Pengaruh Etika Pemasaran Islam Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Jasa Keuangan Syariah (Studi Kasus Bmt Asadiyah Sengkang)
A.Hasriani Amir/01.16.5230 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika pemasaran terhadap
keputusan nasabah terhadap penggunaan produk keuangan di BMT As’Adiyah
Sengkang. Objek dalam penelitian ini yaitu nasabah BMT As’Adiyah Sengkang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi dan kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis
statistic deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel etika
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah
dengan hasil t-hitung 2,909 > t-tabel 1,970 dan dengan tingkat signifikan 0,004 <
0,05. Adapun besar pengaruh etika pemasaran terhadap keputusan nasabah adalah
7,9% dan selebihnya dipengaruhi oleh factor lain.
A. Simpulan
“Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil beberapa
kesimpulan, yaitu::
Berdasarkan hasil uji t parsial antar variabel etika pemasaran yang diukur dengan
beberapa indikator variabel keputusan pelanggan diperoleh hasil t hitung 2,909 > t
tabel 1,970, dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05 yaitu etika pemasaran
mempengaruhi Keputusan nasabah BMT berpengaruh positif dan signifikan.
As'Adiyah Sengkang. Pengaruh etika pemasaran terhadap pengambilan keputusan
pelanggan sebesar 7,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya etika
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah BMT
As'Adiyah Sengkang.”
B. Implikasi
“Dalam penelitian ini peneliti dapat memberikan pencerahan sebagai
berikut: BMT As'Adiyah perlu memahami kebutuhan dan harapan nasabah serta
menerapkan inovasi etika dalam memasarkan produk jasa keuangan untuk
menciptakan kepuasan nasabah.”
C. Saran
“Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas, maka informasi yang
perlu disampaikan penelitian ini adalah sebagai berikut:”
1. Bagi BMT As'Adiyah Sengkang Kabupaten Wajo diharapkan dapat menjaga
dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam melakukan transaksi, serta
selalu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat menambahkan variabel selain variabel
yang dibahas dalam penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor lain yang
mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan produk jasa keuangan
syariah.
keputusan nasabah terhadap penggunaan produk keuangan di BMT As’Adiyah
Sengkang. Objek dalam penelitian ini yaitu nasabah BMT As’Adiyah Sengkang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi dan kuesioner. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis
statistic deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel etika
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah
dengan hasil t-hitung 2,909 > t-tabel 1,970 dan dengan tingkat signifikan 0,004 <
0,05. Adapun besar pengaruh etika pemasaran terhadap keputusan nasabah adalah
7,9% dan selebihnya dipengaruhi oleh factor lain.
A. Simpulan
“Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil beberapa
kesimpulan, yaitu::
Berdasarkan hasil uji t parsial antar variabel etika pemasaran yang diukur dengan
beberapa indikator variabel keputusan pelanggan diperoleh hasil t hitung 2,909 > t
tabel 1,970, dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05 yaitu etika pemasaran
mempengaruhi Keputusan nasabah BMT berpengaruh positif dan signifikan.
As'Adiyah Sengkang. Pengaruh etika pemasaran terhadap pengambilan keputusan
pelanggan sebesar 7,9%, dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya etika
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah BMT
As'Adiyah Sengkang.”
B. Implikasi
“Dalam penelitian ini peneliti dapat memberikan pencerahan sebagai
berikut: BMT As'Adiyah perlu memahami kebutuhan dan harapan nasabah serta
menerapkan inovasi etika dalam memasarkan produk jasa keuangan untuk
menciptakan kepuasan nasabah.”
C. Saran
“Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas, maka informasi yang
perlu disampaikan penelitian ini adalah sebagai berikut:”
1. Bagi BMT As'Adiyah Sengkang Kabupaten Wajo diharapkan dapat menjaga
dan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam melakukan transaksi, serta
selalu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat menambahkan variabel selain variabel
yang dibahas dalam penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor lain yang
mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan produk jasa keuangan
syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20210062 | 62/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
