Urgensi Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa di Kelas VII MTs al- Amin Kec. Kahu Kab. Bone
Azhari Amiruddin/02.14.2017 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Penggunaan Media Gambar dalam
Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa di Kelas VII MTs al-Amin Kec.
Kahu Kab. Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penggunaan
media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab.
Bone?, bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec.
Kahu Kab. Bone? Dan bagaimana kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone?.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode field
research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi dan pertanyaan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendesripsikan penelitian tentang urgensi penggunaan media gambar dalam meningkatkan
penguasaan mufradat bahasa Arab siswa di Kelas VII MTs al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone.
Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melalui tiga tahap kegiatan, yaitu mereduksi
data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penggunaan media gambar dalam
pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1)
menggunakan media gambar berupa sketsa, 2) penggunaan lukisan gambar sehingga para
siswa dapat memahami dengan mudah mufradat bahasa Arab, dan 3) penggunaan fhoto
sebagai media dalam memberikan materi kepada siswa. Kedua penguasaan mufradat
bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone setelah para guru
menggunakan media gambar dalam setiap pembelajaran dapat lebih baik dan akan bertahan
lama di memori para siswa karena dapat menyaksikan langsung kosakata tersebut dalam
bentuk gambar. Ketiga kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan mufradat
bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) siswa dapat
membaca teks bahasa Arab dengan benar, 2) siswa dapat membaca dengan makhraj yang
benar, 3) siswa mampu mengartikan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab dan 4)
siswa mampu menggunakan kosakata dalam konteks kalimat dengan baik dan benar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs
Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) menggunakan media gambar berupa
sketsa, 2) penggunaan lukisan gambar sehingga para siswa dapat memahami
dengan mudah mufradat bahasa Arab, dan 3) penggunaan fhoto sebagai
media dalam memberikan materi kepada siswa.
2. Penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu
Kab. Bone setelah para guru menggunakan media gambar dalam setiap
pembelajaran dapat lebih baik dan akan bertahan lama di memori para siswa
karena dapat menyaksikan langsung kosakata tersebut dalam bentuk gambar.
3. Kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan mufradat bahasa
Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) siswa
dapat membaca teks bahasa Arab dengan benar, 2) siswa dapat membaca
dengan makhraj yang benar, 3) siswa mampu mengartikan kosakata dalam
pembelajaran bahasa Arab dan 4) siswa mampu menggunakan kosakata
dalam konteks kalimat dengan baik dan benar.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran
bahasa Arab, untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam
belajar.
2. Bagi sekolah sebagai bahan masukan untuk melengkapi media
pembelajaran dan alat peraga untuk kelancaran proses belajar mengajar
agar prestasi sekolah meningkat.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa di Kelas VII MTs al-Amin Kec.
Kahu Kab. Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penggunaan
media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab.
Bone?, bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec.
Kahu Kab. Bone? Dan bagaimana kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone?.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode field
research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi dan pertanyaan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendesripsikan penelitian tentang urgensi penggunaan media gambar dalam meningkatkan
penguasaan mufradat bahasa Arab siswa di Kelas VII MTs al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone.
Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis melalui tiga tahap kegiatan, yaitu mereduksi
data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penggunaan media gambar dalam
pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1)
menggunakan media gambar berupa sketsa, 2) penggunaan lukisan gambar sehingga para
siswa dapat memahami dengan mudah mufradat bahasa Arab, dan 3) penggunaan fhoto
sebagai media dalam memberikan materi kepada siswa. Kedua penguasaan mufradat
bahasa arab siswa kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone setelah para guru
menggunakan media gambar dalam setiap pembelajaran dapat lebih baik dan akan bertahan
lama di memori para siswa karena dapat menyaksikan langsung kosakata tersebut dalam
bentuk gambar. Ketiga kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan mufradat
bahasa Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) siswa dapat
membaca teks bahasa Arab dengan benar, 2) siswa dapat membaca dengan makhraj yang
benar, 3) siswa mampu mengartikan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab dan 4)
siswa mampu menggunakan kosakata dalam konteks kalimat dengan baik dan benar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs
Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) menggunakan media gambar berupa
sketsa, 2) penggunaan lukisan gambar sehingga para siswa dapat memahami
dengan mudah mufradat bahasa Arab, dan 3) penggunaan fhoto sebagai
media dalam memberikan materi kepada siswa.
2. Penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Amin Kec. Kahu
Kab. Bone setelah para guru menggunakan media gambar dalam setiap
pembelajaran dapat lebih baik dan akan bertahan lama di memori para siswa
karena dapat menyaksikan langsung kosakata tersebut dalam bentuk gambar.
3. Kontribusi penggunaan media gambar dalam penguasaan mufradat bahasa
Arab siswa kelas VII Mts Al-Amin Kec. Kahu Kab. Bone yaitu 1) siswa
dapat membaca teks bahasa Arab dengan benar, 2) siswa dapat membaca
dengan makhraj yang benar, 3) siswa mampu mengartikan kosakata dalam
pembelajaran bahasa Arab dan 4) siswa mampu menggunakan kosakata
dalam konteks kalimat dengan baik dan benar.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran
bahasa Arab, untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam
belajar.
2. Bagi sekolah sebagai bahan masukan untuk melengkapi media
pembelajaran dan alat peraga untuk kelancaran proses belajar mengajar
agar prestasi sekolah meningkat.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| STAR20190265 | 265/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
265/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
