Problematika Kepala Madrasah dalam Mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone
Darniati/02.14.3113 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai problematika kepala madrasah dalam
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai problematika kepala madrasah dalam mengembangkan
MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yang meliputi problematika internal kepala
madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, problematika eksternal kepala
madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone dan Upaya kepala madrasah dalam
mengatasi problematika dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone .
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
Library Research (riset perpustakaan), field Research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
problematika kepala madrasah dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten
Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika kepala madrasah
dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone terdiri dari dua yaitu
problematika internal yang meliputi guru/pendidik seperti materi pelajaran yang sulit
sehingga tidak dapat diikuti anak atau tidak ada kesuaian antara pelajaran-pelajaran
yang ditetapkan dan bakat anak, prestasi siswa yang rendah sehingga anak didik
perlu diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam mengatasinya, sehingga tujuan dalam
pendidikan itu dapat terelisasi dengan baik, kurikulum yang diberlakukan oleh
pemerintah dan sesuai dengan ketentuannya. serta minimnya sarana dan prasarana.
Adapun problematika eksternal meliputi lingkungan masyarakat yang berpengaruh
terhadap perkembangan proses belajar serta lingkungan keluarga yang berpengaruh
pada tingkah laku dan pola pikir anak didik. Adapun upaya yang dilakukan kepala
madrasah dalam mengatasi problematika dalam mengembangkan madrasah tersebut
yaitu meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran, mendidik siswa
mendapatkan pendidikan yang layak, pengembangan kurikulum, memberikan
konstribusi secara maksimal, memberikan contoh yang baik kepada siswa serta
menghargai hasil yang dicapai anak.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap problematika kepala madrasah dalam
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Problematika internal kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone
terdiri dari 4 komponen. Yaitu guru/pendidik seperti materi pelajaran yang
sulit sehingga tidak dapat diikuti anak atau tidak ada kesuaian antara
pelajaran-pelajaran yang ditetapkan dan bakat anak, prestasi siswa yang
rendah sehingga anak didik perlu diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam
mengatasinya, sehingga tujuan dalam pendidikan itu dapat terelisasi dengan
baik, kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah dan sesuai dengan
ketentuannya. serta minimnya sarana dan prasarana.
2. Problematika eksternal kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone
yaitu berasal dari lingkungan masyarakat yang kurang agamis akan
menganggu perjalanan proses belajar mengajar dan lingkungan keluarga yang
mempunyai berbagai macam faktor yaitu, anak yang dibesarkan dalam
keluarga yang bermasalah, terlalu keras dalam mendidik anak, orang tua tidak
mendidik anak dengan kedisiplinan waktu, terlalu sibuk dengan pekerjaan
rumah.
3. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam mengatasi problematika dalam
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yaitu meningkatkan
profesionalisme guru dalam pembelajaran, mendidik siswa mendapatkan
pendidikan yang layak, mengembangkan kurikulum dan memberikan
konstribusi secara maksimal melalui adanya sarana dan prasarana. dengan
memberikan contoh yang baik kepada anak dan siswa sehingga dapat
meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran. dan menghargai
hasil yang dicapai anak. Berikan penghargaan yang sepantasnya atas prestasi
yang telah dicapai anak agar anak tersebut termotivasi dan lebih giat dalam
belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, diharapkan dapat
memberi motivasi kepada para pendidik untuk lebih mengoptimalkan dalam
pelaksanaan pembelajaran agar dapat mencetak siswa-siswi maupun lulusan alumni
MTs Al-Faizun yang memiliki akhlak mulia dan tercapainya visi, misi, dan tujuan
dan apa yang dicita-citakan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone.
2. Kepada para guru, agar lebih meningkatkan keprofesionalnya, sehingga dapat
melaksanakan tugasnya dengan optimal. Disamping guru yang professional
harus diimbangi dengan fasilitas yang lengkap agar proses belajar mengajar
lebih efektif dan efisien.
3. Kepada siswa-siswi di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, diharapkan dapat
meningkatkan prestasi belajarnya di bidang akademik mapun kepribadian,
menjunjung tinggi peraturan yang ada di madrasah agar dapat menjadi generasi
penerus yang memiliki intelektual tinggi dan juga menjadi insan yang berakhlak
mulia. Dengan cara membaca maka ilmu akan bertambah luas.
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai problematika kepala madrasah dalam mengembangkan
MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yang meliputi problematika internal kepala
madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, problematika eksternal kepala
madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone dan Upaya kepala madrasah dalam
mengatasi problematika dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone .
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
Library Research (riset perpustakaan), field Research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data yang diperoleh
diolah dengan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
problematika kepala madrasah dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten
Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika kepala madrasah
dalam mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone terdiri dari dua yaitu
problematika internal yang meliputi guru/pendidik seperti materi pelajaran yang sulit
sehingga tidak dapat diikuti anak atau tidak ada kesuaian antara pelajaran-pelajaran
yang ditetapkan dan bakat anak, prestasi siswa yang rendah sehingga anak didik
perlu diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam mengatasinya, sehingga tujuan dalam
pendidikan itu dapat terelisasi dengan baik, kurikulum yang diberlakukan oleh
pemerintah dan sesuai dengan ketentuannya. serta minimnya sarana dan prasarana.
Adapun problematika eksternal meliputi lingkungan masyarakat yang berpengaruh
terhadap perkembangan proses belajar serta lingkungan keluarga yang berpengaruh
pada tingkah laku dan pola pikir anak didik. Adapun upaya yang dilakukan kepala
madrasah dalam mengatasi problematika dalam mengembangkan madrasah tersebut
yaitu meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran, mendidik siswa
mendapatkan pendidikan yang layak, pengembangan kurikulum, memberikan
konstribusi secara maksimal, memberikan contoh yang baik kepada siswa serta
menghargai hasil yang dicapai anak.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap problematika kepala madrasah dalam
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Problematika internal kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone
terdiri dari 4 komponen. Yaitu guru/pendidik seperti materi pelajaran yang
sulit sehingga tidak dapat diikuti anak atau tidak ada kesuaian antara
pelajaran-pelajaran yang ditetapkan dan bakat anak, prestasi siswa yang
rendah sehingga anak didik perlu diperhatikan untuk ditindaklanjuti dalam
mengatasinya, sehingga tujuan dalam pendidikan itu dapat terelisasi dengan
baik, kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah dan sesuai dengan
ketentuannya. serta minimnya sarana dan prasarana.
2. Problematika eksternal kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone
yaitu berasal dari lingkungan masyarakat yang kurang agamis akan
menganggu perjalanan proses belajar mengajar dan lingkungan keluarga yang
mempunyai berbagai macam faktor yaitu, anak yang dibesarkan dalam
keluarga yang bermasalah, terlalu keras dalam mendidik anak, orang tua tidak
mendidik anak dengan kedisiplinan waktu, terlalu sibuk dengan pekerjaan
rumah.
3. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam mengatasi problematika dalam
mengembangkan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone yaitu meningkatkan
profesionalisme guru dalam pembelajaran, mendidik siswa mendapatkan
pendidikan yang layak, mengembangkan kurikulum dan memberikan
konstribusi secara maksimal melalui adanya sarana dan prasarana. dengan
memberikan contoh yang baik kepada anak dan siswa sehingga dapat
meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran. dan menghargai
hasil yang dicapai anak. Berikan penghargaan yang sepantasnya atas prestasi
yang telah dicapai anak agar anak tersebut termotivasi dan lebih giat dalam
belajar.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, diharapkan dapat
memberi motivasi kepada para pendidik untuk lebih mengoptimalkan dalam
pelaksanaan pembelajaran agar dapat mencetak siswa-siswi maupun lulusan alumni
MTs Al-Faizun yang memiliki akhlak mulia dan tercapainya visi, misi, dan tujuan
dan apa yang dicita-citakan MTs Al-Faizun Kabupaten Bone.
2. Kepada para guru, agar lebih meningkatkan keprofesionalnya, sehingga dapat
melaksanakan tugasnya dengan optimal. Disamping guru yang professional
harus diimbangi dengan fasilitas yang lengkap agar proses belajar mengajar
lebih efektif dan efisien.
3. Kepada siswa-siswi di MTs Al-Faizun Kabupaten Bone, diharapkan dapat
meningkatkan prestasi belajarnya di bidang akademik mapun kepribadian,
menjunjung tinggi peraturan yang ada di madrasah agar dapat menjadi generasi
penerus yang memiliki intelektual tinggi dan juga menjadi insan yang berakhlak
mulia. Dengan cara membaca maka ilmu akan bertambah luas.
Ketersediaan
| ST20180130 | 130/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
130/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
