Urgensi Iklim dan Budaya Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone
Awaluddin/02.14.3138 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Urgensi iklim dan budaya madrasah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui Urgensi
iklim dan budaya madrasah dalam meningkatkan mitivasi belajar siswa di MTs
Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone, dan Kontribusi iklim dan budaya madrasah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone. Penulis melakukan pendekatan teologis normatif, pendekatan
sosiologis, pendekatan psikolgis dan melakukan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan obesrvasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait urgensi iklim dan budaya madrasah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone yakni: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Urgensi iklim
dan budaya madrasah sangatlah berperan penting dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa karena iklim dan budaya madrasah seperti lingkungan belajar,
fasilitas-fasilitas fisik madrasah terlihat baik dan sangat mendukung proses
pembelajaran. Begitupun dengan budaya-budaya yang ada di madrasah seperti
budaya salam dan berdoa sebelum belajar serta membaca ayat suci Al-Quran
sebelum memulai aktifitas pembelajaran dilaksanakan secara aktif. Karena setiap
pekerjaan yang dimulai dengan basmalah (doa) maka niscaya pekerjaan itu akan
bermanfaat. Begitupun dengan guru yang mampu menciptakan kondisi kelas yang
menyenangkan sehingga siswa memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan
proses pembelajaran. 2) Kontribusi iklim dan budaya madrasah sangat
memberikan sumbangsi terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari
antusias siswa yang semangat menerima pembelajaran ketika lingkungan dan
kondisi kelas juga mendukung saat proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta
penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang urgensi iklim dan budaya
madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Urgensi iklim dan budaya madrasah sangatlah berperan penting dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa karena iklim dan budaya madrasah
seperti lingkungan belajar, fasilitas-fasilitas fisik madrasah terlihat baik
dan sangat mendukung proses pembelajaran. Begitupun dengan budayabudaya
yang ada di madrasah seperti budaya salam dan berdoa sebelum
belajar serta membaca ayat suci Al-Quran sebelum memulai aktifitas
pembelajaran dilaksanakan secara aktif. Karena setiap pekerjaan yang
dimulai dengan basmalah (doa) maka niscaya pekerjaan itu akan
bermanfaat. Begitupun dengan guru yang mampu menciptakan kondisi
kelas yang menyenangkan sehingga siswa memiliki semangat yang tinggi
untuk melakukan proses pembelajaran.
2. Kontribusi iklim dan budaya madrasah sangat memberikan sumbangsi
terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari antusias siswa yang
semangat menerima pembelajaran ketika lingkungan dan kondisi kelas
nyaman dan menyenangkan karena hal ini sangat mendukung saat proses
pembelajaran. Fasilitas-fasilitas dan juga media yang digunakan sangat
mendukung proses pembelajaran. Jadi guru mestinya harus pandai dan
kreatif memanfaatkan fasilitas-fasilitas madrasah agar siswa mempunyai
semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Kepada guru MTs Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone agar selalu
memotivasi siswa tentang pentingnya menjaja dan mengembangkan
budaya madrasah agar mereka rajin dan memiliki semangat yang tinggi
untuk menerima pembelajaran khususnya pada pelajaran tentang
bagaimana mendisiplinkan menjaga dan merawat lingkungan sekitar agar
tetap aman, nyaman, sehat dan tentram.
2. Adanya skripsi ini, penulis mengharapkan agar dapat memberikan
sumbangan pemikiran bagi guru-guru di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone, dan kepada pihak yang terkait menindak lanjuti dengan
memberikan penyuluhan kepada guru-guru tentang pentingnya iklim dan
budaya madrasah.
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui Urgensi
iklim dan budaya madrasah dalam meningkatkan mitivasi belajar siswa di MTs
Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone, dan Kontribusi iklim dan budaya madrasah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone. Penulis melakukan pendekatan teologis normatif, pendekatan
sosiologis, pendekatan psikolgis dan melakukan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan obesrvasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian dari peneliti terkait urgensi iklim dan budaya madrasah
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone yakni: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Urgensi iklim
dan budaya madrasah sangatlah berperan penting dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa karena iklim dan budaya madrasah seperti lingkungan belajar,
fasilitas-fasilitas fisik madrasah terlihat baik dan sangat mendukung proses
pembelajaran. Begitupun dengan budaya-budaya yang ada di madrasah seperti
budaya salam dan berdoa sebelum belajar serta membaca ayat suci Al-Quran
sebelum memulai aktifitas pembelajaran dilaksanakan secara aktif. Karena setiap
pekerjaan yang dimulai dengan basmalah (doa) maka niscaya pekerjaan itu akan
bermanfaat. Begitupun dengan guru yang mampu menciptakan kondisi kelas yang
menyenangkan sehingga siswa memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan
proses pembelajaran. 2) Kontribusi iklim dan budaya madrasah sangat
memberikan sumbangsi terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari
antusias siswa yang semangat menerima pembelajaran ketika lingkungan dan
kondisi kelas juga mendukung saat proses pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan dilanjutkan dengan penganalisaan serta
penafsiran data yang telah penulis lakukan tentang urgensi iklim dan budaya
madrasah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone, maka penulis dapat menyimpulkan:
1. Urgensi iklim dan budaya madrasah sangatlah berperan penting dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa karena iklim dan budaya madrasah
seperti lingkungan belajar, fasilitas-fasilitas fisik madrasah terlihat baik
dan sangat mendukung proses pembelajaran. Begitupun dengan budayabudaya
yang ada di madrasah seperti budaya salam dan berdoa sebelum
belajar serta membaca ayat suci Al-Quran sebelum memulai aktifitas
pembelajaran dilaksanakan secara aktif. Karena setiap pekerjaan yang
dimulai dengan basmalah (doa) maka niscaya pekerjaan itu akan
bermanfaat. Begitupun dengan guru yang mampu menciptakan kondisi
kelas yang menyenangkan sehingga siswa memiliki semangat yang tinggi
untuk melakukan proses pembelajaran.
2. Kontribusi iklim dan budaya madrasah sangat memberikan sumbangsi
terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari antusias siswa yang
semangat menerima pembelajaran ketika lingkungan dan kondisi kelas
nyaman dan menyenangkan karena hal ini sangat mendukung saat proses
pembelajaran. Fasilitas-fasilitas dan juga media yang digunakan sangat
mendukung proses pembelajaran. Jadi guru mestinya harus pandai dan
kreatif memanfaatkan fasilitas-fasilitas madrasah agar siswa mempunyai
semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan
hasilnya, menyarankan bahwa:
1. Kepada guru MTs Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone agar selalu
memotivasi siswa tentang pentingnya menjaja dan mengembangkan
budaya madrasah agar mereka rajin dan memiliki semangat yang tinggi
untuk menerima pembelajaran khususnya pada pelajaran tentang
bagaimana mendisiplinkan menjaga dan merawat lingkungan sekitar agar
tetap aman, nyaman, sehat dan tentram.
2. Adanya skripsi ini, penulis mengharapkan agar dapat memberikan
sumbangan pemikiran bagi guru-guru di MTs Al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone, dan kepada pihak yang terkait menindak lanjuti dengan
memberikan penyuluhan kepada guru-guru tentang pentingnya iklim dan
budaya madrasah.
Ketersediaan
| ST20180078 | 78/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
78/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
