Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Meningkatkan Omset Penjualan (Studi pada Toko Sinar Terang Hijab Watampone)
Aldayani Samsul/01,16,3024 - Personal Name
Implementasi nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset penjualan merupakan hal
yang sangat penting karena dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam akan
berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga terjadi pembelian ulang oleh
konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan,
kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Peningkatan omset dapat terjadi dilihat
dari kepuasan konsumen dalam berbelanja terutama dipelayanan dan pemasarannya
yang selalu melibatkan nilai-nilai Islam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan
sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul
kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah yakni
reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen ada lima yaitu pertimbangan jangka pendek, berkelompok, mudah tertarik pada merek, mengikuti trend, dan melek
teknologi. Kemudian dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah
usaha sedikit banyak akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan
mengakibatkan peningkatan omset penjualan. Dan yang terakhir tinjauan etika bisnis
Islam terhadap pemasaran yaitu dalam setiap indikator pemasaran harus melibatkan
etika bisnis Islam sehingga konsumen bisa merasa lebih percaya dalam melakukan
pembelian yang kemudian akan berdampak pada peningkatan omset penjualan. Jadi
kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam
meningkatkan omset penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat
pembelanjaan konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan. Setiap
usaha yang sedang dijalani hendaklah selalu menerapkan nilai-nilai Islam seperti
kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan/kebajikan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data observasi dan
wawancara yang kemudian datanya diolah maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Setiap konsumen memiliki karakteristiknya yang berbeda-beda sehingga menjadi
suatu tantangan tersendiri bagi tiap pemilik usaha, namun Toko Sinar Terang
Hijab Watampone sudah sangat baik dalam memenuhi perbedaan disetiap
karakteristik konsumennya.
2. Toko Sinar Terang Hijab Watampone secara tidak langsung telah menerapkan
nilai-nilai Islam seperti nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai kehendak bebas, nilai
tanggung jawab, dan nilai ihsan/kebajikan di tokonya. Terbukti dengan tanggapan
dari beberapa konsumen yang diwawancara oleh peneliti yang menyebutkan
bahwa mereka telah merasa puas jika melakukan proses pembelanjaan disana.
Dimana dengan tingkat kepuasan konsumen ini dapat meningkatkan omset
penjualan di Toko Sinar Terang Hijab Watampone.
3. Adapun tinjauan etika bisnis berbasis nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset
penjualan di Toko Sinar Terang Hijab Watampone adalah dengan meningkatkan
kualitas produk, memperpendek distribusi barang, meningkatkan sistem
promosinya, dan menyesuaikan harga dengan kualitas produk yang didapat serta
mengikut sertakan nilai-nilai Islam didalamnya akan sangat berpengaruh terhadap
omset usaha.
B. Saran
Dari hasil kesimpulan yang telah diuraikan, maka adapun saran-saran yang
diberikan sehubungan dengan hasil kesimpulan ini adalah sebagai berikut:
1. Perlunya menentukan market pasar sehingga mudah menentukan barang apa saja
yang nantinya akan dijual kemudian menganalisis karakteristik perilaku
konsumennya.
2. Selalu menerapkan nilai-nilai Islam dalam suatu bisnis atau usaha maka akan
berdampak pada omset penjualan baik itu berdampak besar maupun kecil.
3. Meninjau kembali etika bisnis yang diterapkan dan sesuai dengan nilai-nilai Islam,
kemudian menerapkan marketing mix yaitu 4p.
C. Implikasi
Kesempatan untuk meningkatkan omset penjualan merupakan hal yang pasti
menjadi dasar untuk seorang pengusaha dalam membangun usahanya agar tetap
bertahan meski banyaknya saingan diluar sana. Adapun hal yang perlu diperhatikan
oleh para pengusaha dalam meningkatkan omset penjualannya adalah:
1. Diperlukan sikap fokus terhadap apa yang telah dikerjakan sekarang, serta tetap
memperhatikan etika bisnis yang baik dan benar terutama nilai-nilai Islam yang
menjadi suatu syarat agar mendapat tingkat kepuasan konsumen yang paling baik.
2. Berfikir kreatif serta mengikuti perkembangan jaman terutama perkembangan
teknologi yang menjadi sarana yang paling tepat dalam sistem pemasaran, serta
cerdas-cerdas dalam mengeksekusi peluang.
yang sangat penting karena dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam akan
berdampak pada tingkat kepuasan konsumen sehingga terjadi pembelian ulang oleh
konsumen. Adapun nilai-nilai Islam yang dimaksud adalah nilai kejujuran, keadilan,
kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihsan. Peningkatan omset dapat terjadi dilihat
dari kepuasan konsumen dalam berbelanja terutama dipelayanan dan pemasarannya
yang selalu melibatkan nilai-nilai Islam tersebut. Jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan ekonomi Islam dan pendekatan
sosiologi yang didukung dengan penggunaan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Data yang terkumpul
kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dengan langkah-langkah yakni
reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen ada lima yaitu pertimbangan jangka pendek, berkelompok, mudah tertarik pada merek, mengikuti trend, dan melek
teknologi. Kemudian dengan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam sebuah
usaha sedikit banyak akan berdampak pada tingkat kepuasan konsumen yang akan
mengakibatkan peningkatan omset penjualan. Dan yang terakhir tinjauan etika bisnis
Islam terhadap pemasaran yaitu dalam setiap indikator pemasaran harus melibatkan
etika bisnis Islam sehingga konsumen bisa merasa lebih percaya dalam melakukan
pembelian yang kemudian akan berdampak pada peningkatan omset penjualan. Jadi
kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah peran nilai-nilai Islam dalam
meningkatkan omset penjualan adalah sangat berpengaruh terhadap tingkat
pembelanjaan konsumen sehingga mampu meningkatkan omset penjualan. Setiap
usaha yang sedang dijalani hendaklah selalu menerapkan nilai-nilai Islam seperti
kejujuran, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan/kebajikan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik pengumpulan data observasi dan
wawancara yang kemudian datanya diolah maka dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Setiap konsumen memiliki karakteristiknya yang berbeda-beda sehingga menjadi
suatu tantangan tersendiri bagi tiap pemilik usaha, namun Toko Sinar Terang
Hijab Watampone sudah sangat baik dalam memenuhi perbedaan disetiap
karakteristik konsumennya.
2. Toko Sinar Terang Hijab Watampone secara tidak langsung telah menerapkan
nilai-nilai Islam seperti nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai kehendak bebas, nilai
tanggung jawab, dan nilai ihsan/kebajikan di tokonya. Terbukti dengan tanggapan
dari beberapa konsumen yang diwawancara oleh peneliti yang menyebutkan
bahwa mereka telah merasa puas jika melakukan proses pembelanjaan disana.
Dimana dengan tingkat kepuasan konsumen ini dapat meningkatkan omset
penjualan di Toko Sinar Terang Hijab Watampone.
3. Adapun tinjauan etika bisnis berbasis nilai-nilai Islam dalam meningkatkan omset
penjualan di Toko Sinar Terang Hijab Watampone adalah dengan meningkatkan
kualitas produk, memperpendek distribusi barang, meningkatkan sistem
promosinya, dan menyesuaikan harga dengan kualitas produk yang didapat serta
mengikut sertakan nilai-nilai Islam didalamnya akan sangat berpengaruh terhadap
omset usaha.
B. Saran
Dari hasil kesimpulan yang telah diuraikan, maka adapun saran-saran yang
diberikan sehubungan dengan hasil kesimpulan ini adalah sebagai berikut:
1. Perlunya menentukan market pasar sehingga mudah menentukan barang apa saja
yang nantinya akan dijual kemudian menganalisis karakteristik perilaku
konsumennya.
2. Selalu menerapkan nilai-nilai Islam dalam suatu bisnis atau usaha maka akan
berdampak pada omset penjualan baik itu berdampak besar maupun kecil.
3. Meninjau kembali etika bisnis yang diterapkan dan sesuai dengan nilai-nilai Islam,
kemudian menerapkan marketing mix yaitu 4p.
C. Implikasi
Kesempatan untuk meningkatkan omset penjualan merupakan hal yang pasti
menjadi dasar untuk seorang pengusaha dalam membangun usahanya agar tetap
bertahan meski banyaknya saingan diluar sana. Adapun hal yang perlu diperhatikan
oleh para pengusaha dalam meningkatkan omset penjualannya adalah:
1. Diperlukan sikap fokus terhadap apa yang telah dikerjakan sekarang, serta tetap
memperhatikan etika bisnis yang baik dan benar terutama nilai-nilai Islam yang
menjadi suatu syarat agar mendapat tingkat kepuasan konsumen yang paling baik.
2. Berfikir kreatif serta mengikuti perkembangan jaman terutama perkembangan
teknologi yang menjadi sarana yang paling tepat dalam sistem pemasaran, serta
cerdas-cerdas dalam mengeksekusi peluang.
Ketersediaan
| SFEBI20200031 | 31/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
31/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SkripsiFEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
