Urgensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Mental Wirausaha (pada Siswa SMK Negeri 1 Bone)
Aswandi/02.12.1134 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Urgensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Mental Wirausaha pada Siswa SMK Negeri 1 Bone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni, bagaimana mengenai Urgensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Mental Wirausaha pada Siswa SMK Negeri 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui dimana Peran guru PAI di SMK Negeri 1 Bone telah menerapkan materi PAI menyangkut pembinaan mental dalam berwirausaha. Materi ini diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana berwirausaha yang baik dengan memiliki mental yang kuat dan baik sesuai dengan ajaran Islam. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Bone dengan melalui pendekatan dan aktiv dalam memberikan pembelajaran PAI mengenai materi pembinaan mental dalam berwirausaha baik melalui tugas mandiri maupun tugas kelompok sehingga peserta didik memiliki mental yang kuat dalam melakukan wirausaha.
Konstribusi pembelajaran PAI mengenai pembinaan mental dalam wirausaha sangat dibutuhkan oleh peserta didik yang nantinya akan bersaing dalam dunia wirausaha. Dengan melalui pembeljaran tersebut para peserta didik nantinya dihimbau untuk memiliki mental yang kuat. Hal ini terlihat jelas karena banyaknya persaingan dalam dunia kerja maupun wirausaha sehinggah meningkatkan mental para peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut. Pembelajaran mengenai pembinaan mental wirausaha kepada peserta didik sangat dipengaruhi oleh metode dan media yang baik sehinggah meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Peran guru PAI di SMK Negeri 1 Bone telah menerapkan materi PAI menyangkut pembinaan mental dalam berwirausaha. Materi ini diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana berwirausaha yang baik dengan memiliki mental yang kuat dan baik sesuai dengan ajaran Islam. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Bone dengan melalui pendekatan dan aktif dalam memberikan pembelajaran PAI mengenai materi pembinaan mental dalam berwirausaha baik melalui tugas mandiri maupun tugas kelompok sehingga peserta didik memiliki mental yang kuat dalam melakukan wirausaha.
2. Konstribusi pembelajaran PAI mengenai pembinaan mental dalam wirausaha sangat dibutuhkan oleh peserta didik yang nantinya akan bersaing dalam dunia wirausaha. Dengan melalui pembelajaran tersebut para peserta didik nantinya dihimbau untuk memiliki mental yang kuat. Hal ini terlihat jelas karena banyaknya persaingan dalam dunia kerja maupun wirausaha sehinggah meningkatkan mental para peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut. Pembelajaran mengenai pembinaan mental wirausaha kepada peserta didik sangat dipengaruhi oleh metode dan media yang baik sehinggah meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru PAI hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik kepada peserta didik sehingga dapat menjalankan peranya dalam melakukan pembelajaran.
2. Guru PAI selalu melakukan pembaharuan ataupun inovasi secara terus-menerus agar dalam melakukan proses pembelajaran dapat meminimalisir kendala-kendala yang akan terjadi baik dari pengaruh internal maupun eksternal sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga setiap pembelajaran jelas konstribusinya.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui dimana Peran guru PAI di SMK Negeri 1 Bone telah menerapkan materi PAI menyangkut pembinaan mental dalam berwirausaha. Materi ini diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana berwirausaha yang baik dengan memiliki mental yang kuat dan baik sesuai dengan ajaran Islam. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Bone dengan melalui pendekatan dan aktiv dalam memberikan pembelajaran PAI mengenai materi pembinaan mental dalam berwirausaha baik melalui tugas mandiri maupun tugas kelompok sehingga peserta didik memiliki mental yang kuat dalam melakukan wirausaha.
Konstribusi pembelajaran PAI mengenai pembinaan mental dalam wirausaha sangat dibutuhkan oleh peserta didik yang nantinya akan bersaing dalam dunia wirausaha. Dengan melalui pembeljaran tersebut para peserta didik nantinya dihimbau untuk memiliki mental yang kuat. Hal ini terlihat jelas karena banyaknya persaingan dalam dunia kerja maupun wirausaha sehinggah meningkatkan mental para peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut. Pembelajaran mengenai pembinaan mental wirausaha kepada peserta didik sangat dipengaruhi oleh metode dan media yang baik sehinggah meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Peran guru PAI di SMK Negeri 1 Bone telah menerapkan materi PAI menyangkut pembinaan mental dalam berwirausaha. Materi ini diberikan kepada peserta didik untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana berwirausaha yang baik dengan memiliki mental yang kuat dan baik sesuai dengan ajaran Islam. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 1 Bone dengan melalui pendekatan dan aktif dalam memberikan pembelajaran PAI mengenai materi pembinaan mental dalam berwirausaha baik melalui tugas mandiri maupun tugas kelompok sehingga peserta didik memiliki mental yang kuat dalam melakukan wirausaha.
2. Konstribusi pembelajaran PAI mengenai pembinaan mental dalam wirausaha sangat dibutuhkan oleh peserta didik yang nantinya akan bersaing dalam dunia wirausaha. Dengan melalui pembelajaran tersebut para peserta didik nantinya dihimbau untuk memiliki mental yang kuat. Hal ini terlihat jelas karena banyaknya persaingan dalam dunia kerja maupun wirausaha sehinggah meningkatkan mental para peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut. Pembelajaran mengenai pembinaan mental wirausaha kepada peserta didik sangat dipengaruhi oleh metode dan media yang baik sehinggah meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk memahami pembelajaran tersebut.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru PAI hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerja sama yang baik kepada peserta didik sehingga dapat menjalankan peranya dalam melakukan pembelajaran.
2. Guru PAI selalu melakukan pembaharuan ataupun inovasi secara terus-menerus agar dalam melakukan proses pembelajaran dapat meminimalisir kendala-kendala yang akan terjadi baik dari pengaruh internal maupun eksternal sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik sehingga setiap pembelajaran jelas konstribusinya.
Ketersediaan
| ST20180082 | 82/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
82/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
