Penerapan Model Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kecematan Tanete Riattang Timur Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Mind Mapping
dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Nurul Ulum Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan dan untuk mengidentifikasi dampak penerapan
model pembelajaran Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur
Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berdaur ulang/siklus dengan menggunakan
teknik pengumpulan data antara lain mereduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pada model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil
belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone dengan beberapa tahapan disetiap siklusnya, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar IP S pada siswa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ulum Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
terdiri atas dua siklus yang setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Dari peningkatan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siklus I yaitu 52% berada pada kategori
cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 87%
berada pada kategori baik. Kegiatan mengajar guru dalam menerapkan langkahlangkah
model pembelajaran Mind Mapping dan meningkatkan kegiatan belajar siswa
dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya, dengan merepkan langkahlangkah
model pembelajara Mind Mapping sehingga hasil belajar siswa mengalami
peningkatan.
A. Kesimpulan
1. Eksistensi penerapan model pembelajaran Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada mata
pembelajaran IPS siklus I yang berada pada kategori cukup (C), dan pada siklus II hasil
belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik (B).
2. Dampak penerapan model penerapan Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa dalam
Pembelajaran IPS Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Kec. Tanete Riattang
Timur Kab. Bone. Mengalami peningkatan kegiatan belajar siswa dalam proses
pembelajaran dari setiap siklusnya.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang tekah diuraikan, ditemukan beberapa saran
sebagai berikut:
1. Siswa
Siswa diharapkan selalu aktif menunjukkan partisipasinya untuk mengikuti pembelajaran
dengan saling berintekasi dengan siswa lain selama proses pembelajaran.
2. Guru
Sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Seperti model
pembelajaran Mind Mapping pada mata pelaran IPS, model pembelajaran ini juga dapat
digunakan pada mata pelajaran lain.
3. Sekolah
Seiring perubahan dan perkembangan dunia, pendidikan sangat diperlukan dalam
mengikuti perubahan tersebut. Dunia pendidikan yang dari waktu ke waktu terus
mengalami peningkatan perlu diadakan inovasi pembelajaran seperti penggunaan model
Mind Mapping atau menggunakan model pembelajaran lainnya, pemanfaatan media
pembelajaran, serta pengoptimalan sarana dan pra sarana sekolah.
4. Peneliti
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi peneliti berikutnya dapat
menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran IPS ataupun dalam
mata pelajaran lainnya.
Ketersediaan
ST20180132132/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

132/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top