Penerapan Nilai-Nilai Islam pada Pelayanan Unit Asuransi Syariah dalam Memaksimalisasi Profit” (Studi Kasus pada Kantor Cabang AJB Bumiputera 1912 Watampone)
Fitriana/01.16.3014 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan nilai-nilai Islam pada pelayanan
asuransi syariah yang berada dalam Kantor Unit Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
1912 Watampone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam
perusahaan tersebut para karyawan menerapkan nilai-nilai Islam dalam melaksanakan
pelayanan kepada para nasabah asuransi syariah.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu suatu
analisis yang bersifat mendeskripsikan makna data atau fenomena yang dapat
ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-bukti. Teknik ini digunakan untuk
mendekskripsikan data-data yang penelti kumpulkan baik data hasil wawancara,
observasi maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di Kantor Unit Asuransi
Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Watampone.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Pelayanan yang diberikan
Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone kepada pelanggan adalah
meliputi sopan santun, ramah tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung jawab,
berkomunikasi dengan baik, dan berpakaian yang rapi. Karakteristik tersebut sudah
sepenuhnya diterapkan oleh pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone. 2.Penerapan nilai-nilai Islam pada pelayanan Unit Asuransi Syariah
Bumiputera 1912 Watampone. Nilai-nilai Islam yang diterapkan pada pelayanan Unit
Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone terdiri dari nilai kejujuran, nilai
keadilan, nilai kehendak bebas dan nilai tanggung jawab.
. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, berikut
kesimpulan yang didapatkan:
1. Karakteristik pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone
meliputi sopan santun ramah tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung
jawab, berkomunikasi dengan baik, dan berpakaian. Karakteristik tersebut sudah
sepenuhnya di terapkan oleh pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone.
2. Penerapan nilai-nilai Islam pada pelayanan Unit Asuransi Syariah dalam
memaksimalisasi profit. Nilai-nilai Islam yang diterapkan pada pelayanan Unit
Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone terdiri dari nilai kejujuran, nilai
keadilan, nilai kehendak bebas dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut sudah
cukup menonjol di Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone, sehingga
dapat memaksimalisasi profit bagi suatu perusahaan.
B. Saran
Perlu kiranya lebih meningkatkan pelayananya terhadap nasabahnya dan lebih
kreatif dalam hal pelayanan agar nilai-nilai Islam yang ada pada Unit Asuransi
Syariah Bumiputera 1912 Watampone lebih menonjol lagi terkhusus pelayanan
terhadap setiap nasabah yang membutuhkan informasi-informasi mengenai asuransi
syariah. Sangat perlu meningkatkan lagi pemahaman tentang nilai-nilai Islam, seperti
prinsip kejujuran, prinsip kebebasan, dan prinsip keadilan. Hal ini dikarenakan nilai-
nilai Islam yakni prinsip kejujuran dan prinsip keadilan dalam hal transparansi
asuransi syariah kepada setiap nasabah masih kurang.
C. Implikasi
Implikasi dalam penelitian ini sebagaimana yang diuraikan berdasarkan
kesimpulan tersebut bahwa pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone selalu menanamkan karakteristik pelayanan seperti sopan santun, ramah
tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung jawab, berkomunikasi dengan baik,
dan berpakaian, serta nilai-nilai Islam yang meliputi kejujuran, keadilan, kehendak
bebas dan bertanggung jawab..Jika karyawan menerapkan nilai-nilai terebut otomatis
suatu perusahaan lebih mudah dalam meningkatkan dan memaksimalkan profit dalam
suatu perusahaannya. Karena keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh
kinerja atau pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
asuransi syariah yang berada dalam Kantor Unit Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
1912 Watampone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam
perusahaan tersebut para karyawan menerapkan nilai-nilai Islam dalam melaksanakan
pelayanan kepada para nasabah asuransi syariah.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu suatu
analisis yang bersifat mendeskripsikan makna data atau fenomena yang dapat
ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-bukti. Teknik ini digunakan untuk
mendekskripsikan data-data yang penelti kumpulkan baik data hasil wawancara,
observasi maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di Kantor Unit Asuransi
Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Watampone.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.Pelayanan yang diberikan
Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone kepada pelanggan adalah
meliputi sopan santun, ramah tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung jawab,
berkomunikasi dengan baik, dan berpakaian yang rapi. Karakteristik tersebut sudah
sepenuhnya diterapkan oleh pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone. 2.Penerapan nilai-nilai Islam pada pelayanan Unit Asuransi Syariah
Bumiputera 1912 Watampone. Nilai-nilai Islam yang diterapkan pada pelayanan Unit
Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone terdiri dari nilai kejujuran, nilai
keadilan, nilai kehendak bebas dan nilai tanggung jawab.
. Simpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, berikut
kesimpulan yang didapatkan:
1. Karakteristik pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone
meliputi sopan santun ramah tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung
jawab, berkomunikasi dengan baik, dan berpakaian. Karakteristik tersebut sudah
sepenuhnya di terapkan oleh pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone.
2. Penerapan nilai-nilai Islam pada pelayanan Unit Asuransi Syariah dalam
memaksimalisasi profit. Nilai-nilai Islam yang diterapkan pada pelayanan Unit
Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone terdiri dari nilai kejujuran, nilai
keadilan, nilai kehendak bebas dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut sudah
cukup menonjol di Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912 Watampone, sehingga
dapat memaksimalisasi profit bagi suatu perusahaan.
B. Saran
Perlu kiranya lebih meningkatkan pelayananya terhadap nasabahnya dan lebih
kreatif dalam hal pelayanan agar nilai-nilai Islam yang ada pada Unit Asuransi
Syariah Bumiputera 1912 Watampone lebih menonjol lagi terkhusus pelayanan
terhadap setiap nasabah yang membutuhkan informasi-informasi mengenai asuransi
syariah. Sangat perlu meningkatkan lagi pemahaman tentang nilai-nilai Islam, seperti
prinsip kejujuran, prinsip kebebasan, dan prinsip keadilan. Hal ini dikarenakan nilai-
nilai Islam yakni prinsip kejujuran dan prinsip keadilan dalam hal transparansi
asuransi syariah kepada setiap nasabah masih kurang.
C. Implikasi
Implikasi dalam penelitian ini sebagaimana yang diuraikan berdasarkan
kesimpulan tersebut bahwa pelayanan Unit Asuransi Syariah Bumiputera 1912
Watampone selalu menanamkan karakteristik pelayanan seperti sopan santun, ramah
tamah, memudahkan pemahaman, bertanggung jawab, berkomunikasi dengan baik,
dan berpakaian, serta nilai-nilai Islam yang meliputi kejujuran, keadilan, kehendak
bebas dan bertanggung jawab..Jika karyawan menerapkan nilai-nilai terebut otomatis
suatu perusahaan lebih mudah dalam meningkatkan dan memaksimalkan profit dalam
suatu perusahaannya. Karena keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh
kinerja atau pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
Ketersediaan
| SFEBI20200086 | 86/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
86/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
