Peran Komite Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone
Nurhidayati Martang/02.14.3034 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Peran Komite Madrasah dalam
Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone”,
Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni Peran komite madrasah di MTs AL-Faaizun
Watang Palakka Kab. Bone, Implementasi Pendidikan karkter di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka Kab. Bone, serta Kontribusi komite madrasah dalam implementasi
pendidikan karakter di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui
metode reduksi data, display data (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Descriptive Qualitatif
yaitu suatu teknik analisa data dimana penulis membaca, mempelajari, memahami
dan kemudian menguraikan semua data yang diperoleh lalu membuat analisa-analisa
komprehensif sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peran komite
madrasah di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan memberikan
pertimbangan dalam rapat komite, memberikan dukungan baik berupa dana, tenaga
maupun pemikiran, memberikan pengawasan dimana pengawasan yang dilakukan
oleh komite madrasah disini yaitu pengawasan yang dilakukan secara preventif, dan
selanjutnya yaitu sebagai mediator. Dalam melaksanakan perannya sebagai mediator
komite madrasah menjalin hubungan silaturahmi dengan pihak madrasah dan orang
tua siswa. Kedua, Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka Kab. Bone yaitu dengan cara selalu memberikan arahan-arahan kepada siswa
untuk selalu mengerjakan perbuatan baik dan selalu menghargai orang lain. Serta
memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa agar siswa bisa mengikuti
perbuatan yang dilakukan oleh guru. Dan juga selalu mengarahkan siswa untuk shalat
berjamaah di dalam lingkungan madrasah supaya terciptalah sebuah kebiasaan yang
baik. Ketiga, Kontribusi Komite Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter
di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan berdirinya mushollah
sebagai wadah untuk melaksanakan shalat. Berdirinya mushollah ini merupakan
wujud kerjasama komite madrasah, ketua yayasan, masyarakat, orang tua siswa dan
pihak madrasah. Dengan adanya mushollah maka akan membantu dalam
implementasi pendidikan karakter.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peran Komite Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu
dengan memberikan pertimbangan dalam rapat komite, memberikan dukungan
baik berupa dana, tenaga maupun pemikiran, memberikan pengawasan dimana
pengawasan yang dilakukan oleh komite madrasah disini yaitu pengawasan yang
dilakukan secara preventif, dan selanjutnya yaitu sebagai mediator. Dalam
melaksanakan perannya sebagai mediator komite madrasah menjalin hubungan
silaturahmi dengan pihak madrasah dan orang tua siswa.
2. Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone
yaitu dengan cara selalu memberikan arahan-arahan kepada siswa untuk selalu
mengerjakan perbuatan baik dan selalu menghargai orang lain. Serta memberikan
contoh perilaku yang baik kepada siswa agar siswa bisa mengikuti perbuatan yang
dilakukan oleh guru. Dan juga selalu mengarahkan siswa untuk shalat berjamaah
di dalam lingkungan madrasah supaya terciptalah sebuah kebiasaan yang baik.
3. Kontribusi Komite Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di MTs
AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan berdirinya mushollah
sebagai wadah untuk melaksanakan shalat. Berdirinya mushollah ini merupakan
wujud kerjasama komite madrasah, ketua yayasan, masyarakat, orang tua siswa
dan pihak madrasah. Dengan adanya mushollah maka akan membantu dalam
implementasi pendidikan karakter.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran komite madrasah dalam
implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun watang palakka Kab. Bone, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya Komite madrasah selalu rutin melaksanakan jadwal pertemuan dengan
madrasah, ketua yayasan, masyarakat dan orang tua siswa sesuai dengan waktu
pertemuan yang telah ditentukan.
2. Hendaknya Kepala Madrasah semakin meningkatkan kerjasama yang baik dengan
komite madrasah.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa meningkatkan kerjasama dalam pemberian
motivasi kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk
penanaman karakter siswa.
4. Hendaknya siswa semakin meningkatkan pemahamannya tentang pendidikan
karakter supaya mampu menjadikan dirinya menjadi pribadi yang lebih baik.
Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone”,
Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni Peran komite madrasah di MTs AL-Faaizun
Watang Palakka Kab. Bone, Implementasi Pendidikan karkter di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka Kab. Bone, serta Kontribusi komite madrasah dalam implementasi
pendidikan karakter di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui
metode reduksi data, display data (penyajian data), serta penarikan kesimpulan dan
verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Descriptive Qualitatif
yaitu suatu teknik analisa data dimana penulis membaca, mempelajari, memahami
dan kemudian menguraikan semua data yang diperoleh lalu membuat analisa-analisa
komprehensif sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peran komite
madrasah di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan memberikan
pertimbangan dalam rapat komite, memberikan dukungan baik berupa dana, tenaga
maupun pemikiran, memberikan pengawasan dimana pengawasan yang dilakukan
oleh komite madrasah disini yaitu pengawasan yang dilakukan secara preventif, dan
selanjutnya yaitu sebagai mediator. Dalam melaksanakan perannya sebagai mediator
komite madrasah menjalin hubungan silaturahmi dengan pihak madrasah dan orang
tua siswa. Kedua, Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka Kab. Bone yaitu dengan cara selalu memberikan arahan-arahan kepada siswa
untuk selalu mengerjakan perbuatan baik dan selalu menghargai orang lain. Serta
memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa agar siswa bisa mengikuti
perbuatan yang dilakukan oleh guru. Dan juga selalu mengarahkan siswa untuk shalat
berjamaah di dalam lingkungan madrasah supaya terciptalah sebuah kebiasaan yang
baik. Ketiga, Kontribusi Komite Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter
di MTs AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan berdirinya mushollah
sebagai wadah untuk melaksanakan shalat. Berdirinya mushollah ini merupakan
wujud kerjasama komite madrasah, ketua yayasan, masyarakat, orang tua siswa dan
pihak madrasah. Dengan adanya mushollah maka akan membantu dalam
implementasi pendidikan karakter.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Peran Komite Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu
dengan memberikan pertimbangan dalam rapat komite, memberikan dukungan
baik berupa dana, tenaga maupun pemikiran, memberikan pengawasan dimana
pengawasan yang dilakukan oleh komite madrasah disini yaitu pengawasan yang
dilakukan secara preventif, dan selanjutnya yaitu sebagai mediator. Dalam
melaksanakan perannya sebagai mediator komite madrasah menjalin hubungan
silaturahmi dengan pihak madrasah dan orang tua siswa.
2. Implementasi Pendidikan Karakter di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone
yaitu dengan cara selalu memberikan arahan-arahan kepada siswa untuk selalu
mengerjakan perbuatan baik dan selalu menghargai orang lain. Serta memberikan
contoh perilaku yang baik kepada siswa agar siswa bisa mengikuti perbuatan yang
dilakukan oleh guru. Dan juga selalu mengarahkan siswa untuk shalat berjamaah
di dalam lingkungan madrasah supaya terciptalah sebuah kebiasaan yang baik.
3. Kontribusi Komite Madrasah dalam Implementasi Pendidikan Karakter di MTs
AL-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone yaitu dengan berdirinya mushollah
sebagai wadah untuk melaksanakan shalat. Berdirinya mushollah ini merupakan
wujud kerjasama komite madrasah, ketua yayasan, masyarakat, orang tua siswa
dan pihak madrasah. Dengan adanya mushollah maka akan membantu dalam
implementasi pendidikan karakter.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran komite madrasah dalam
implementasi pendidikan karakter di MTs Al-Faaizun watang palakka Kab. Bone, maka
saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya Komite madrasah selalu rutin melaksanakan jadwal pertemuan dengan
madrasah, ketua yayasan, masyarakat dan orang tua siswa sesuai dengan waktu
pertemuan yang telah ditentukan.
2. Hendaknya Kepala Madrasah semakin meningkatkan kerjasama yang baik dengan
komite madrasah.
3. Hendaknya guru dan orang tua siswa meningkatkan kerjasama dalam pemberian
motivasi kepada siswa, serta penciptaan lingkungan yang kondusif untuk
penanaman karakter siswa.
4. Hendaknya siswa semakin meningkatkan pemahamannya tentang pendidikan
karakter supaya mampu menjadikan dirinya menjadi pribadi yang lebih baik.
Ketersediaan
| ST20180073 | 73/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
73/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
