Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi pada pedagang Mall Bone Trade Centre (BTC) Bone
Fifianti/01.16.3197 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dalam
meningkatkan volume penjualan perspektif etika bisnis syariah studi pada Pedagang
Mall Bone Trade Centre (BTC) Bone.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan berorientasi data kualitatif
deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Metode pengumpulan data terdiri atas
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan tiga tahap yakni
reduksi data, verifikasi dan interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Produk dengan cara selalu
menjaga mutu dan standar kualitas produk atau barang yang dijual, menunjukkan
saluran resmi pada sebuah produk dan inovasi produk. Strategi harga, adalah dengan
memberikan harga yang terjangkau, menerima pembayaran tempo dan pembayaran
giro. Strategi lokasi dan distribusi adalah dengan cara adanya outlet-outlet yang
tersebar di berbagai daerah-daerah, terdapat pos-pos distribusi atau gudang yang
terbesar. Strategi Promosi adalah dengan cara diskon dan potongan harga, penukaran
bungkus kosong, bonus pada produk tertentu dan pemberian hadiah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dikemukakan di
atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada pedagang
Mall Bone Trade Center (dilakukan dalam empat hal yakni:
a. Strategi Produk dengan cara selalu menjaga mutu dan standar kualitas
produk atau barang yang dijual, menunjukkan saluran resmi pada sebuah
produk dan inovasi produk.
b. Strategi harga, adalah dengan memberikan harga yang terjangkau,
menerima pembayaran tempo dan pembayaran giro.
c. Strategi lokasi dan distribusi adalah dengan cara adanya outlet-outlet
yang tersebar di berbagai daerah-daerah, terdapat pos-pos distribusi atau
gudang yang terbesar.
d. Strategi Promosi adalah dengan cara diskon dan potongan harga,
penukaran bungkus kosong, bonus pada produk tertentu dan pemberian
hadiah.
2. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada
pedagang Mall Bone Trade Center Perspektif Etika Bisnis Syariah sudah
sesuai dengan etika bisnis syariah utamanya dalam hal pelaksanaan
kejujuran, keadilan, tidak berlaku jujur serta ketekunan akan pelaksanaan
ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannya.
B. Saran
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka dapat sarankan sebagai
berikut:
1. Untuk meningkatkan volume penjualan pedagang di Mall Bone Trade Centre
seharusnya memaksimalkan strategi pemasaran utamanya dalam hal promosi,
penjualan secara online juga harus ditingkatkan karena tuntutan zaman yang
meminta demikian.
2. Agar etika bisnis Syariah lebih ditingkatkan agar keberkahan dan nilai-nilai
kesalihan selalu terpelihara agar tercapai maslahah dunia dan di akhirat.
meningkatkan volume penjualan perspektif etika bisnis syariah studi pada Pedagang
Mall Bone Trade Centre (BTC) Bone.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan berorientasi data kualitatif
deskriptif dengan pendekatan sosiologis. Metode pengumpulan data terdiri atas
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan tiga tahap yakni
reduksi data, verifikasi dan interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Produk dengan cara selalu
menjaga mutu dan standar kualitas produk atau barang yang dijual, menunjukkan
saluran resmi pada sebuah produk dan inovasi produk. Strategi harga, adalah dengan
memberikan harga yang terjangkau, menerima pembayaran tempo dan pembayaran
giro. Strategi lokasi dan distribusi adalah dengan cara adanya outlet-outlet yang
tersebar di berbagai daerah-daerah, terdapat pos-pos distribusi atau gudang yang
terbesar. Strategi Promosi adalah dengan cara diskon dan potongan harga, penukaran
bungkus kosong, bonus pada produk tertentu dan pemberian hadiah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dikemukakan di
atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada pedagang
Mall Bone Trade Center (dilakukan dalam empat hal yakni:
a. Strategi Produk dengan cara selalu menjaga mutu dan standar kualitas
produk atau barang yang dijual, menunjukkan saluran resmi pada sebuah
produk dan inovasi produk.
b. Strategi harga, adalah dengan memberikan harga yang terjangkau,
menerima pembayaran tempo dan pembayaran giro.
c. Strategi lokasi dan distribusi adalah dengan cara adanya outlet-outlet
yang tersebar di berbagai daerah-daerah, terdapat pos-pos distribusi atau
gudang yang terbesar.
d. Strategi Promosi adalah dengan cara diskon dan potongan harga,
penukaran bungkus kosong, bonus pada produk tertentu dan pemberian
hadiah.
2. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada
pedagang Mall Bone Trade Center Perspektif Etika Bisnis Syariah sudah
sesuai dengan etika bisnis syariah utamanya dalam hal pelaksanaan
kejujuran, keadilan, tidak berlaku jujur serta ketekunan akan pelaksanaan
ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannya.
B. Saran
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka dapat sarankan sebagai
berikut:
1. Untuk meningkatkan volume penjualan pedagang di Mall Bone Trade Centre
seharusnya memaksimalkan strategi pemasaran utamanya dalam hal promosi,
penjualan secara online juga harus ditingkatkan karena tuntutan zaman yang
meminta demikian.
2. Agar etika bisnis Syariah lebih ditingkatkan agar keberkahan dan nilai-nilai
kesalihan selalu terpelihara agar tercapai maslahah dunia dan di akhirat.
Ketersediaan
| SFEBI20200149 | 149/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
149/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
