Peranan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Madrasah di Mi An-Nurain Lonrae Kabupaten Bone
Dwi Amelia Nur/02.14.3083 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang Peranan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Kualitas Lulusan kec. Tanete Riattang Timur kab. Bone. Adapun rumusan masalah
dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Peranan Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kualitas Lulusan, (2) Bagaimana kontribusi Peranan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui Peranan Kepala
Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan (2) Untuk mengetahui kontribusi
Peranan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Kepala Madrasah dalam
meningkatkan kualitas lulusan, yaitu pertama, peran Kepala madrasah sebagai
pendidik, manajer, supervisior, administrator, pemimpin, innovator, motivator, telah
melaksanakan semua perannya dengan baik. Kedua, konstribusi kepala madrasah
dalam meningkatkan kualitas lulusan di MI Annurain Lonrae sudah baik yaitu
merumuskan program dan penyusunan kegiatan madrasah, dan membentuk masingmasing
penanggung jawab untuk program kegiatan sekolah tersebut agar para guru
dapat ikut serta membantu kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan.
A. Simpulan
1. Kepala MI An-Nurain Lonrae mempunyai tugas dan kewajiban yang sangat
luas dan kompleks sehingga mereka dituntun memiliki keuletan yang cukup
tinggi agar kinerjanya menjadi optimal. Dalam menjalan tugas di madrasah,
maka kepala madrasah harus dapat menjalankan perannya, baik sebagai
pendidik (edukator), pengelola pendidikan (manager), pelaksana administrasi
(administrator), pembina guru (supervisor), pemimpin para guru (leader),
pembawa perubahan (inovator), dan pemberi motivasi (motivator). Penguasaan
kompetensi ini akan memberi dampak pada kinerja yang dijalankannya.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah telah menjalankan
berbagai kemampuan untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai standarisasi
kompetensi kelulusan. Kepala madrasah telah berusaha menjalankan segala
kemampuannya dengan keras dengan cara memberikan kepercayaan kepada
guru mata pelajaran untuk membimbing siswa agar memiliki prestasi akademik
yang tinggi maupun prestasi non akademik yang baik serta dapat diterima di
sekolah lanjutan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan alumni lain.
B. Implikasi
1. Dari data dan analisis yang telah dilakukan disarankan agar peningkatan mutu
dalam pendidikan merupakan sesuatu yang perlu dikelola dengan menggunakan
sumber daya yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan penggunaan pendekatan
sistematis melalui pemilihan strategi yang efektif dan efisien menjadi hal yang
penting.
2. Peranan kepala madrasah harus ditingkatkan dengan baik karena pengelolaan
dan pengembangan pada setiap elemen organisasi akan berdampak pada mutu
yang dihasilkan. Semakin baik pelayanan yang diberikan suatu lembaga
pendidikan, mutu yang dihasilkan akan semakin semakin baik pula
Kualitas Lulusan kec. Tanete Riattang Timur kab. Bone. Adapun rumusan masalah
dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Peranan Kepala Madrasah dalam
Meningkatkan Kualitas Lulusan, (2) Bagaimana kontribusi Peranan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui Peranan Kepala
Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan (2) Untuk mengetahui kontribusi
Peranan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu
dengan penyajian data, reduksi data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Kepala Madrasah dalam
meningkatkan kualitas lulusan, yaitu pertama, peran Kepala madrasah sebagai
pendidik, manajer, supervisior, administrator, pemimpin, innovator, motivator, telah
melaksanakan semua perannya dengan baik. Kedua, konstribusi kepala madrasah
dalam meningkatkan kualitas lulusan di MI Annurain Lonrae sudah baik yaitu
merumuskan program dan penyusunan kegiatan madrasah, dan membentuk masingmasing
penanggung jawab untuk program kegiatan sekolah tersebut agar para guru
dapat ikut serta membantu kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan.
A. Simpulan
1. Kepala MI An-Nurain Lonrae mempunyai tugas dan kewajiban yang sangat
luas dan kompleks sehingga mereka dituntun memiliki keuletan yang cukup
tinggi agar kinerjanya menjadi optimal. Dalam menjalan tugas di madrasah,
maka kepala madrasah harus dapat menjalankan perannya, baik sebagai
pendidik (edukator), pengelola pendidikan (manager), pelaksana administrasi
(administrator), pembina guru (supervisor), pemimpin para guru (leader),
pembawa perubahan (inovator), dan pemberi motivasi (motivator). Penguasaan
kompetensi ini akan memberi dampak pada kinerja yang dijalankannya.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah telah menjalankan
berbagai kemampuan untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai standarisasi
kompetensi kelulusan. Kepala madrasah telah berusaha menjalankan segala
kemampuannya dengan keras dengan cara memberikan kepercayaan kepada
guru mata pelajaran untuk membimbing siswa agar memiliki prestasi akademik
yang tinggi maupun prestasi non akademik yang baik serta dapat diterima di
sekolah lanjutan yang berkualitas dan mampu bersaing dengan alumni lain.
B. Implikasi
1. Dari data dan analisis yang telah dilakukan disarankan agar peningkatan mutu
dalam pendidikan merupakan sesuatu yang perlu dikelola dengan menggunakan
sumber daya yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan penggunaan pendekatan
sistematis melalui pemilihan strategi yang efektif dan efisien menjadi hal yang
penting.
2. Peranan kepala madrasah harus ditingkatkan dengan baik karena pengelolaan
dan pengembangan pada setiap elemen organisasi akan berdampak pada mutu
yang dihasilkan. Semakin baik pelayanan yang diberikan suatu lembaga
pendidikan, mutu yang dihasilkan akan semakin semakin baik pula
Ketersediaan
| ST20180089 | 89/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
89/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
