian ini menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi
seluruh masyarakat maupun pemerintah.
Ketersediaan
| SFEBI20200096 | 96/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
96/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
