Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Generasi Millenials Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Bone)
Asma/01.16.5004 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Keputusan Generasi Millenials dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Bone). Menggunakan rumusan
masalah 1) Faktor manfaat berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi
millenials dalam menggunakan Mobile Banking. 2) Faktor kemudahan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan Mobile
Banking. 3) Faktor kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi
millenials dalam menggunakan Mobile Banking. 4) Faktor manfaat, kemudahan dan
kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan
generasi millenials dalam menggunakan Mobile Banking. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah faktor manfaat, kemudahan dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan
mobile banking.
Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan
pendekatan kuantitatif dan study pustaka, metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi dan kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Bone, angkatan 2016 dengan
menggunakan sampel berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang di gunakan
adalah regresi linear berganda. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji
reabilitas, normalitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai
berikut :
y = 0,799+ 0.259 X1 + 0.351 X2 + 0.355 X3
Hasil penelitian menunjukkan manfaat, kemudahan, dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan
mobile banking. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan tiga variabel
independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen.
Kemudian pada uji F dapat diketahui bahwa variabel manfaat, kemudahan dan
kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersam-sama terhadap variabel
keputusan. Selanjutnya pada uji R2 menunjukkan variabel manfaat, kemudahan dan
kepercayaan mempunyai kontribusi secara bersama-sama 83,3% terhadap variabel
keputusan. sedangkan 16,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar ketiga variabel
independen yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Manfaat, Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan, Mobile Banking,
Generasi millenials (mahasiswa).
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa
kesimpulan. Kesimpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan
masalah dan pembuktian hipotesis yang telah dikemukakan dalam bab
sebelumnya. Adapun kesimpulan – kesimpulan tersebut antara lain sebagai
berikut:
1. Manfaat dapat dijadikan sebagai acuan yang mendorong generasi millenials
untuk mengambil keputusan menggunakan aplikasi mobile banking atau dapat
dikatakan bahwa semakin baik nilai manfaat aplikasi mobile banking, maka
semakin menguatkan keputusan generasi millenials untuk menggunakan
aplikasi tersebut.
2. Kemudahan penggunaan aplikasi Mobile banking merupakan katalisator
potensial untuk meningkatkan keputusan generasi millenials dalam
meggunakan aplikasi tersebut.
3. Semakin tinggi tingkat keamanan yang diberikan dalam aplikasi mobile
banking maka semakin menguatkan kepercayaan Generasi millenials untuk
mengambil keputusan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Jadi Kepercayaan
bisa menjadi salah satu kontribusi untuk membuat esensi dari strategi
keberhasilan perusahaan perbankan.
4. Manfaat, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan generasi millenials dalam menggunakan Mobile Banking. Jadi,
manfaat, kemudahan dan kepercayaan adalah tiga faktor pendorong yang efektif
bagi generasi millenials dalam menggunakan mobile banking.
B. Saran
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka disampaikan saran yang
sekiranya dapat bermanfaat, yaitu sebagai berikut :
1. Bagi pihak peneliti selanjutnya, yaitu dapat menambahkan variabel lain
sebagai pengganti variabel manfaat, kemudahan dan kepercayaan.
2. Bagi pihak perbankan diharapakan untuk selalu memberikan pemahaman
kepada nasabah tentang keuntungan yang dapat diperoleh dalam menggunakan
aplikasi mobile banking dan kualitas aplikasi yang diterapkan pada aplikasi
tersebut dapat dijadikan manajemen sebagai bahan evaluasi aplikasi.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa ketiga variabel dalam penelitian ini yaitu manfaat, kemudahan
dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap keputusan generasi millenials dalam
menggunakan mobile banking. Hal ini mengandung implikasi bahwa pihak bank
apabila hendak memberikan aplikasi bagi nasabahnya harus memperhatikan
manfaatnya yang akan diperoleh nasabah, dan juga aplikasi jasa tersebut harus
dibuat lebih mudah digunakan serta mampu memberikan kepercayaan kepada
penggunanya, karena apabila ketiga hal tersebut terpenuhi maka keputusan
penggunaan aplikasi mobile banking akan meningkat.
Keputusan Generasi Millenials dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Bone). Menggunakan rumusan
masalah 1) Faktor manfaat berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi
millenials dalam menggunakan Mobile Banking. 2) Faktor kemudahan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan Mobile
Banking. 3) Faktor kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi
millenials dalam menggunakan Mobile Banking. 4) Faktor manfaat, kemudahan dan
kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan
generasi millenials dalam menggunakan Mobile Banking. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apakah faktor manfaat, kemudahan dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan
mobile banking.
Untuk memperoleh data dari masalah diatas, penulis menggunakan
pendekatan kuantitatif dan study pustaka, metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, dokumentasi dan kuisoner. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Bone, angkatan 2016 dengan
menggunakan sampel berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang di gunakan
adalah regresi linear berganda. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji
reabilitas, normalitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai
berikut :
y = 0,799+ 0.259 X1 + 0.351 X2 + 0.355 X3
Hasil penelitian menunjukkan manfaat, kemudahan, dan kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan generasi millenials dalam menggunakan
mobile banking. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan tiga variabel
independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen.
Kemudian pada uji F dapat diketahui bahwa variabel manfaat, kemudahan dan
kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersam-sama terhadap variabel
keputusan. Selanjutnya pada uji R2 menunjukkan variabel manfaat, kemudahan dan
kepercayaan mempunyai kontribusi secara bersama-sama 83,3% terhadap variabel
keputusan. sedangkan 16,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar ketiga variabel
independen yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Manfaat, Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan, Mobile Banking,
Generasi millenials (mahasiswa).
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa
kesimpulan. Kesimpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan
masalah dan pembuktian hipotesis yang telah dikemukakan dalam bab
sebelumnya. Adapun kesimpulan – kesimpulan tersebut antara lain sebagai
berikut:
1. Manfaat dapat dijadikan sebagai acuan yang mendorong generasi millenials
untuk mengambil keputusan menggunakan aplikasi mobile banking atau dapat
dikatakan bahwa semakin baik nilai manfaat aplikasi mobile banking, maka
semakin menguatkan keputusan generasi millenials untuk menggunakan
aplikasi tersebut.
2. Kemudahan penggunaan aplikasi Mobile banking merupakan katalisator
potensial untuk meningkatkan keputusan generasi millenials dalam
meggunakan aplikasi tersebut.
3. Semakin tinggi tingkat keamanan yang diberikan dalam aplikasi mobile
banking maka semakin menguatkan kepercayaan Generasi millenials untuk
mengambil keputusan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Jadi Kepercayaan
bisa menjadi salah satu kontribusi untuk membuat esensi dari strategi
keberhasilan perusahaan perbankan.
4. Manfaat, kemudahan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan generasi millenials dalam menggunakan Mobile Banking. Jadi,
manfaat, kemudahan dan kepercayaan adalah tiga faktor pendorong yang efektif
bagi generasi millenials dalam menggunakan mobile banking.
B. Saran
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka disampaikan saran yang
sekiranya dapat bermanfaat, yaitu sebagai berikut :
1. Bagi pihak peneliti selanjutnya, yaitu dapat menambahkan variabel lain
sebagai pengganti variabel manfaat, kemudahan dan kepercayaan.
2. Bagi pihak perbankan diharapakan untuk selalu memberikan pemahaman
kepada nasabah tentang keuntungan yang dapat diperoleh dalam menggunakan
aplikasi mobile banking dan kualitas aplikasi yang diterapkan pada aplikasi
tersebut dapat dijadikan manajemen sebagai bahan evaluasi aplikasi.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa ketiga variabel dalam penelitian ini yaitu manfaat, kemudahan
dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap keputusan generasi millenials dalam
menggunakan mobile banking. Hal ini mengandung implikasi bahwa pihak bank
apabila hendak memberikan aplikasi bagi nasabahnya harus memperhatikan
manfaatnya yang akan diperoleh nasabah, dan juga aplikasi jasa tersebut harus
dibuat lebih mudah digunakan serta mampu memberikan kepercayaan kepada
penggunanya, karena apabila ketiga hal tersebut terpenuhi maka keputusan
penggunaan aplikasi mobile banking akan meningkat.
Ketersediaan
| SFEBI20200003 | 03/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
03/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
