Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam
Pembinaan Akhlak Peserta Didik ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng Kecematan Lappariaja Kabupaten Bone). Adapun yang menjadi masalah
dalam skripsi ini adalah bagaimana pola komunikasi guru dan orang tua peserta
didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone, bagaimana pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah
Ibidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone
dan bagaimana kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan
akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone yang bertujuan untuk mengetahui pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, untuk mengetahui
pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin
Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone dan juga untuk mengetahui
kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta
didik di Madrasah Ibridaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi,
alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi (daftar
check list), format wawancara, dan dokumen. Sehingga analisis data dapat disusun
secara sistematis dari data yang diperoleh.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng sudah diterapkan, tetapi, pola komunikasi tersebut masih perlu
peningkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia.
Kedua, pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk pembinaan akhlak
diantaranya pembinaan disiplin, keteladanan, dan pembiasaan. Ketiga, pola
komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan akhlak
peserta didik, sehingga dapat memberikan manfaat kepada peserta didik itu sendiri
melalui bentuk- bentuk pola komunikasi dan bentuk- bentuk pembinaan akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu;
1. Pola komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone sudah diterapkan, tetapi pola
komunikasi tersebut ketika dilihat dari pengaplikasiannya masih perlu
penigkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak
mulia.
2. Pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk- bentuk
pembinaan akhlak diantaranya pembinaan disiplin, pembinaan keteladanan,
dan pembinaan pembiasaan. Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone telah menerapkan bentuk- bentuk
pembinaan akhlak di atas sebagaimana mestinya, sehingga peserta didik yang
ada di sekolah tersebut dapat mengubah sikap dan perilakunya sesuai dengan
yang diajarkan oleh pendidik kepada peserta didik.
3. Pola komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan
akhlak peserta didik sehingga dapat memberikan manfaat kepada anak didik
itu sendiri, melalui bentuk- bentuk pembinaan akhlak yang telah diberikan
oleh guru kepada peserta didik, begitu pula dengan pola komunikasi antara
guru dan orang tua peserta didik.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Kiranya Kepala Sekolah dan guru- guru lebih meningkatakan kinerjanya
terutama dalam pola komunikasinya.
2. Orang tua diharapkan memberikan pembinaan kepada anak- anaknya
terutama dalam menambah pengetahuan, serta pemahaman, mengenai akhlak
dan lebih mendekatkan diri Kepada Allah swt.
Ketersediaan
ST20180127127/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

127/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top