Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keunggulan Produk Customer Relationaship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Mega di Kab. Bone
NIgrawati/01.16.5221 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Customer
Relaationship Marketing Terhadap Keunggulan Produk Pada Bank Mega di Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini Karyawan
dan Nasabah Bank Mega dan pengambilan sampel berjumlah 100 Karyawan dan
Nasabah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan
teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas
Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis jalur menggunakan aplikasi SPSS Versi 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data analisis menggunakan uji normalitas, uji
korelasi, uji ragresi berganda, berdasarkan hasil penelitian dan pengelola data, pengaruh
kualitas pelayanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah. Dapat di ketahui
nilai F hitung (4.265) > Ftabel (57,213). Dengan demikian bahwa kualitas pelayanan dan
keunggulan produk secara bersama-sana berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kualitas pelayanan dan keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah hasil
pengujian variabel bebas keunggulan produk berpengaruh segnifikan terhadap kepuasan
nasabah, yang memiliki tingkat segnifikannya sebesar 0,001< 0,05.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dikemukakan pada
bab sebelumnya, maka dapat diberikan suatu kesimpulan.
Kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank Mega dapat
disimpulkan bahwa dari uji t signifikansi menunjukkan bahwa kualitas
layanan mempengaruhi kepuasan nasabah atau terdapat pengaruh yang positif
antara keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pelayanan
yang dilakukan oleh Bank Mega dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji t
signifikan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan
nasabah atau terdapat pengaruh kepuasan yang positif antara pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kualitas pelayanan merupakan faktor yang lebih berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah di bandingkankeunggulan produk. Dengan kata lain,
kualitan pelayanan sangan berperan penting dalam tercapainya tujuan Bank
Mega yaitu memuaskan nasabahnya.
B. Saran
Berdasrkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimplan yang telah
diperoleh, maka saran yang dapat diberikan yaitu:
Berdasarkaan hasil penelitian diketahui bahwa masih terdapat
beberapa responden yang memiliki tingkat kepuasan dalam kategori tidak
puas. Oleh larena itu, pihak manajemen Bank disarankan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan dengan caran memberikan produk yang lebih unggul.
Selain itu pihak Bank juga disarankan untuk meningkatkan kuaalitas layanan
dengan cara memberikan pelayanan dengan cepat dan ramah.
Meskipun telah diupayakan semaksimal mungkin, namun penelitian
ini masih banyak keterbatasan penelitian. Di perlukan kerjasama yang
bersikenambungan antara pihak institusi maupun masyrakat dengan Bank
Mega dalam upaya memeperkenalkan dan mendekatkan. Penelitian ini di
harapkan dalam meneliti produk maupun dalam pelayanan bagi peneliti dan
peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan topik sejenis.
Hendanyak memperluas penelitian sehinggan di peroleh informasi yang lebih
lengkap tentang tentang faktor-faktor yang mempengaaruhi kepuasan
nasabah.
Relaationship Marketing Terhadap Keunggulan Produk Pada Bank Mega di Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini Karyawan
dan Nasabah Bank Mega dan pengambilan sampel berjumlah 100 Karyawan dan
Nasabah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan
teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas
Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah analisis jalur menggunakan aplikasi SPSS Versi 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, data analisis menggunakan uji normalitas, uji
korelasi, uji ragresi berganda, berdasarkan hasil penelitian dan pengelola data, pengaruh
kualitas pelayanan dan keunggulan produk terhadap kepuasan nasabah. Dapat di ketahui
nilai F hitung (4.265) > Ftabel (57,213). Dengan demikian bahwa kualitas pelayanan dan
keunggulan produk secara bersama-sana berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kualitas pelayanan dan keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah hasil
pengujian variabel bebas keunggulan produk berpengaruh segnifikan terhadap kepuasan
nasabah, yang memiliki tingkat segnifikannya sebesar 0,001< 0,05.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dikemukakan pada
bab sebelumnya, maka dapat diberikan suatu kesimpulan.
Kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank Mega dapat
disimpulkan bahwa dari uji t signifikansi menunjukkan bahwa kualitas
layanan mempengaruhi kepuasan nasabah atau terdapat pengaruh yang positif
antara keunggulan produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pelayanan
yang dilakukan oleh Bank Mega dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji t
signifikan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan
nasabah atau terdapat pengaruh kepuasan yang positif antara pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Kualitas pelayanan merupakan faktor yang lebih berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah di bandingkankeunggulan produk. Dengan kata lain,
kualitan pelayanan sangan berperan penting dalam tercapainya tujuan Bank
Mega yaitu memuaskan nasabahnya.
B. Saran
Berdasrkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimplan yang telah
diperoleh, maka saran yang dapat diberikan yaitu:
Berdasarkaan hasil penelitian diketahui bahwa masih terdapat
beberapa responden yang memiliki tingkat kepuasan dalam kategori tidak
puas. Oleh larena itu, pihak manajemen Bank disarankan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan dengan caran memberikan produk yang lebih unggul.
Selain itu pihak Bank juga disarankan untuk meningkatkan kuaalitas layanan
dengan cara memberikan pelayanan dengan cepat dan ramah.
Meskipun telah diupayakan semaksimal mungkin, namun penelitian
ini masih banyak keterbatasan penelitian. Di perlukan kerjasama yang
bersikenambungan antara pihak institusi maupun masyrakat dengan Bank
Mega dalam upaya memeperkenalkan dan mendekatkan. Penelitian ini di
harapkan dalam meneliti produk maupun dalam pelayanan bagi peneliti dan
peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan topik sejenis.
Hendanyak memperluas penelitian sehinggan di peroleh informasi yang lebih
lengkap tentang tentang faktor-faktor yang mempengaaruhi kepuasan
nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI20200246 | 246/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
246/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
