Pengaruh Promosi Produk Arrum Haji Terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Jasa PT. Pegadaian Cabang Watampone
Kasmi/01.16.5134 - Personal Name
Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan
tentang Bagaimana pengaruh promosi produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah
dalam menggunakan jasa Pegadaian Cabang Watampone dan seberapa besar pengaruh
promosi produk arrum haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa
Pegadaian Cabang Watampone. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana
peneliti mencari jawaban-jawaban terhadap rumusan masalah permasalahan yang
diteliti dengan menyesuaikan pada kondisi lingkungan penelitian yang natural. Jumlah
sampel yang digunakan adalah sebanyak 53 orang responden dengan menggunakan
teknik insidental. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, sedangkan
untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,
uji koefisien korelasi dan determinasi serta analisis regresi sederhana. Hasil penelitian
yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh promosi produk arrum haji terhadap
keputusan nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan dengan proporsi Promosi
(X) terhadap keputusan nasabah (Y) sebesar 84,1%.
Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan
meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah PT.
Pegadaian Cabang Watampone sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta
dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas tehadap permasalahan yang diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan pada
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat diambil dari analisis pengaruh promosi
produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa PT.
Pegadaian Cabang Watampone adalah sebagai berikut:
1. Melihat hasil dari uji t yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa
promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah untuk
memilih menggunakan produk Arrum Haji di Pegadaian Cabang Watampone.
2. Diperoleh hasil dari nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,917. Nilai ini
dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variable penelitian ini ada
dikategori kuat, Kemudian dari hasil analisis determinasi diperoleh koefisien
determinasi yaitu Adjusted R2 (R Square) sebesar 0,841 yang dapat ditafsirkan
bahwa pengaruh variabel promosi (X) terhadap keputusan nasabah (Y) adalah
sebesar 84,1 % dan 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor pelayanan
dan harga produk. Hal ini menjelaskan bahwa faktor promosi sangat efektif
untuk mendorong nasabah yang ingin pergi haji untuk memilih produk arrum
Haji di Pegadaian.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diurai diatas, maka peneliti dapat
memberikan saran, yaitu:
1. Bagi Akademisi
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan
dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi
keputusan nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Watampone seperti harga,
lokasi, proses, pegawai, bukti fisik, persepsi, pembelajaran, dan penjualan
perorangan sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat
memberikan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.
2. Bagi PT. Pegadaian
Agar perusahaan mengupayakan untuk meningkatkan pengetahuan nasabah
tentang promosi produk arrum haji PT. Pegadaian yang menerapkan prinsip
syariah. Seperti halnya melalui sosialisasi yang bersifat normatif dan edukatif
kepada masyarakat umum mengenai promosi produk Arrum Haji, yang
dimilikinya.
C. Implikasi
Bedasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi secara teoritis
dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi Teoritis
Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian Cabang Watampone yang
fokus pada promosi produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah. Tujuannya
untuk memberi sumbangsi, kontribusi dan tambahan wawasan mengenai
pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa PT. Pegadaian.
Dan juga penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi
mahasiswa dalam penelitian selanjutnya.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan untuk memberi sumbangsi, pemikiran,
masukan dan rujukan, terhadap pihak PT. Pegadaian Cabang Watampone dalam
pengambilan keputusan ataub kebijakan dalam hal penambahaan jumlah
nasabah.
tentang Bagaimana pengaruh promosi produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah
dalam menggunakan jasa Pegadaian Cabang Watampone dan seberapa besar pengaruh
promosi produk arrum haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa
Pegadaian Cabang Watampone. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dimana
peneliti mencari jawaban-jawaban terhadap rumusan masalah permasalahan yang
diteliti dengan menyesuaikan pada kondisi lingkungan penelitian yang natural. Jumlah
sampel yang digunakan adalah sebanyak 53 orang responden dengan menggunakan
teknik insidental. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, sedangkan
untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,
uji koefisien korelasi dan determinasi serta analisis regresi sederhana. Hasil penelitian
yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh promosi produk arrum haji terhadap
keputusan nasabah berpengaruh secara positif dan signifikan dengan proporsi Promosi
(X) terhadap keputusan nasabah (Y) sebesar 84,1%.
Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan
meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah PT.
Pegadaian Cabang Watampone sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta
dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas tehadap permasalahan yang diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan pada
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat diambil dari analisis pengaruh promosi
produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa PT.
Pegadaian Cabang Watampone adalah sebagai berikut:
1. Melihat hasil dari uji t yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa
promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah untuk
memilih menggunakan produk Arrum Haji di Pegadaian Cabang Watampone.
2. Diperoleh hasil dari nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,917. Nilai ini
dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variable penelitian ini ada
dikategori kuat, Kemudian dari hasil analisis determinasi diperoleh koefisien
determinasi yaitu Adjusted R2 (R Square) sebesar 0,841 yang dapat ditafsirkan
bahwa pengaruh variabel promosi (X) terhadap keputusan nasabah (Y) adalah
sebesar 84,1 % dan 15,9% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor pelayanan
dan harga produk. Hal ini menjelaskan bahwa faktor promosi sangat efektif
untuk mendorong nasabah yang ingin pergi haji untuk memilih produk arrum
Haji di Pegadaian.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diurai diatas, maka peneliti dapat
memberikan saran, yaitu:
1. Bagi Akademisi
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan
dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi
keputusan nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Watampone seperti harga,
lokasi, proses, pegawai, bukti fisik, persepsi, pembelajaran, dan penjualan
perorangan sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat
memberikan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.
2. Bagi PT. Pegadaian
Agar perusahaan mengupayakan untuk meningkatkan pengetahuan nasabah
tentang promosi produk arrum haji PT. Pegadaian yang menerapkan prinsip
syariah. Seperti halnya melalui sosialisasi yang bersifat normatif dan edukatif
kepada masyarakat umum mengenai promosi produk Arrum Haji, yang
dimilikinya.
C. Implikasi
Bedasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi secara teoritis
dan praktis sebagai berikut:
1. Implikasi Teoritis
Penelitian ini dilakukan di PT. Pegadaian Cabang Watampone yang
fokus pada promosi produk Arrum Haji terhadap keputusan nasabah. Tujuannya
untuk memberi sumbangsi, kontribusi dan tambahan wawasan mengenai
pengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa PT. Pegadaian.
Dan juga penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi
mahasiswa dalam penelitian selanjutnya.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan untuk memberi sumbangsi, pemikiran,
masukan dan rujukan, terhadap pihak PT. Pegadaian Cabang Watampone dalam
pengambilan keputusan ataub kebijakan dalam hal penambahaan jumlah
nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI2020097 | 97/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
97/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
