Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone)
Risma/02.14.5015 - Personal Name
Skripsi ini membahas Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam
Pembinaan Akhlak Peserta Didik ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng Kecematan Lappariaja Kabupaten Bone). Adapun yang menjadi masalah
dalam skripsi ini adalah bagaimana pola komunikasi guru dan orang tua peserta
didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone, bagaimana pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah
Ibidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone
dan bagaimana kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan
akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone yang bertujuan untuk mengetahui pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, untuk mengetahui
pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin
Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone dan juga untuk mengetahui
kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta
didik di Madrasah Ibridaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi,
alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi (daftar
check list), format wawancara, dan dokumen. Sehingga analisis data dapat disusun
secara sistematis dari data yang diperoleh.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng sudah diterapkan, tetapi, pola komunikasi tersebut masih perlu
peningkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia.
Kedua, pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk pembinaan akhlak
diantaranya pembinaan disiplin, keteladanan, dan pembiasaan. Ketiga, pola
komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan akhlak
peserta didik, sehingga dapat memberikan manfaat kepada peserta didik itu sendiri
melalui bentuk- bentuk pola komunikasi dan bentuk- bentuk pembinaan akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu;
1. Pola komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone sudah diterapkan, tetapi pola
komunikasi tersebut ketika dilihat dari pengaplikasiannya masih perlu
penigkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak
mulia.
2. Pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk- bentuk
pembinaan akhlak diantaranya pembinaan disiplin, pembinaan keteladanan,
dan pembinaan pembiasaan. Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone telah menerapkan bentuk- bentuk
pembinaan akhlak di atas sebagaimana mestinya, sehingga peserta didik yang
ada di sekolah tersebut dapat mengubah sikap dan perilakunya sesuai dengan
yang diajarkan oleh pendidik kepada peserta didik.
3. Pola komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan
akhlak peserta didik sehingga dapat memberikan manfaat kepada anak didik
itu sendiri, melalui bentuk- bentuk pembinaan akhlak yang telah diberikan
oleh guru kepada peserta didik, begitu pula dengan pola komunikasi antara
guru dan orang tua peserta didik.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Kiranya Kepala Sekolah dan guru- guru lebih meningkatakan kinerjanya
terutama dalam pola komunikasinya.
2. Orang tua diharapkan memberikan pembinaan kepada anak- anaknya
terutama dalam menambah pengetahuan, serta pemahaman, mengenai akhlak
dan lebih mendekatkan diri Kepada Allah swt.
Pembinaan Akhlak Peserta Didik ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng Kecematan Lappariaja Kabupaten Bone). Adapun yang menjadi masalah
dalam skripsi ini adalah bagaimana pola komunikasi guru dan orang tua peserta
didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone, bagaimana pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah
Ibidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone
dan bagaimana kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan
akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone yang bertujuan untuk mengetahui pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, untuk mengetahui
pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al- Mukrimin
Ulaweng Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone dan juga untuk mengetahui
kontribusi pola komunikasi guru dan orang tua dalam pembinaan akhlak peserta
didik di Madrasah Ibridaiyah (MI) Al- Mukrimin Ulaweng Kecamatan Lappariaja
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi,
alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi (daftar
check list), format wawancara, dan dokumen. Sehingga analisis data dapat disusun
secara sistematis dari data yang diperoleh.
Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan oleh penulis. Pertama, pola
komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin
Ulaweng sudah diterapkan, tetapi, pola komunikasi tersebut masih perlu
peningkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia.
Kedua, pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk pembinaan akhlak
diantaranya pembinaan disiplin, keteladanan, dan pembiasaan. Ketiga, pola
komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan akhlak
peserta didik, sehingga dapat memberikan manfaat kepada peserta didik itu sendiri
melalui bentuk- bentuk pola komunikasi dan bentuk- bentuk pembinaan akhlak.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu;
1. Pola komunikasi guru dan orang tua peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone sudah diterapkan, tetapi pola
komunikasi tersebut ketika dilihat dari pengaplikasiannya masih perlu
penigkatan demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berakhlak
mulia.
2. Pembinaan akhlak merupakan suatu pembiasaan yang diberikan kepada
peserta didik, tentang akhlak mulia melalui berbagai bentuk- bentuk
pembinaan akhlak diantaranya pembinaan disiplin, pembinaan keteladanan,
dan pembinaan pembiasaan. Madrasah Ibtidaiyah Al- Mukrimin Ulaweng
Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone telah menerapkan bentuk- bentuk
pembinaan akhlak di atas sebagaimana mestinya, sehingga peserta didik yang
ada di sekolah tersebut dapat mengubah sikap dan perilakunya sesuai dengan
yang diajarkan oleh pendidik kepada peserta didik.
3. Pola komunikasi guru dan orang tua telah berkontribusi dalam pembinaan
akhlak peserta didik sehingga dapat memberikan manfaat kepada anak didik
itu sendiri, melalui bentuk- bentuk pembinaan akhlak yang telah diberikan
oleh guru kepada peserta didik, begitu pula dengan pola komunikasi antara
guru dan orang tua peserta didik.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
peneliti akan uraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Kiranya Kepala Sekolah dan guru- guru lebih meningkatakan kinerjanya
terutama dalam pola komunikasinya.
2. Orang tua diharapkan memberikan pembinaan kepada anak- anaknya
terutama dalam menambah pengetahuan, serta pemahaman, mengenai akhlak
dan lebih mendekatkan diri Kepada Allah swt.
Ketersediaan
| ST20180127 | 127/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
127/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
