Strategi Pemasaran Beras Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Pabrik Beras Putra Mandiri Di Desa Sumaling Kecamatan Mare kabupaten Bone)
A.Nurul Azizah/01.16.3115 - Personal Name
Beras merupakan bahan pangan pokok bagi lebih dari 95 persen penduduk Indonesia.
Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi
jutaan rumah tangga pertanian. Pabrik Beras Putra Mandiri merupakan lembaga usaha
yang bergerak dalam bidang produksi beras. Dalam skripsi ini penulis menguraikan
rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras yang dilakukan oleh
Pabrik Beras Putra Mandiri dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi Pemasaran Beras dalam
Meningkatkan Penjualan pada Pabrik Beras Putra Mandiri. Peneliti menggunakan
jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Field
research yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menghasilkan data tentang
strategi pemasaran yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari Pabrik Beras
Putra Mandiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan
melakukan wawancara dan observasi langsung pada pemilik Pabrik Beras Putra
Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli,
Pabrik Beras Putra Mandiri menerapkan beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi
produk dengan menawarkan 4 macam merek beras, b) strategi penetapan harga yang
ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, c) strategi tempat/distribusi dengan
melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah dan d) strategi promosi dengan
menggunakan media online yaitu melalui Facebook dan WhatsApp, dan media offline
yaitu brosur dan pamflet.
A. Kesimpulan
Dari temuan-temuan di atas sebagaimana peneliti paparkan, maka peneliti bisa
menarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Beras
Putra Mandiri yaitu a) strategi produk dengan menawarkan 4 macam merek beras,
b) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan,
c) strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu
wilayah dan d) strategi promosi dengan menggunakan media online yaitu melalui
Facebook dan WhatsApp, dan media offline yaitu brosur dan pamflet. Dengan
melakukan strategi tersebut memberi dampak positif terhadap peningkatan
penjualan, maksudnya perusahaan tersebut telah berhasil meningkatkan penjualan.
Terjadi efisiensi antara harga pembelian bahan baku dan penjualan beras pada
perusahaan tersebut, dan penjualan produk dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Mempertahankan dan meningkatkan mutu produk agar perusahaan tetap
mendapat kepercayaan konsumen.
2. Perlu adanya peningkatan dalam penerapan strategi pemasaran khususnya
dalam mempromosikan produk.
3. Memperluas jaringan distribusi secara langsung dan tidak langsung agar
penjualan semakin meningkat.
4. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan, maka
diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan
mengukur dari segi aspek yang berbeda dan metodologi yang berbeda.
Petani padi menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai sumber pendapatan bagi
jutaan rumah tangga pertanian. Pabrik Beras Putra Mandiri merupakan lembaga usaha
yang bergerak dalam bidang produksi beras. Dalam skripsi ini penulis menguraikan
rumusan masalah, yaitu bagaimana strategi pemasaran beras yang dilakukan oleh
Pabrik Beras Putra Mandiri dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana Strategi Pemasaran Beras dalam
Meningkatkan Penjualan pada Pabrik Beras Putra Mandiri. Peneliti menggunakan
jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Field
research yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini menghasilkan data tentang
strategi pemasaran yang diartikan sebagai fakta atau informasi dari Pabrik Beras
Putra Mandiri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan
melakukan wawancara dan observasi langsung pada pemilik Pabrik Beras Putra
Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan proses jual beli,
Pabrik Beras Putra Mandiri menerapkan beberapa strategi pemasaran yaitu a) strategi
produk dengan menawarkan 4 macam merek beras, b) strategi penetapan harga yang
ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan, c) strategi tempat/distribusi dengan
melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah dan d) strategi promosi dengan
menggunakan media online yaitu melalui Facebook dan WhatsApp, dan media offline
yaitu brosur dan pamflet.
A. Kesimpulan
Dari temuan-temuan di atas sebagaimana peneliti paparkan, maka peneliti bisa
menarik kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pabrik Beras
Putra Mandiri yaitu a) strategi produk dengan menawarkan 4 macam merek beras,
b) strategi penetapan harga yang ditetapkan berdasarkan beberapa pertimbangan,
c) strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu
wilayah dan d) strategi promosi dengan menggunakan media online yaitu melalui
Facebook dan WhatsApp, dan media offline yaitu brosur dan pamflet. Dengan
melakukan strategi tersebut memberi dampak positif terhadap peningkatan
penjualan, maksudnya perusahaan tersebut telah berhasil meningkatkan penjualan.
Terjadi efisiensi antara harga pembelian bahan baku dan penjualan beras pada
perusahaan tersebut, dan penjualan produk dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Mempertahankan dan meningkatkan mutu produk agar perusahaan tetap
mendapat kepercayaan konsumen.
2. Perlu adanya peningkatan dalam penerapan strategi pemasaran khususnya
dalam mempromosikan produk.
3. Memperluas jaringan distribusi secara langsung dan tidak langsung agar
penjualan semakin meningkat.
4. Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan, maka
diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan
mengukur dari segi aspek yang berbeda dan metodologi yang berbeda.
Ketersediaan
| SFEBI20200014 | 14/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
14/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
