Manajemen Pengembangan Budaya Membaca Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa Di SMP Negeri 1 Barebbo Kec. Barebbo Kab. Bone
Evi Munar/02.14.3037 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Manajemen Pengembangan Budaya
Membaca dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Barebbo
Kel. Apala Kec. Barebbo Kab.Bone”, Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni Budaya
membaca di SMP Negeri 1 Barebbo, Kontribusi manajemen Pengembangan budaya
membaca dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Barebbo.
Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif yang menggunakan metode Field
Research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing variabel yang diukur
kualitatif. Data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Budaya membaca di SMP
Negeri 1 Barebbo dengan menerapkan program budaya membaca yang
dikembangkan oleh USAID Prioritas. Sebagai tujuan penting untuk kesuksesan
pembelajaran di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, seperti kebiasaan membaca 15
menit sebelum jam mata pelajaran dimulai dengan menerapkan gerakan literasi
sekolah (GLS), menyediakan taman baca dan sudut baca guna memberikan
kebebasan kepada siswa dalam menentukan buku bacaan yang diinginkan sehingga
siswa akan terbiasa dalam membaca secara mandiri dan juga akan menambah
wawasan siswa juga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua, Kontribusi
budaya membaca terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Barebbo yaitu
sangat memberikan perubahan dari segi pemahaman siswa tentang pembelajaran yang
diterima dan memiliki korelasi terhadap prestasi belajar siswa. Minat baca siswa di
SMP Negeri 1 Barebbo sangat tinggi karena dapat memperluas wawasan dan
meningkatkan prestasi belajar siswa serta dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah
yang ada sehingga prestasi belajar siswa terlihat dari antusiasme siswa untuk
membiasakan diri membaca buku, sebagai pengembangan diri dan peningkatan
pembelajaran yang dapat memotivasi semangat belajar siswa agar pencapaian prestasi
siswa menjadi lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Budaya membaca di SMP Negeri 1 Barebbo dengan menerapkan program
budaya membaca dikembangkan oleh USAID Prioritas. Sebagai tujuan
penting untuk kesuksesan pembelajaran di sekolah dalam kehidupan seharihari,
seperti kebiasaan membaca 15 menit sebelum jam mata pelajaran
dimulai dengan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), menyediakan
taman baca dan sudut baca guna memberikan kebebasan kepada siswa dalam
menentukan buku bacaan yang diinginkan sehingga siswa akan terbiasa dalam
membaca secara mandiri dan juga akan menambah wawasan siswa juga akan
meningkatkan prestasi belajar siswa.
2. Kontribusi budaya membaca terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1
Barebbo yaitu sangat memberikan perubahan dari segi pemahaman siswa
tentang pembelajaran yang diterima dan memiliki korelasi terhadap prestasi
belajar siswa. Minat baca siswa di SMP Negeri 1 Barebbo sangat tinggi
karena dapat memperluas wawasan dan meningkatkan prestasi belajar siswa
serta dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah yang ada sehingga prestasi
belajar siswa terlihat dari antusiasme siswa untuk membiasakan diri membaca
buku, sebagai pengembangan diri dan peningkatan pembelajaran yang dapat
memotivasi semangat belajar siswa agar pencapaian prestasi siswa menjadi
lebih baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan budaya membaca yang diterapkan di SMP Negeri 1 Barebbo
dapat dimaksimalkan, agar tujuan dari penerapan budaya membaca dapat
tercapai sebagaimana mestinya.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak di sekolah agar budaya membaca yang diterapkan dalam
berjalan lebih baik serta pengelolaan perpustakaan dapat lebih ditingkatkan.
Membaca dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Barebbo
Kel. Apala Kec. Barebbo Kab.Bone”, Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni Budaya
membaca di SMP Negeri 1 Barebbo, Kontribusi manajemen Pengembangan budaya
membaca dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Barebbo.
Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif yang menggunakan metode Field
Research. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif,
yaitu mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing variabel yang diukur
kualitatif. Data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Budaya membaca di SMP
Negeri 1 Barebbo dengan menerapkan program budaya membaca yang
dikembangkan oleh USAID Prioritas. Sebagai tujuan penting untuk kesuksesan
pembelajaran di sekolah dalam kehidupan sehari-hari, seperti kebiasaan membaca 15
menit sebelum jam mata pelajaran dimulai dengan menerapkan gerakan literasi
sekolah (GLS), menyediakan taman baca dan sudut baca guna memberikan
kebebasan kepada siswa dalam menentukan buku bacaan yang diinginkan sehingga
siswa akan terbiasa dalam membaca secara mandiri dan juga akan menambah
wawasan siswa juga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua, Kontribusi
budaya membaca terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Barebbo yaitu
sangat memberikan perubahan dari segi pemahaman siswa tentang pembelajaran yang
diterima dan memiliki korelasi terhadap prestasi belajar siswa. Minat baca siswa di
SMP Negeri 1 Barebbo sangat tinggi karena dapat memperluas wawasan dan
meningkatkan prestasi belajar siswa serta dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah
yang ada sehingga prestasi belajar siswa terlihat dari antusiasme siswa untuk
membiasakan diri membaca buku, sebagai pengembangan diri dan peningkatan
pembelajaran yang dapat memotivasi semangat belajar siswa agar pencapaian prestasi
siswa menjadi lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Budaya membaca di SMP Negeri 1 Barebbo dengan menerapkan program
budaya membaca dikembangkan oleh USAID Prioritas. Sebagai tujuan
penting untuk kesuksesan pembelajaran di sekolah dalam kehidupan seharihari,
seperti kebiasaan membaca 15 menit sebelum jam mata pelajaran
dimulai dengan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), menyediakan
taman baca dan sudut baca guna memberikan kebebasan kepada siswa dalam
menentukan buku bacaan yang diinginkan sehingga siswa akan terbiasa dalam
membaca secara mandiri dan juga akan menambah wawasan siswa juga akan
meningkatkan prestasi belajar siswa.
2. Kontribusi budaya membaca terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1
Barebbo yaitu sangat memberikan perubahan dari segi pemahaman siswa
tentang pembelajaran yang diterima dan memiliki korelasi terhadap prestasi
belajar siswa. Minat baca siswa di SMP Negeri 1 Barebbo sangat tinggi
karena dapat memperluas wawasan dan meningkatkan prestasi belajar siswa
serta dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah yang ada sehingga prestasi
belajar siswa terlihat dari antusiasme siswa untuk membiasakan diri membaca
buku, sebagai pengembangan diri dan peningkatan pembelajaran yang dapat
memotivasi semangat belajar siswa agar pencapaian prestasi siswa menjadi
lebih baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan budaya membaca yang diterapkan di SMP Negeri 1 Barebbo
dapat dimaksimalkan, agar tujuan dari penerapan budaya membaca dapat
tercapai sebagaimana mestinya.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak di sekolah agar budaya membaca yang diterapkan dalam
berjalan lebih baik serta pengelolaan perpustakaan dapat lebih ditingkatkan.
Ketersediaan
| ST20180139 | 139/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
139/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
