Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Orang Tua Siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Febrianty/02.14.3082 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang peranan Komite Sekolah dalam meningkatkan
partisipasi orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur
Kab. Bone. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
peranan Komite Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab.
Bone, (2) Bagaimana kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi
orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peran Komite
Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, (2)
Untuk mengetahui kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang
tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Komite Sekolah dalam
meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae yaitu pertama,
peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan
mediator antara pemerintah di SD Inpres 12/79 Lonrae telah melaksanakan beberapa
indikator, namun masih terdapat indikator-indikator yang belum terlaksana. Kedua,
kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae sudah baik dilihat dari Komite Sekolah selalu mengundang
orang tua menghadiri rapat dan melibatkan di setiap kegiatan sekolah. Dengan
kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Komite Sekolah dan orang tua siswa maka
kegiatan akan terlaksana dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Peran Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
a. Sebagai pertimbangan (advisory agency), komite SD Inpres 12/79 Lonrae
sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya
dalam setiap rencana dan program yang telah disusun sekolah dan Komite
Sekolah juga memiliki peran mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang
ada di sekolah serta memberikan masukan dan pertimbangan dalam
menetapkan RAPBS termasuk penyelenggaraan rapat-rapat RAPBS.
b. Sebagai pendukung (supporting agency), peran komite sekolah sebagai
pendukung dapat berupa dukungan finansial, tenaga dan dukungan pikiran.
Misalnya, Komite Sekolah ikut membantu dan menunjang dalam masalah
sarana dan prasarana sekolah, dan juga dalam pengembangan fisik sekolah
Komite Sekolah melakukan serangkaian kegiatan dari perencanaan,
pelaksanaan sampai pelaporan, dan juga dalam pengembangan fisik sekolah
Komite Sekolah memberikan dukungan seperti mengadakan penggalangan
dana kepada orang tua siswa yang berlandaskan keikhlasan orang tua siswa
tersebut.
c. Sebagai pengontrol (controlling agency), Komite Sekolah di SD Inpres
12/79 Lonrae melakukan kontrol atau pengawasan pengambilan keputusan
dan pelaksanaan program di sekolah, dan juga mengawasi proses
penyelengaraan pendidikan serta memantau prestasi sekolah.
d. Sebagai mediator antara pemerintah (eksekutif), Komite Sekolah sebagai
penghubung atau mediator antara pemerintah sekolah, orang tua dan
masyarakat memiliki arti bahwa aspirasi orang tua dan masyarakat ataupun
ada penyampaian sekolah terhadap orang tua siswa semua itu melalui
Komite Sekolah. Peran sebagai mediator ini memerlukan kecermatan dalam
mengidentifikasi kepentingan, kebutuhan dan keluhan orang tua dan
masyarakat. Aspirasi yang disalurkan melalui Komite Sekolah dimanfaatkan
oleh sebagai masukan bagi koreksi ke arah perbaikan. Keberadaan Komite
Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae ini banyak memberi manfaat, dengan
adanya Komite Sekolah maka aspirasi orang tua bisa terwakilkan dan juga
apabila ada penyampaian sekolah kepada orang tua itu disampaikan oleh
Komite Sekolah secara kekeluargaan.
2. Kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi otang tua siswa di
di SD Inpres 12/79 Lonrae
Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae sudah baik dilihat dari Komite Sekolah selalu mengundang
orang tua menghadiri rapat dan melibatkan di setiap kegiatan sekolah. Dengan
kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Komite Sekolah dan orang tua siswa
maka kegiatan akan terlaksana dengan baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Agar Komite Sekolah lebih berperan dalam meningkatkan partisipasi orang tua
siswa maka hendaknya Komite Sekolah lebih meningkatkan hubungan kerja
sama, baik dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait agar tercipta
sikap toleransi dan saling mendukung dalam tujuan yang akan dicapai.
2. Disarankan kepada pihak sekolah agar mungkin mengadakan musyawarah
pembentukan Komite Sekolah yang baru agar peran Komite Sekolah
kedepannya lebih optimal dan terkoordinasi dengan baik.
3. Orang tua siswa hendaknya memanfaatkan keberadaan Komite Sekolah sebagai
wadah untuk menyalurkan aspirasinya, jika ada permasalahan terutama terkait
dengan kebijakan sekolah jangan segan-segan untuk menyampaikan melalui
Komite Sekolah.
partisipasi orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur
Kab. Bone. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana
peranan Komite Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab.
Bone, (2) Bagaimana kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi
orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui peran Komite
Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, (2)
Untuk mengetahui kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang
tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Komite Sekolah dalam
meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD Inpres 12/79 Lonrae yaitu pertama,
peran Komite Sekolah sebagai pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol dan
mediator antara pemerintah di SD Inpres 12/79 Lonrae telah melaksanakan beberapa
indikator, namun masih terdapat indikator-indikator yang belum terlaksana. Kedua,
kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae sudah baik dilihat dari Komite Sekolah selalu mengundang
orang tua menghadiri rapat dan melibatkan di setiap kegiatan sekolah. Dengan
kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Komite Sekolah dan orang tua siswa maka
kegiatan akan terlaksana dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Peran Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
a. Sebagai pertimbangan (advisory agency), komite SD Inpres 12/79 Lonrae
sebagai mitra kerja kepala sekolah telah memberikan pertimbangannya
dalam setiap rencana dan program yang telah disusun sekolah dan Komite
Sekolah juga memiliki peran mengidentifikasi sumber daya pendidikan yang
ada di sekolah serta memberikan masukan dan pertimbangan dalam
menetapkan RAPBS termasuk penyelenggaraan rapat-rapat RAPBS.
b. Sebagai pendukung (supporting agency), peran komite sekolah sebagai
pendukung dapat berupa dukungan finansial, tenaga dan dukungan pikiran.
Misalnya, Komite Sekolah ikut membantu dan menunjang dalam masalah
sarana dan prasarana sekolah, dan juga dalam pengembangan fisik sekolah
Komite Sekolah melakukan serangkaian kegiatan dari perencanaan,
pelaksanaan sampai pelaporan, dan juga dalam pengembangan fisik sekolah
Komite Sekolah memberikan dukungan seperti mengadakan penggalangan
dana kepada orang tua siswa yang berlandaskan keikhlasan orang tua siswa
tersebut.
c. Sebagai pengontrol (controlling agency), Komite Sekolah di SD Inpres
12/79 Lonrae melakukan kontrol atau pengawasan pengambilan keputusan
dan pelaksanaan program di sekolah, dan juga mengawasi proses
penyelengaraan pendidikan serta memantau prestasi sekolah.
d. Sebagai mediator antara pemerintah (eksekutif), Komite Sekolah sebagai
penghubung atau mediator antara pemerintah sekolah, orang tua dan
masyarakat memiliki arti bahwa aspirasi orang tua dan masyarakat ataupun
ada penyampaian sekolah terhadap orang tua siswa semua itu melalui
Komite Sekolah. Peran sebagai mediator ini memerlukan kecermatan dalam
mengidentifikasi kepentingan, kebutuhan dan keluhan orang tua dan
masyarakat. Aspirasi yang disalurkan melalui Komite Sekolah dimanfaatkan
oleh sebagai masukan bagi koreksi ke arah perbaikan. Keberadaan Komite
Sekolah di SD Inpres 12/79 Lonrae ini banyak memberi manfaat, dengan
adanya Komite Sekolah maka aspirasi orang tua bisa terwakilkan dan juga
apabila ada penyampaian sekolah kepada orang tua itu disampaikan oleh
Komite Sekolah secara kekeluargaan.
2. Kontribusi Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi otang tua siswa di
di SD Inpres 12/79 Lonrae
Komite Sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di SD
Inpres 12/79 Lonrae sudah baik dilihat dari Komite Sekolah selalu mengundang
orang tua menghadiri rapat dan melibatkan di setiap kegiatan sekolah. Dengan
kerjasama yang baik antara pihak sekolah, Komite Sekolah dan orang tua siswa
maka kegiatan akan terlaksana dengan baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Agar Komite Sekolah lebih berperan dalam meningkatkan partisipasi orang tua
siswa maka hendaknya Komite Sekolah lebih meningkatkan hubungan kerja
sama, baik dengan orang tua siswa, masyarakat dan instansi terkait agar tercipta
sikap toleransi dan saling mendukung dalam tujuan yang akan dicapai.
2. Disarankan kepada pihak sekolah agar mungkin mengadakan musyawarah
pembentukan Komite Sekolah yang baru agar peran Komite Sekolah
kedepannya lebih optimal dan terkoordinasi dengan baik.
3. Orang tua siswa hendaknya memanfaatkan keberadaan Komite Sekolah sebagai
wadah untuk menyalurkan aspirasinya, jika ada permasalahan terutama terkait
dengan kebijakan sekolah jangan segan-segan untuk menyampaikan melalui
Komite Sekolah.
Ketersediaan
| ST20180121 | 121/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
121/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
