Pengaruh Pemahaman Diferensiasi Produk Perbankan SyariahTerhadap Daya Tarik Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone)
Evi Suryani/01.16.5088 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman diferensiasi
produk terhadap daya tarik nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Bank Syariah Mandiri Cabang
Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang
diperoleh langsung dari nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Metode
pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada responden,
yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program
SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa
pemahaman diferensiasi produk memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap
daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai
sebesar 0,418 yang berarti besarnya pengaruh pemahaman diferensiasi produk
terhadap daya tarik nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone adalah sebesar
41,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,582 atau 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat
disimpulkan bahwa, pemahaman diferensiasi produk memiliki pengaruh
signifikan dan positif terhadap daya tarik nasabah. Hal ini berarti semakin
meningkat pemahaman diferensiasi produk maka semakin dapat meningkatkan
daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Bank Syariah Mandiri Cabang Bone diferensiasi produk perlu
dipertahankan dan dikembangkan agar dapat menciptakan daya tarik nasabah
untuk menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan
dari hasil penelitian bahwa hanya sebesar 41,8% diferensiasi produk dapat
mempengaruhi daya tarik nasabah dalam menggunakan produk Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone.
2. Bagi nasabah yang ingin menggunakan produk Bank Syariah Mandiri Cabang
Bone, sebelum memutuskan menjadi nasabah hendaknya mempertimbangkan
terlebih dahulu produk yang ditawarkan oleh pihak bank sehingga sesuai
dengan apa yang diharapkan oleh nasabah.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya dapat menambah variabel-variabel lain
yang mempengaruhi daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang
ditawarkan oleh bank syariah, selain variabel yang digunakan dalam
penelitian ini agar dapat terdefinisi dengan lebih sempurna
produk terhadap daya tarik nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Bank Syariah Mandiri Cabang
Bone. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang
diperoleh langsung dari nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone. Metode
pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada responden,
yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan program
SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana diketahui bahwa
pemahaman diferensiasi produk memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap
daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai
sebesar 0,418 yang berarti besarnya pengaruh pemahaman diferensiasi produk
terhadap daya tarik nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bone adalah sebesar
41,8%, sedangkan sisanya sebesar 0,582 atau 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas maka dapat
disimpulkan bahwa, pemahaman diferensiasi produk memiliki pengaruh
signifikan dan positif terhadap daya tarik nasabah. Hal ini berarti semakin
meningkat pemahaman diferensiasi produk maka semakin dapat meningkatkan
daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh Bank
Syariah Mandiri Cabang Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diuraikan di
atas, maka saran yang perlu disampaikan dalam penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Bank Syariah Mandiri Cabang Bone diferensiasi produk perlu
dipertahankan dan dikembangkan agar dapat menciptakan daya tarik nasabah
untuk menggunakan produk-produk yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan
dari hasil penelitian bahwa hanya sebesar 41,8% diferensiasi produk dapat
mempengaruhi daya tarik nasabah dalam menggunakan produk Bank Syariah
Mandiri Cabang Bone.
2. Bagi nasabah yang ingin menggunakan produk Bank Syariah Mandiri Cabang
Bone, sebelum memutuskan menjadi nasabah hendaknya mempertimbangkan
terlebih dahulu produk yang ditawarkan oleh pihak bank sehingga sesuai
dengan apa yang diharapkan oleh nasabah.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya dapat menambah variabel-variabel lain
yang mempengaruhi daya tarik nasabah untuk menggunakan produk yang
ditawarkan oleh bank syariah, selain variabel yang digunakan dalam
penelitian ini agar dapat terdefinisi dengan lebih sempurna
Ketersediaan
| SFEBI20200219 | 219/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
219/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
