Pengaruh Perilaku Religiusitas Masyarakat Terhadap Perilaku konsumsi Produk Kemasan (Studi pada Konsumen Kosmetik di Desa Lili Riawang Kecamatan Bengo)
Wahyuni/01.16.3023 - Personal Name
Skripsi ini membaahas tentang pengaruh perilaku religiusitas masyarakat terhadap
perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik di Desa Lili Riawang Kecamatan
Bengo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku religiusitas masyarakat
berpengaruh terhadap perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik. Objek penelitian
ini yaitu masyarakat perempuan di Desa Lili Riawang Kecamatan Bengo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku religiusitas
masyarakat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik
dengan hasil uji t menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh
ditunjukkan pada hasil R Square sebesar 0,703 atau 70,3% dan sisanya 29,7%
dipengaruhi oleh faktor lain.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa nilai
signifikansi variabel perilaku religiusitas sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh perilaku religiusitas masyarakat terhadap perilaku
konsumsi produk kemasan kosmetik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa
perilaku religiusitas menjadi faktor pendukung masyarakat dalam mengonsumsi
suatu produk atau dapat dikatakan bahwa masyarakat yang memiliki pemahaman
perilaku yang mendalam menyangkut keagamaan, maka semakin baik pemilihan
konsumsi masyarakat terhadap suatu produk khususnya perilaku konsumsi
produk kemasan kosmetik.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan diatas, maka peneliti
memberikan beberapa implikasi, sebagai berikut:
Seluruh masyarakat di Desa Lili Riawang Kecamatan Bengo pada
umumnya dan khususnya masyarakat yang menjadi responden pada penelitian ini
diharapkan mempertahankan ataupun meningkatkan tingkat kesadaran mengenai
hal yang dianjurkan dalam Islam melalui hasil penghayatan yang dituangkan
dalam bentuk jawaban dari pernyataan yang disediakan oleh setiap variabel pada
penelitian ini. Pada tingkat religiusitas merupakan salah satu kategori identitas
seorang masyarakat muslim yang mampu dijadikan acuan dalam berperilaku.
Masyarakat mampu memahami dengan baik mengenai anjuran sebagai seorang
muslim dalam kegiatan ekonomi khususnya dalam kegiatan konsumsi, terutama
produk-produk yang sudah umum dikonsumsi atau digunakan seperti produk
kemasan kosmetik.
perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik di Desa Lili Riawang Kecamatan
Bengo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku religiusitas masyarakat
berpengaruh terhadap perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik. Objek penelitian
ini yaitu masyarakat perempuan di Desa Lili Riawang Kecamatan Bengo. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis
statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku religiusitas
masyarakat berpengaruh terhadap perilaku konsumsi produk kemasan kosmetik
dengan hasil uji t menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh
ditunjukkan pada hasil R Square sebesar 0,703 atau 70,3% dan sisanya 29,7%
dipengaruhi oleh faktor lain.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukkan bahwa nilai
signifikansi variabel perilaku religiusitas sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh perilaku religiusitas masyarakat terhadap perilaku
konsumsi produk kemasan kosmetik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa
perilaku religiusitas menjadi faktor pendukung masyarakat dalam mengonsumsi
suatu produk atau dapat dikatakan bahwa masyarakat yang memiliki pemahaman
perilaku yang mendalam menyangkut keagamaan, maka semakin baik pemilihan
konsumsi masyarakat terhadap suatu produk khususnya perilaku konsumsi
produk kemasan kosmetik.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan diatas, maka peneliti
memberikan beberapa implikasi, sebagai berikut:
Seluruh masyarakat di Desa Lili Riawang Kecamatan Bengo pada
umumnya dan khususnya masyarakat yang menjadi responden pada penelitian ini
diharapkan mempertahankan ataupun meningkatkan tingkat kesadaran mengenai
hal yang dianjurkan dalam Islam melalui hasil penghayatan yang dituangkan
dalam bentuk jawaban dari pernyataan yang disediakan oleh setiap variabel pada
penelitian ini. Pada tingkat religiusitas merupakan salah satu kategori identitas
seorang masyarakat muslim yang mampu dijadikan acuan dalam berperilaku.
Masyarakat mampu memahami dengan baik mengenai anjuran sebagai seorang
muslim dalam kegiatan ekonomi khususnya dalam kegiatan konsumsi, terutama
produk-produk yang sudah umum dikonsumsi atau digunakan seperti produk
kemasan kosmetik.
Ketersediaan
| SFEBI20200006 | 06/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
06/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
