Penerapan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Mengajar Guru (Studi di MTs Al-Mubarak Taccipi, Desa Pallawa Rukka, Kecamatan Ulaweng Kab. Bone)
Ridwan/02. 14. 3033 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “penerapan gaya kepemimpinan partisipatif
kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
penerapan gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan
motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif (qualitatif Research) dengan menggunakan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif
kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, Penerapan gaya
kepemimpinan partisipatif di MTs al-Mubarak Taccipi sudah berjalan dengan baik.
Hal ini dapat dibuktikan bahwa seluruh komponen sekolah bekerja sama dengan
baik, mulai dari kepala Madrasah, guru, maupun staf yang ada di MTs al-Mubarak
Taccipi. Kemudian, komunikasi antara kepala Madrasah dan bawahannya terjalin
dengan baik, Kepala Madrasah juga selalu memberikan motivasi dan arahan kepada
bawahannya, sehingga ketika ada masalah maka dilakukan musyawarah untuk
menyelesaikan masalah tersebut. Kedua, Motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebelum melakukan
proses pembelajaran, guru mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan pengajaran.
Kemudian sebelum memulai pelajaran, guru terlebih dahulu menguasai materi
pelajaran, kemudian dalam penyampaian materi guru menggunakan bermacammacam
metode, setelah proses pembelajaran guru memberikan penilaian kepada
siswa dari hasil yang kerja siswa. Ketiga, Kontribusi Penerapan gaya kepemimpinan
partisipatif dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi sudah cukup baik
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka penulis
dalam menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan gaya kepemimpinan partisipatif di MTs al-Mubarak Taccipi
sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa seluruh
komponen sekolah bekerja sama dengan baik, mulai dari kepala Madrasah,
guru, maupun staf yang ada di MTs al-Mubarak Taccipi. Kemudian,
komunikasi antara kepala Madrasah dan bawahannya terjalin dengan baik,
Kepala Madrasah juga selalu memberikan motivasi dan arahan kepada
bawahannya, sehingga ketika ada masalah maka dilakukan musyawarah
untuk menyelesaikan masalah tersebut.
2. Motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi sudah cukup baik.
Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebelum melakukan proses pembelajaran,
guru mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan pengajaran. Kemudian
sebelum memulai pelajaran, guru terlebih dahulu menguasai materi
pelajaran, kemudian dalam penyampaian materi guru menggunakan
bermacam-macam metode, setelah proses pembelajaran guru memberikan
penilaian kepada siswa dari hasil yang kerja siswa.
3. Kontribusi Penerapan gaya kepemimpinan partisipatif dalam
meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi sudah
cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa kepala Madrasah selalu
memotivasi serta memberikan arahan kepada bawahan maka mereka akan
merasa diperhatikan dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya
penerapan gaya kepemimpinan partisipatif di Madrasah, guru termotivasi
dan bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka Adapun
implikasinya sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala Madrasah untuk selalu mengikutsertakan
bawahan dalam setiap pengambilan keputusan.
2. Diharapkan kepada seluruh komponen sekolah untuk tetap menjalin
hubungan yang baik antara seluruh komponen sekolah, terus menjalin
komunikasi agar terjalin rasa ketentraman dan rasa tanggungjawab dalam
bekerja.
3. Diharapkan kepada guru untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya
sebagai pendidik, agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
memberikan motivasi dan arahan serta mengarahkan bakat dan minat
siswa-siswinya.
kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
penerapan gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan
motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif (qualitatif Research) dengan menggunakan
teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif
kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, Penerapan gaya
kepemimpinan partisipatif di MTs al-Mubarak Taccipi sudah berjalan dengan baik.
Hal ini dapat dibuktikan bahwa seluruh komponen sekolah bekerja sama dengan
baik, mulai dari kepala Madrasah, guru, maupun staf yang ada di MTs al-Mubarak
Taccipi. Kemudian, komunikasi antara kepala Madrasah dan bawahannya terjalin
dengan baik, Kepala Madrasah juga selalu memberikan motivasi dan arahan kepada
bawahannya, sehingga ketika ada masalah maka dilakukan musyawarah untuk
menyelesaikan masalah tersebut. Kedua, Motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebelum melakukan
proses pembelajaran, guru mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan pengajaran.
Kemudian sebelum memulai pelajaran, guru terlebih dahulu menguasai materi
pelajaran, kemudian dalam penyampaian materi guru menggunakan bermacammacam
metode, setelah proses pembelajaran guru memberikan penilaian kepada
siswa dari hasil yang kerja siswa. Ketiga, Kontribusi Penerapan gaya kepemimpinan
partisipatif dalam meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak
Taccipi sudah cukup baik
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka penulis
dalam menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan gaya kepemimpinan partisipatif di MTs al-Mubarak Taccipi
sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa seluruh
komponen sekolah bekerja sama dengan baik, mulai dari kepala Madrasah,
guru, maupun staf yang ada di MTs al-Mubarak Taccipi. Kemudian,
komunikasi antara kepala Madrasah dan bawahannya terjalin dengan baik,
Kepala Madrasah juga selalu memberikan motivasi dan arahan kepada
bawahannya, sehingga ketika ada masalah maka dilakukan musyawarah
untuk menyelesaikan masalah tersebut.
2. Motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi sudah cukup baik.
Hal ini dapat dibuktikan bahwa sebelum melakukan proses pembelajaran,
guru mempersiapkan terlebih dahulu perencanaan pengajaran. Kemudian
sebelum memulai pelajaran, guru terlebih dahulu menguasai materi
pelajaran, kemudian dalam penyampaian materi guru menggunakan
bermacam-macam metode, setelah proses pembelajaran guru memberikan
penilaian kepada siswa dari hasil yang kerja siswa.
3. Kontribusi Penerapan gaya kepemimpinan partisipatif dalam
meningkatkan motivasi mengajar guru di MTs al-Mubarak Taccipi sudah
cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan bahwa kepala Madrasah selalu
memotivasi serta memberikan arahan kepada bawahan maka mereka akan
merasa diperhatikan dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya
penerapan gaya kepemimpinan partisipatif di Madrasah, guru termotivasi
dan bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka Adapun
implikasinya sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala Madrasah untuk selalu mengikutsertakan
bawahan dalam setiap pengambilan keputusan.
2. Diharapkan kepada seluruh komponen sekolah untuk tetap menjalin
hubungan yang baik antara seluruh komponen sekolah, terus menjalin
komunikasi agar terjalin rasa ketentraman dan rasa tanggungjawab dalam
bekerja.
3. Diharapkan kepada guru untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya
sebagai pendidik, agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
memberikan motivasi dan arahan serta mengarahkan bakat dan minat
siswa-siswinya.
Ketersediaan
| ST20180236 | 136/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
136/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
