Implementasi Tata Tertib Madrasah dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Di MTs Al-Hidayah Bakke)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi Tata Tertib Madrasah dalam
Pembentukan Akhlak Siswa (Studi di MTs Al-Hidayah Bakke). Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi tata tertib madrasah
sebagai salah sarana dalam membentuk akhlak siswa di MTs Al-Hidayah Bakke
yang meliputi pelaksanaan tata tertib madrasah dalam pembentukan akhlak siswa,
kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan tata tertib madrasah dalam
pembentukan akhlak siswa, serta dampak pelaksanaan tata tertib madrasah dalam
pembentukan akhlak siswa.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field Research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara
(interview) dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang implementasi tata tertib madrasah dalam
pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Hidayah Bakke. Dalam menganalisis data,
penulis menggunakan beberapa tahapan (proses), yaitu reduksi data, penyajian data,
triangulasi, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan tata tertib madrasah
dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Hidayah Bakke yaitu pertama, siswa
memiliki rasa religius dengan pembiasan untuk melaksankan ibadah yang bersifat
wajib maupun ibadah sunnah seperti shalat lima waktu dengan berjamaah dan shalat
sunnah dhuha di mesjid. Dengan pembiasan tersebut diharapkan akan membentuk
kepribadian siswa untuk selalu taat kepada Allah swt. dengan menjalankan segala
perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kedua, pembiasan untuk hidup disiplin
dilakukan oleh siswa ketika berangkat ke madrasah maupun ketika masuk ke kelas,
dengan pembiasan hidup disiplin siswa akan terbiasa untuk memiliki rasa disiplin
ketika dalam situasi apapun dan menaati seluruh peraturan yang ada. Ketiga, sikap
sopan santun, di dalam tata tertib madrasah juga terdapat adab-adab dan sopan santun
siswa kepada semua orang yang dihadapinya mulai dari adab bertemu guru, orang
tua, dan teman sebaya.
A. Simpulan
Setelah melakukan penelititan terhadap implementasi tata tertib madrasah
dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Al-Hidayah Bakke yang telah diuraikan
pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan tata tertib di MTs Al-Hidayah Bakke sudah berjalan dengan baik
karena terlebih dahulu pihak madrasah melakukan suatu perancangan
bersama seluruh komponen madrasah untuk melakukan musyawarah
mengenai penyusunan tata tertib yang akan diberlakukan di MTs Al-Hidayah
Bakke. Setelah proses penyusunan tersebut telah disepakati selanjutnya yaitu
pihak madrasah melakukan sosialisasi kepada siswa madrasah mengenai tata
tertib yang diberlakukan oleh madrasah. Proses sosialisasi tersebut mulai dari
ketika masa orientasi siswa, kepala madrasah sudah memberitahukan dan
menjelaskan mengenai tata tertib yang berlaku di MTs Al-Hidayah Bakke..
2. Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan tata tertib madrasah
yaitu kendala yang berasal dari dalam diri siswa seperti kurangnya perhatian
dan motivasi dari orang tua siswa tentang sikap dan perilaku yang baik serta
faktor ketidakharmonisan dalam keluarga sehingga dapat menimbulkan efek
yang negatif terhadap perkembangan siswa. Sedangkan faktor kendala yang
kedua yaitu kendala yang berasal dari luar diri siswa yaitu di MTs Al-
Hidayah Bakke masih memiliki tenaga guru bimbingan penyuluhan yang
kurang, serta faktor kurang tegasnya pihak madrasah bagi siswa yang masih
melanggar tata tertib madrasah.
3. Ada beberapa dampak pelaksanaan tata tertib madrasah dalam pembentukan
akhlak siswa di MTs Al-Hidayah Bakke yaitu pertama, siswa memiliki rasa
religius dengan pembiasan untuk melaksankan ibadah yang bersifat wajib
maupun ibadah sunnah seperti shalat lima waktu dengan berjamaah dan
shalat sunnah dhuha di mesjid. Kedua, pembiasan untuk hidup disiplin
dilakukan oleh siswa ketika berangkat ke madrasah maupun ketika masuk ke
kelas. Ketiga, sikap sopan santun, di dalam tata tertib madrasah juga terdapat
adab-adab dan sopan santun siswa kepada semua orang yang dihadapinya
mulai dari adab bertemu guru, orang tua, dan teman sebaya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke, diharapkan dapat memberi
motivasi kepada para pendidik untuk lebih mengoptimalkan dalam pelaksanaan tata
tertib agar dapat mencetak siswa-siswi maupun lulusan alumni MTs Al-Hidayah
Bakke yang memiliki akhlak mulia dan tercapainya visi, misi, dan tujuan dan apa
yang dicita-citakan MTs Al-Hidayah Bakke.
2. Kepada para guru, agar lebih aktif dalam menerapkan tata tertib madrasah
dan tentunya selalu memberikan tauladan dan contoh yang baik kepada para
siswa agar dapat menaati segala peraturan yang telah ditetapkan.
3. Kepada siswa-siswi di MTs Al-Hidayah Bakke, diharapkan dapat meningkatkan
prestasi belajarnya di bidang akademik mapun kepribadian, menjunjung tinggi
peraturan yang ada di madrasah agar dapat menjadi generasi penerus yang memiliki
intelektual tinggi dan juga menjadi insan yang berakhlak mulia
Ketersediaan
ST2018009595/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

95/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top