Urgensi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu belajar siswa di MAN 2 Bone
Nur Aini/02.14.3139 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi manajemen kelas dalam
meningkatkan mutu belajar siswa di MAN 2 Bone Hal penting yang dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana Manajemen kelas yang di terapkan di
MAN 2 Bone dan apa faktor pendukung terhadap Manajemen kelas dalam
Meningkatkan mutu belajar di MAN 2 Bone.
Untuk pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data,
penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi, Selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manajemen kelas yang
diterapkan di MAN 2 Bone yaitu sangat teratur, dengan melakukan perencanaan
terlebih dahulu untuk merumuskan tujuan yang nyaman dan kemudian melakukan
pengorganisasian dan juga menata lingkungan kelas agar tercapai suasana kelas yang
nyaman dan memotivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kedua, faktor
pendukung terhadap manajemen kelas yang memadai sehingga mencapai mutu
belajar yang meliputi 3 aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. dimana ketiga
aspek ini yang memiliki peran penting untuk pencapaiannya adalah guru itu sendiri
karena setiap anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda jadi guru harus
tanggap dalam melihat situasi tersebut untuk mencapai mutu pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
Manajemen kelas yang di terapkan di MAN 2 Bonesangat teratur dengan
melakukan perencanaan terlebih dahulu dan kemudian melakukan pengorganisasian
dan juga menata lingkungan kelas agar tercapai suasana kelas yang nyaman dan
memotivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, disertai faktor pendukung
terhadap manajemen kelas dalam meningkatkan mutu belajardengan fasilitas yang
memadai di MAN 2 Bone dimana mutu belajar siswa dapat dilihat dari 3 aspek yaitu
kognitif, afektif dan psikomotorik dimana ketiga aspek ini yang memiliki peran
penting untuk pencapaiannya adalah guru itu sendiri karena setiap anak memiliki
tingkat kemampuan yang berbeda-beda jadi guru harus tanggap dalam melihat situasi
tersebut untuk mencapai mutu pembelajaran.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan seluruh personil sekolah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi maupun kerjasama yang baik sehingga dapat
mudah sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan
efisien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang
baikantara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan mengenai manajemen kelas
untuk mencapai mutu belajar siswa
meningkatkan mutu belajar siswa di MAN 2 Bone Hal penting yang dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana Manajemen kelas yang di terapkan di
MAN 2 Bone dan apa faktor pendukung terhadap Manajemen kelas dalam
Meningkatkan mutu belajar di MAN 2 Bone.
Untuk pemecahan masalah digunakan penelitian lapangan (Field Research)
dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dokumentasi, observasi, dan
wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan teknik kualitatif, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan reduksi data,
penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi, Selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, manajemen kelas yang
diterapkan di MAN 2 Bone yaitu sangat teratur, dengan melakukan perencanaan
terlebih dahulu untuk merumuskan tujuan yang nyaman dan kemudian melakukan
pengorganisasian dan juga menata lingkungan kelas agar tercapai suasana kelas yang
nyaman dan memotivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kedua, faktor
pendukung terhadap manajemen kelas yang memadai sehingga mencapai mutu
belajar yang meliputi 3 aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. dimana ketiga
aspek ini yang memiliki peran penting untuk pencapaiannya adalah guru itu sendiri
karena setiap anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda jadi guru harus
tanggap dalam melihat situasi tersebut untuk mencapai mutu pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
Manajemen kelas yang di terapkan di MAN 2 Bonesangat teratur dengan
melakukan perencanaan terlebih dahulu dan kemudian melakukan pengorganisasian
dan juga menata lingkungan kelas agar tercapai suasana kelas yang nyaman dan
memotivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, disertai faktor pendukung
terhadap manajemen kelas dalam meningkatkan mutu belajardengan fasilitas yang
memadai di MAN 2 Bone dimana mutu belajar siswa dapat dilihat dari 3 aspek yaitu
kognitif, afektif dan psikomotorik dimana ketiga aspek ini yang memiliki peran
penting untuk pencapaiannya adalah guru itu sendiri karena setiap anak memiliki
tingkat kemampuan yang berbeda-beda jadi guru harus tanggap dalam melihat situasi
tersebut untuk mencapai mutu pembelajaran.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah dan seluruh personil sekolah maupun masyarakat hendaknya
selalu meningkatkan komunikasi maupun kerjasama yang baik sehingga dapat
mudah sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan
efisien.
2. Sekolah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang
baikantara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat,
karena itu akan membuat hubungan seluruh personil sekolah dengan
masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Sekolah hendaknya selalu melakukan pengawasan mengenai manajemen kelas
untuk mencapai mutu belajar siswa
Ketersediaan
| ST20180109 | 109/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
109/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
